• Sistem pakar dan pengembangannya

    Sistem pakar dan pengembangannya

    • Sri Hartati dan Sari Iswanti
    • Graha Ilmu
    • 2008
    • 978-979-756-379-0
    Sinopsis

    Sistem pakar adalah sistem komputer yang mengemulasi kemampuan kepakaran manusia. Kata mengemulasi diartikan lebih kuat dari simulasi yang berarti bahwa sistem pakar diharapkan mampu bertindak sebagaimana yang dilakukan pakar manusia dalam melakukan penalaran untuk memberikan suatu justifikasi / kesimpulan. Dalam melakukan penalaran, sistem pakar banyak memanfaatkan pengetahuan yang disimpan oleh sistem sebagai basis pengetahuan untuk menyelesaikan masalah pada tingkatan sebanding dengan sistem pakar manusia. Sistem pakar dikembangkan melalui beberapa tahapan, tahapan yang paling rumit adalah representasi pengetahuan yang meliputi pembuatan tabel keputusan, penyusunan pohon keputusan, peringkasan pohon keputusan, penyusunan kaidah-kaidah. Tahapan ini disajikan dalam tulisan secara rinci untuk memberi gambaran pembaca mengenai pengembangan sistem pakar dari awal. Selain itu buku ini menyajikan konsep dasar tentang sistem pakar dan prinsip-prinsip pengembangannya yang disertai contoh langkah-langkah pembuatan sistem pakar. Konsep pengembangan lanjut sistem pakar dan beberapa metode penanganan ketidakpastian pengetahuan dibahas pula untuk memberi gambaran pembaca mengatasi kekuranglengkapan informasi dalam proses penentuan justifikasi / kesimpulan.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Tegal
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 206248
Kode Klasifikasi : 006.3
Judul Buku : Sistem pakar dan pengembangannya
Edisi : 1
Penulis : Sri Hartati dan Sari Iswanti
Penerbit : Graha Ilmu
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2008
ISBN : 978-979-756-379-0
Tajuk Subjek : Sistem Pakar
Deskripsi : xvi, 152 hlm.; 23 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Rizki Arsika Yunita, S.Hum
Sistem pakar adalah sistem komputer yang mengemulasi kemampuan kepakaran manusia. Kata mengemulasi diartikan lebih kuat dari simulasi yang berarti bahwa sistem pakar diharapkan mampu bertindak sebagaimana yang dilakukan pakar manusia dalam melakukan penalaran untuk memberikan suatu justifikasi / kesimpulan. Dalam melakukan penalaran, sistem pakar banyak memanfaatkan pengetahuan yang disimpan oleh sistem sebagai basis pengetahuan untuk menyelesaikan masalah pada tingkatan sebanding dengan sistem pakar manusia.

Sistem pakar dikembangkan melalui beberapa tahapan, tahapan yang paling rumit adalah representasi pengetahuan yang meliputi pembuatan tabel keputusan, penyusunan pohon keputusan, peringkasan pohon keputusan, penyusunan kaidah-kaidah. Tahapan ini disajikan dalam tulisan secara rinci untuk memberi gambaran pembaca mengenai pengembangan sistem pakar dari awal. Selain itu buku ini menyajikan konsep dasar tentang sistem pakar dan prinsip-prinsip pengembangannya yang disertai contoh langkah-langkah pembuatan sistem pakar.

Konsep pengembangan lanjut sistem pakar dan beberapa metode penanganan ketidakpastian pengetahuan dibahas pula untuk memberi gambaran pembaca mengatasi kekuranglengkapan informasi dalam proses penentuan justifikasi / kesimpulan.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika