• Glocal village : praktik baik desa wisata bertaraf internasional

    Glocal village : praktik baik desa wisata bertaraf internasional

    • Daniel Hermawan.dkk
    • Deepublish
    • 2022
    • 978-623-02-5601-1
    Sinopsis

    Pengembangan desa wisata sejalan dengan semangat desentralisasi, di mana setiap daerah dan desa mencermati potensi yang dimilikinya untuk diangkat dan dikembangkan agar memberikan nilai tambah manfaat, serta menghasilkan produktivitas yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Tak jarang, desa wisata disebut sebagai pariwisata berbasis masyarakat (community-based tourism) karena memberdayakan daerah dengan kapabilitas dan kearifan lokal yang dimiliki dengan kekhasan dan keunikan yang dimiliki. Buku ini ditulis untuk menggambarkan secara utuh kisah dari Desa Wisata Pentingsari, sebuah desa wisata bertaraf internasional yang lahir dari, oleh, dan untuk masyarakat. Melalui pembelajaran praktik baik yang diperoleh, baik dalam observasi, diskusi, dan wawancara mendalam, kami mencoba menuangkan hal tersebut dalam rangkaian kisah, cerita, dan pembelajaran lapangan. Julukan glocal village diberikan kepada Desa Wisata Pentingsari yang tetap mampu mempertahankan lokalitas dan orisinalitas yang dimiliki, tanpa kehilangan magnet untuk menarik minat wisatawan lokal maupun asing untuk datang berkunjung untuk belajar ke Desa Wisata Pentingsari. Desa Wisata Pentingsari menjadi desa wisata percontohan yang kami pilih mempertimbangkan perjalanan dan dinamika yang dimiliki memiliki keseragaman dengan desa wisata rintisan pada umumnya. Sebagai desa yang dulunya terisolasi dengan akses yang sulit, tingkat pendapatan masyarakat yang rendah, serta Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak diapresiasi pasar dengan baik, Desa Wisata Pentingsari bangkit melalui sejumlah inovasi sosial dengan peran kepemimpinan, gotong royong, dan kebersamaan warga dalam memelihara alam lingkungan dan kearifan lokal.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240182
Kode Klasifikasi : 910.2
Judul Buku : Glocal village : praktik baik desa wisata bertaraf internasional
Edisi : -
Penulis : Daniel Hermawan.dkk
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2022
ISBN : 978-623-02-5601-1
Tajuk Subjek : Pariwisata,Desa Wisata,Internasional
Deskripsi : xx, 204 hlm. : ill. , ind. ; 23 cm
Eksemplar : 2
Stok : 2
Petugas : Putri Ayu Citra Ardhian
Pengembangan desa wisata sejalan dengan semangat desentralisasi, di mana setiap daerah dan desa mencermati potensi yang dimilikinya untuk diangkat dan dikembangkan agar memberikan nilai tambah manfaat, serta menghasilkan produktivitas yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Tak jarang, desa wisata disebut sebagai pariwisata berbasis masyarakat (community-based tourism) karena memberdayakan daerah dengan kapabilitas dan kearifan lokal yang dimiliki dengan kekhasan dan keunikan yang dimiliki.
Buku ini ditulis untuk menggambarkan secara utuh kisah dari Desa Wisata Pentingsari, sebuah desa wisata bertaraf internasional yang lahir dari, oleh, dan untuk masyarakat. Melalui pembelajaran praktik baik yang diperoleh, baik dalam observasi, diskusi, dan wawancara mendalam, kami mencoba menuangkan hal tersebut dalam rangkaian kisah, cerita, dan pembelajaran lapangan. Julukan glocal village diberikan kepada Desa Wisata Pentingsari yang tetap mampu mempertahankan lokalitas dan orisinalitas yang dimiliki, tanpa kehilangan magnet untuk menarik minat wisatawan lokal maupun asing untuk datang berkunjung untuk belajar ke Desa Wisata Pentingsari.
Desa Wisata Pentingsari menjadi desa wisata percontohan yang kami pilih mempertimbangkan perjalanan dan dinamika yang dimiliki memiliki keseragaman dengan desa wisata rintisan pada umumnya. Sebagai desa yang dulunya terisolasi dengan akses yang sulit, tingkat pendapatan masyarakat yang rendah, serta Sumber Daya Alam (SDA) yang tidak diapresiasi pasar dengan baik, Desa Wisata Pentingsari bangkit melalui sejumlah inovasi sosial dengan peran kepemimpinan, gotong royong, dan kebersamaan warga dalam memelihara alam lingkungan dan kearifan lokal.
Terkait Subjek Buku yang sama

  • Metode penelitian pariwisata
    Metode penelitian pariwisata
    • Wardiyanta
    • CV Andi Offset
    • 2006
    • 979-763-357-8
    Sinopsis

    Penelitian di bidang pariwisata pada dasarnya sangat diperlukan, terutama berkaitan dengan kondisi Indonesia yang memiliki banyak potensi di bidang pariwisata.Pariwisata mencakup banyak aspek yang ... Lihat Selengkapnya

  • Statistika pariwisata deskriptif
    Statistika pariwisata deskriptif
    • Kusmayadi
    • Gramedia Pustaka Utama
    • 2004
    • -
    Sinopsis

    Saat ini dan di masa yang akan datang, jumlah penduduk dunia yang melakukan perjalanan wisata terus meningkat. Dengan bertambahnya mobilitas penduduk sebagai wisatawan, perhitungan-perhitungan yang ... Lihat Selengkapnya

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika