• Inovasi dalam UMKM : peluang, tantangan, dan keberlanjutan

    Inovasi dalam UMKM : peluang, tantangan, dan keberlanjutan

    • Daniel Hermawan
    • Deepublish
    • 2023
    • 978-623-02-6265-4
    Sinopsis

    Pembahasan tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu isu prioritas yang menjadi perhatian bagi banyak pihak, baik akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, maupun media. Entitas bisnis kecil yang menjadi tulang perekonomian negara ini merupakan gambaran umum sektor perdagangan yang dikelola di Indonesia, baik dalam bentuk bisnis keluarga hingga bisnis yang dikelola secara profesional. Sebagai bisnis yang dipandang memerlukan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, konsep klaster industri atau yang lebih dikenal dengan sentra industri di Indonesia diperkenalkan untuk meningkatkan kapabilitas lokal UMKM dalam mengakses bahan baku, pasar, dan industri pendukung. Kumpulan UMKM yang tergabung dalam sentra industri ini kemudian berproses menjadi sebuah sentra yang memiliki ciri khas dalam menghasilkan produk tertentu. Buku ini mencoba menggali radar inovasi yang dimiliki oleh sentra industri, khususnya sentra industri yang berhasil menembus pasar ekspor dengan kapabilitas lokal yang mereka miliki. Sentra Industri Rajut Binong Jati di Bandung dipilih sebagai studi kasus mempertimbangkan perjalanan sentra industri ini yang relatif muda, namun berhasil membangun keunggulan bersaing hingga menembus pasar global. Tentu keunggulan yang dinarasikan ini disampaikan tanpa menutup kenyataan bahwa setiap sentra industri memiliki pekerjaan rumah yang dapat ditingkatkan dalam proses bisnis, kelembagaan, maupun isu strategis lainnya yang ada di sekitarnya. Kontribusi buku ini memberikan penekanan bahwa konsep inovasi tidak semata berbicara tentang utilisasi teknologi dalam proses bisnis, melainkan isu pemberdayaan masyarakat yang menjadi ujung tombak dari proses transformasi yang terjadi. Dinamika inovasi yang tidak terlepas dari konflik, paradigma masyarakat, serta ide yang visioner menjadi sudut pandang segar yang layak dikaji dan dipelajari dari Sentra Industri Rajut Binong Jati.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240247
Kode Klasifikasi : 658.02
Judul Buku : Inovasi dalam UMKM : peluang, tantangan, dan keberlanjutan
Edisi : -
Penulis : Daniel Hermawan
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2023
ISBN : 978-623-02-6265-4
Tajuk Subjek : UMKM
Deskripsi : xvi, 246 hlm. : ill. ; 23 cm
Eksemplar : 2
Stok : 2
Petugas : Putri Ayu Citra Ardhian
Pembahasan tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu isu prioritas yang menjadi perhatian bagi banyak pihak, baik akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, maupun media. Entitas bisnis kecil yang menjadi tulang perekonomian negara ini merupakan gambaran umum sektor perdagangan yang dikelola di Indonesia, baik dalam bentuk bisnis keluarga hingga bisnis yang dikelola secara profesional. Sebagai bisnis yang dipandang memerlukan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, konsep klaster industri atau yang lebih dikenal dengan sentra industri di Indonesia diperkenalkan untuk meningkatkan kapabilitas lokal UMKM dalam mengakses bahan baku, pasar, dan industri pendukung. Kumpulan UMKM yang tergabung dalam sentra industri ini kemudian berproses menjadi sebuah sentra yang memiliki ciri khas dalam menghasilkan produk tertentu.
Buku ini mencoba menggali radar inovasi yang dimiliki oleh sentra industri, khususnya sentra industri yang berhasil menembus pasar ekspor dengan kapabilitas lokal yang mereka miliki. Sentra Industri Rajut Binong Jati di Bandung dipilih sebagai studi kasus mempertimbangkan perjalanan sentra industri ini yang relatif muda, namun berhasil membangun keunggulan bersaing hingga menembus pasar global. Tentu keunggulan yang dinarasikan ini disampaikan tanpa menutup kenyataan bahwa setiap sentra industri memiliki pekerjaan rumah yang dapat ditingkatkan dalam proses bisnis, kelembagaan, maupun isu strategis lainnya yang ada di sekitarnya. Kontribusi buku ini memberikan penekanan bahwa konsep inovasi tidak semata berbicara tentang utilisasi teknologi dalam proses bisnis, melainkan isu pemberdayaan masyarakat yang menjadi ujung tombak dari proses transformasi yang terjadi. Dinamika inovasi yang tidak terlepas dari konflik, paradigma masyarakat, serta ide yang visioner menjadi sudut pandang segar yang layak dikaji dan dipelajari dari Sentra Industri Rajut Binong Jati.
Terkait Subjek Buku yang sama

  • Analisis usaha kecil dan menengah
    Analisis usaha kecil dan menengah
    • Kwartono Adi, M.
    • CV Andi Offset
    • 2007
    • 978-979-29-0180-1
    Sinopsis

    Sebagai negara yang berbasis ekonomi kerakyatan yang banyak melibatkan kelompok akar rumput yang notabene rata-rata pengusaha ekonomi lemah, maka dalam pemberdayaannya, pertamastama diperlukan ... Lihat Selengkapnya

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika