• Pengantar Komunikasi Massa

    Pengantar Komunikasi Massa

    • Nurudin
    • Grafindo
    • 2007
    • 978-979-769-521-7
    Sinopsis

    Salah satu faktor kemajuan masyarakat, diakui atau tidak, disebabkan oleh peran media massa. Namun sebaliknya, kekacauan, kemerosotan moral, dan tindak kekerasan yang timbul di msyarakat juga tidak bisa dilepaskan dari peran media massa. Dengan demikian, media merupakan faktor penentu kehidupan manusia. Untuk sekadar mengilustrasikan fenomena tersebut, jawablah pertanyaan berikut. Berapa persen pikiran, ucapan dan perilaku kita dipengaruhi media massa? Jawabannya, tentu sangat fantastis. Buku Pengantar Komunikasi Massa ini mengkaji secara teoritis berbagai proses yang melingkupi media massa. Dari bahasan ini diharapkan masyarakat tidak saja secara lebih cerdas mengarifi dan memahami keberaadaan media massa di tengah masyarkat, tetapi juga mengkritisinya. Dalam buku ini dibahas tentang berbagai hal yang berkaitan dengan komunikasi massa mulai dari definisi komunikasi massa yang selama ini diputarbalikkan artinya, ruang lingkupnya, alasan-alasan mengapa kita perlu mempelajari komunikasi massa, fungsi-fungsi komunikasi massa dalam kehidupan sehari-hari, elemen-elemennya, model-model komunikasi massa, teori-teori komunikasi massa, efek yang ditimbulkan dan etika komunikasi massa. Bahasan tersebut akan mempu membekali secara teoritis mahasiswa komunikasi khususnya dan peminat kajian media massa atas fenomena media massa yang kian tumbuh pesat dewasa ini dan juga bisa menjadi bekal berharga jika nanti terjun ke dunia praktis. Buku ini tidak saja bermanfaat bagi mahasiswa S-1 tetapi juga mahasiswa S-2. Buku ini tidak berpretensi ilmiah, tetapi sekedar menjadi pengantar dalam mempelajari komunikasi massa, meskipun demikian tidak kehilangan dimensi ilmiahanya. Oleh karena itu, untuk memudahkan pemahamannya, penulis memang sengaja menggunakan kaidah bahasa ilmiah popular. Ini sengaja dilakukan mengingat banyak buku-buku penulis yang mendapat sambutan hangat pembaca baik lewat SMS, e-mail dan surat karena buku tersebut ditulis secara ilmiah populer. Buku ini akan mencapai sasarannya pada dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi S-1 dan S-2, wartawan, praktisi kamunikasi, dan pemerintah sebagai pengambil kebujakan. Buku ini dilatarbelakangi oleh kebijakan kurikulum nasional uang meawajibkan mata kuliah Komunikasi Massa masuk dalam kurikulum program penyelenggaraan studi komunikasi.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kaliabang, Kalimalang
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 213972
Kode Klasifikasi : 650
Judul Buku : Pengantar Komunikasi Massa
Edisi : 1
Penulis : Nurudin
Penerbit : Grafindo
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2007
ISBN : 978-979-769-521-7
Tajuk Subjek : Ilmu Komunikasi
Deskripsi : xx, 276 hlm, ; 21 cm
Eksemplar : 8
Stok : 8
Petugas : Warnida, A.Md
Salah satu faktor kemajuan masyarakat, diakui atau tidak, disebabkan oleh peran media massa. Namun sebaliknya, kekacauan, kemerosotan moral, dan tindak kekerasan yang timbul di msyarakat juga tidak bisa dilepaskan dari peran media massa. Dengan demikian, media merupakan faktor penentu kehidupan manusia. Untuk sekadar mengilustrasikan fenomena tersebut, jawablah pertanyaan berikut. Berapa persen pikiran, ucapan dan perilaku kita dipengaruhi media massa? Jawabannya, tentu sangat fantastis.

Buku Pengantar Komunikasi Massa ini mengkaji secara teoritis berbagai proses yang melingkupi media massa. Dari bahasan ini diharapkan masyarakat tidak saja secara lebih cerdas mengarifi dan memahami keberaadaan media massa di tengah masyarkat, tetapi juga mengkritisinya.

Dalam buku ini dibahas tentang berbagai hal yang berkaitan dengan komunikasi massa mulai dari definisi komunikasi massa yang selama ini diputarbalikkan artinya, ruang lingkupnya, alasan-alasan mengapa kita perlu mempelajari komunikasi massa, fungsi-fungsi komunikasi massa dalam kehidupan sehari-hari, elemen-elemennya, model-model komunikasi massa, teori-teori komunikasi massa, efek yang ditimbulkan dan etika komunikasi massa. Bahasan tersebut akan mempu membekali secara teoritis mahasiswa komunikasi khususnya dan peminat kajian media massa atas fenomena media massa yang kian tumbuh pesat dewasa ini dan juga bisa menjadi bekal berharga jika nanti terjun ke dunia praktis. Buku ini tidak saja bermanfaat bagi mahasiswa S-1 tetapi juga mahasiswa S-2.

Buku ini tidak berpretensi ilmiah, tetapi sekedar menjadi pengantar dalam mempelajari komunikasi massa, meskipun demikian tidak kehilangan dimensi ilmiahanya. Oleh karena itu, untuk memudahkan pemahamannya, penulis memang sengaja menggunakan kaidah bahasa ilmiah popular. Ini sengaja dilakukan mengingat banyak buku-buku penulis yang mendapat sambutan hangat pembaca baik lewat SMS, e-mail dan surat karena buku tersebut ditulis secara ilmiah populer.

Buku ini akan mencapai sasarannya pada dosen dan mahasiswa Ilmu Komunikasi S-1 dan S-2, wartawan, praktisi kamunikasi, dan pemerintah sebagai pengambil kebujakan.

Buku ini dilatarbelakangi oleh kebijakan kurikulum nasional uang meawajibkan mata kuliah Komunikasi Massa masuk dalam kurikulum program penyelenggaraan studi komunikasi.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika