• Analisis usaha kecil dan menengah

    Analisis usaha kecil dan menengah

    • Kwartono Adi, M.
    • CV Andi Offset
    • 2007
    • 978-979-29-0180-1
    Sinopsis

    Sebagai negara yang berbasis ekonomi kerakyatan yang banyak melibatkan kelompok akar rumput yang notabene rata-rata pengusaha ekonomi lemah, maka dalam pemberdayaannya, pertamastama diperlukan paradigma baru yang dilandasi pemahaman bersama tentang Visi dan Misi UMKM dan batasan-batasan UMKM antara pemerintah dan praktisi di lapangan, sehingga terjadi sinergi yang positif dan tepat sasaran. Kedua, diperlukan adanya suatu model akses permodalan yang sederhana dan mudah antara lembaga keuangan dan pengusaha UMKM secara signifikan (tanpa mengurangi prinsip kehati-hatian), sehingga kedua belah pihak (LKM dan UMKM) merasa mendapat perlindungan yang seimbang. Ketiga, diperlukan upaya peningkatan kualitas UMKM melalui sentuhan-sentuhan berbagai pihak (institusi pemerintah/swasta maupun perorangan yang tertarik dalam pemberdayaan UMKM) guna menjadikan UMKM siap bersaing di era global. UMKM yang tangguh tidak terlepas dari peran semua pihak baik pengusaha, pendamping (fasilitator), pemerintah, dan lembaga keuangan. Keterlibatan mereka telah memainkan peran penting dalam mempromosikan pembangunan ekonomi di Indonesia, terutama bagi usaha mikro kecil dan menengah baik di pedesaan maupun perkotaan. Buku ini secara khusus mencoba membahas LKM (Lembaga Keuangan Mikrq) dan analisis usaha UMKM dari kacamata lembaga keuangan. Maksudnya agar pihak-pihak yang terlibat dalam pemberdayaan UMKM dapat melihat secara umum Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dan bagaimana lembaga keuangan tersebut menilai kelayakan usaha yang dapat dibiayai.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Karawang, Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 204824
Kode Klasifikasi : 330
Judul Buku : Analisis usaha kecil dan menengah
Edisi : 1
Penulis : Kwartono Adi, M.
Penerbit : CV Andi Offset
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2007
ISBN : 978-979-29-0180-1
Tajuk Subjek : Ekonomi,UMKM
Deskripsi : xviii, 126 hlm. ; 21 cm
Eksemplar : 2
Stok : 2
Petugas : Putri Ayu Citra Ardhian
Sebagai negara yang berbasis ekonomi kerakyatan yang banyak melibatkan kelompok akar rumput yang notabene rata-rata pengusaha ekonomi lemah, maka dalam pemberdayaannya, pertamastama diperlukan paradigma baru yang dilandasi pemahaman bersama tentang Visi dan Misi UMKM dan batasan-batasan UMKM antara pemerintah dan praktisi di lapangan, sehingga terjadi sinergi yang positif dan tepat sasaran. Kedua, diperlukan adanya suatu model akses permodalan yang sederhana dan mudah antara lembaga keuangan dan pengusaha UMKM secara signifikan (tanpa mengurangi prinsip kehati-hatian), sehingga kedua belah pihak (LKM dan UMKM) merasa mendapat perlindungan yang seimbang. Ketiga, diperlukan upaya peningkatan kualitas UMKM melalui sentuhan-sentuhan berbagai pihak (institusi pemerintah/swasta maupun perorangan yang tertarik dalam pemberdayaan UMKM) guna menjadikan UMKM siap bersaing di era global.
UMKM yang tangguh tidak terlepas dari peran semua pihak baik pengusaha, pendamping (fasilitator), pemerintah, dan lembaga keuangan. Keterlibatan mereka telah memainkan peran penting dalam mempromosikan pembangunan ekonomi di Indonesia, terutama bagi usaha mikro kecil dan menengah baik di pedesaan maupun perkotaan.
Buku ini secara khusus mencoba membahas LKM (Lembaga Keuangan Mikrq) dan analisis usaha UMKM dari kacamata lembaga keuangan. Maksudnya agar pihak-pihak yang terlibat dalam pemberdayaan UMKM dapat melihat secara umum Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dan bagaimana lembaga keuangan tersebut menilai kelayakan usaha yang dapat dibiayai.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika