• Efektivitas media sosial sebagai media promosi pada UMKM

    Efektivitas media sosial sebagai media promosi pada UMKM

    • Ria Estiana, Nurul Giswi Karomah dan Teddy Setiady
    • Deepublish
    • 2022
    • 978-623-02-4669-2
    Sinopsis

    UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan selama 5 tahun terakhir ini UMKM mengalami peningkatan dalam menyerap tenaga kerja, yang mengakibatkan meningkatnya pendapatan masyarakat. Pelaku UMKM memerlukan media pemasaran yang efektif, yang dalam hal ini adalah media sosial dalam rangka memperluas pangsa pasar. Saat ini aplikasi media sosial telah menjadi alat yang memiliki peran penting dalam mempromosikan produk atau jasa dan membangun hubungan jangka panjang antara pelaku usaha dengan konsumen. Permasalahan yang terjadi saat ini para pelaku UMKM masih belum memaksimalkan penggunaan media sosial yang mereka miliki sebagai media promosi. Perkembangan dunia digital yang sangat pesat, maka media sosial sebagai bagian dari perkembangan tersebut menjadi alternatif pilihan yang dapat digunakan oleh kegiatan jual beli UMKM sehingga dapat mempermudah pelanggan dalam membeli yang berdampak pula kepada peningkatan penjualan UMKM. Efektivitas media sosial berhubungan dengan karakteristik followers dan keterdedahan media sosial. Karakteristik followers merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku seseorang dalam melakukan pembelian suatu produk atau jasa, karakteristik followers perlu diketahui oleh pemilik media sosial untuk menentukan strategi promosi yang akan dilakukan. Sedangkan keterdedahan (terpaan) media sosial merupakan intensitas followers dalam mengakses pesan-pesan aktivitas promosi yang didistribusikan oleh pemilik media sosial, keterdedahan media sosial perlu diketahui untuk melihat apakah pesan yang disampaikan melalui media sosial telah sampai kepada followers.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kaliabang, Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 230145
Kode Klasifikasi : 658.82
Judul Buku : Efektivitas media sosial sebagai media promosi pada UMKM
Edisi : -
Penulis : Ria Estiana, Nurul Giswi Karomah dan Teddy Setiady
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2022
ISBN : 978-623-02-4669-2
Tajuk Subjek : Media Sosial,UMKM
Deskripsi : x, 67 hlm. : ill. ; 23 cm
Eksemplar : 3
Stok : 3
Petugas : Putri Ayu Citra Ardhian
UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan selama 5 tahun terakhir ini UMKM mengalami peningkatan dalam menyerap tenaga kerja, yang mengakibatkan meningkatnya pendapatan masyarakat. Pelaku UMKM memerlukan media pemasaran yang efektif, yang dalam hal ini adalah media sosial dalam rangka memperluas pangsa pasar. Saat ini aplikasi media sosial telah menjadi alat yang memiliki peran penting dalam mempromosikan produk atau jasa dan membangun hubungan jangka panjang antara pelaku usaha dengan konsumen.
Permasalahan yang terjadi saat ini para pelaku UMKM masih belum memaksimalkan penggunaan media sosial yang mereka miliki sebagai media promosi. Perkembangan dunia digital yang sangat pesat, maka media sosial sebagai bagian dari perkembangan tersebut menjadi alternatif pilihan yang dapat digunakan oleh kegiatan jual beli UMKM sehingga dapat mempermudah pelanggan dalam membeli yang berdampak pula kepada peningkatan penjualan UMKM.
Efektivitas media sosial berhubungan dengan karakteristik followers dan keterdedahan media sosial. Karakteristik followers merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku seseorang dalam melakukan pembelian suatu produk atau jasa, karakteristik followers perlu diketahui oleh pemilik media sosial untuk menentukan strategi promosi yang akan dilakukan. Sedangkan keterdedahan (terpaan) media sosial merupakan intensitas followers dalam mengakses pesan-pesan aktivitas promosi yang didistribusikan oleh pemilik media sosial, keterdedahan media sosial perlu diketahui untuk melihat apakah pesan yang disampaikan melalui media sosial telah sampai kepada followers.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika