• Komunikasi dalam pembangunan destinasi pariwisata

    Komunikasi dalam pembangunan destinasi pariwisata

    • Usman Chamdani
    • Deepublish
    • 2018
    • 978-602-475-025-1
    Sinopsis

    Timbulnya pergeseran paradigma pembangunan dari growth paradigm, menuju people's economic paradigm, merupakan pertimbangan yang harus dicermati dalam menghadapi permasalahan Kepariwisataan Nasional, adalah kenyataan bahwa mekanisme pasar yang tanpa kontrol dan tanpa kendali dapat memperburuk ekonomi dan ketergantungan yang makin lama, makin mengikat pada kekuatan ekonomi Internasional. Di samping itu, untuk pengembangan pariwisata Indonesia yang memiliki kekayaan alam, flora, fauna, peninggalan purbakala, peninggalan sejarah, seni dan budaya. Maka pembangunan pariwisata harus dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, memupuk rasa cinta tanah air, memperkaya kebudayaan dan menemukan jati diri bangsa. Sedangkan kebijakan pembangunan pariwisata dimaksudkan untuk mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan, dengan menyelenggarakan aktifitas pada berbagai bidang yang berkaitan dengan kepariwisataan. Buku ini memandang penting kesiapan destinasi pada kawasan great, dimana konsep great ini merupakan sebuah pendekatan pembangunan daerah pariwisata yang mengintegrasikan komponen seperti, infrastruktur, aksesibilitas, konektivitas, fasilitas, perhotelan, dan preferensi pasar untuk mengoptimalkan dampak positif pada semua kalangan. Kementerian Pariwisata menerapkan strategi pengembangan destinasi pariwisata dengan menggunakan Greater pariwisata Indonesia. Pembagian wilayah Indonesia ke dalam beberapa Great pariwisata sehingga lebih fokus dalam pengembangan pariwisata, yaitu dengan membagi wilayah Indonesia menjadi sepuluh Greater Pariwisata, dan dalam Renstra Kemenpar 2014-2019, destinasi berdasarkan tiga pintu masuk utama ditetapkan tiga greater berdasarkan tiga pintu masuk utama yaitu Greater Bali, Greater Jakarta, dan Greater Batam. Greater Bali meliputi Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan sebagian wilayah Provinsi Jawa Timur. Great Jakarta terdiri dari Provinsi DKI Jakarta dan Banten. Great Batam meliputi beberapa provinsi yaitu: Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara (Sumut), Riau dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 208336
Kode Klasifikasi : 910.2
Judul Buku : Komunikasi dalam pembangunan destinasi pariwisata
Edisi : 1
Penulis : Usman Chamdani
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2018
ISBN : 978-602-475-025-1
Tajuk Subjek : Pariwisata
Deskripsi : xii, 97 hlm. : ill. ; 20 m
Eksemplar : 2
Stok : 2
Petugas : Putri Ayu Citra Ardhian
Timbulnya pergeseran paradigma pembangunan dari growth paradigm, menuju people's economic paradigm, merupakan pertimbangan yang harus dicermati dalam menghadapi permasalahan Kepariwisataan Nasional, adalah kenyataan bahwa mekanisme pasar yang tanpa kontrol dan tanpa kendali dapat memperburuk ekonomi dan ketergantungan yang makin lama, makin mengikat pada kekuatan ekonomi Internasional. Di samping itu, untuk pengembangan pariwisata Indonesia yang memiliki kekayaan alam, flora, fauna, peninggalan purbakala, peninggalan sejarah, seni dan budaya. Maka pembangunan pariwisata harus dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, memupuk rasa cinta tanah air, memperkaya kebudayaan dan menemukan jati diri bangsa. Sedangkan kebijakan pembangunan pariwisata dimaksudkan untuk mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkelanjutan, dengan menyelenggarakan aktifitas pada berbagai bidang yang berkaitan dengan kepariwisataan.
Buku ini memandang penting kesiapan destinasi pada kawasan great, dimana konsep great ini merupakan sebuah pendekatan pembangunan daerah pariwisata yang mengintegrasikan komponen seperti, infrastruktur, aksesibilitas, konektivitas, fasilitas, perhotelan, dan preferensi pasar untuk mengoptimalkan dampak positif pada semua kalangan. Kementerian Pariwisata menerapkan strategi pengembangan destinasi pariwisata dengan menggunakan Greater pariwisata Indonesia. Pembagian wilayah Indonesia ke dalam beberapa Great pariwisata sehingga lebih fokus dalam pengembangan pariwisata, yaitu dengan membagi wilayah Indonesia menjadi sepuluh Greater Pariwisata, dan dalam Renstra Kemenpar 2014-2019, destinasi berdasarkan tiga pintu masuk utama ditetapkan tiga greater berdasarkan tiga pintu masuk utama yaitu Greater Bali, Greater Jakarta, dan Greater Batam. Greater Bali meliputi Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan sebagian wilayah Provinsi Jawa Timur. Great Jakarta terdiri dari Provinsi DKI Jakarta dan Banten. Great Batam meliputi beberapa provinsi yaitu: Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Nangroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara (Sumut), Riau dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Terkait Subjek Buku yang sama

  • Metode penelitian pariwisata
    Metode penelitian pariwisata
    • Wardiyanta
    • CV Andi Offset
    • 2006
    • 979-763-357-8
    Sinopsis

    Penelitian di bidang pariwisata pada dasarnya sangat diperlukan, terutama berkaitan dengan kondisi Indonesia yang memiliki banyak potensi di bidang pariwisata.Pariwisata mencakup banyak aspek yang ... Lihat Selengkapnya

  • Statistika pariwisata deskriptif
    Statistika pariwisata deskriptif
    • Kusmayadi
    • Gramedia Pustaka Utama
    • 2004
    • -
    Sinopsis

    Saat ini dan di masa yang akan datang, jumlah penduduk dunia yang melakukan perjalanan wisata terus meningkat. Dengan bertambahnya mobilitas penduduk sebagai wisatawan, perhitungan-perhitungan yang ... Lihat Selengkapnya

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika