• Dasar-dasar perancangan dan evaluasi pembelajaran

    Dasar-dasar perancangan dan evaluasi pembelajaran

    • Chansyanah Diawati
    • Graha Ilmu
    • 2019
    • 978-623-228-160-8
    Sinopsis

    Asesmen pembelajaran merupakan suatu kesatuan penting dalam penyusunan program pembelajaran, selain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, dan media pembelajaran. Indikator-indikator pencapaian kompetensi, baik indikator pengetahuan maupun indikator proses yang dikembangkan dalam RPP diukur ketercapaiannya menggunakan instrumen asesmen pembelajaran. Ketercapaian indikator-indikator tersebut tentu sangat bergantung pada usaha pembelajar dan pengajar selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam perkataan lain, asesmen menjawab pertanyaan mengenai sebaik apa pembelajar telah mencapai kompetensi yang ditetapkaan, dan sebaik apa pengajar melaksanakan proses pembelajaran; untuk kemudian dijadikan bahan pertimbangan dalam memperbaiki proses dan hasil pembelajaran. Sebagai konsekuensinya maka penting untuk mengembangkan asesmen pembelajaran yang tepat. Dalam buku ini disajikan konsep dan prinsip dasar serta terminologi dalam asesmen pembelajaran yang meliputi pengukuran, tes, asesmen, dan evaluasi; serta target-target asesmen yaitu pengetahuan, penalaran, produk, keterampilan, serta sikap dan nilai. Selain itu, disajikan pula metode, teknik, dan alat asesmen (tes, skala sikap, rubrik); standar penilaian Kemdiknas; serta pengembangan dan validasi alat-alat asesmen bagi asesmen hasil dan proses pembelajaran.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Tasikmalaya, Yogyakarta, Pontianak
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 221667
Kode Klasifikasi : 371.27
Judul Buku : Dasar-dasar perancangan dan evaluasi pembelajaran
Edisi : 2
Penulis : Chansyanah Diawati
Penerbit : Graha Ilmu
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2019
ISBN : 978-623-228-160-8
Tajuk Subjek : perancangan,Evaluasi Penilaian Kinerja
Deskripsi : x, 150 hlm. : ill. ; 24 cm
Eksemplar : 4
Stok : 4
Petugas : Putri Ayu Citra Ardhian
Asesmen pembelajaran merupakan suatu kesatuan penting dalam penyusunan program pembelajaran, selain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, dan media pembelajaran. Indikator-indikator pencapaian kompetensi, baik indikator pengetahuan maupun indikator proses yang dikembangkan dalam RPP diukur ketercapaiannya menggunakan instrumen asesmen pembelajaran. Ketercapaian indikator-indikator tersebut tentu sangat bergantung pada usaha pembelajar dan pengajar selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam perkataan lain, asesmen menjawab pertanyaan mengenai sebaik apa pembelajar telah mencapai kompetensi yang ditetapkaan, dan sebaik apa pengajar melaksanakan proses pembelajaran; untuk kemudian dijadikan bahan pertimbangan dalam memperbaiki proses dan hasil pembelajaran. Sebagai konsekuensinya maka penting untuk mengembangkan asesmen pembelajaran yang tepat.
Dalam buku ini disajikan konsep dan prinsip dasar serta terminologi dalam asesmen pembelajaran yang meliputi pengukuran, tes, asesmen, dan evaluasi; serta target-target asesmen yaitu pengetahuan, penalaran, produk, keterampilan, serta sikap dan nilai. Selain itu, disajikan pula metode, teknik, dan alat asesmen (tes, skala sikap, rubrik); standar penilaian Kemdiknas; serta pengembangan dan validasi alat-alat asesmen bagi asesmen hasil dan proses pembelajaran.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika