• What is expert system : apa itu sistem pakar

    What is expert system : apa itu sistem pakar

    • Herawan Hayadi, B dan Kasman Rukun
    • Deepublish
    • 2016
    • 978-602-401-614-2
    Sinopsis

    Sistem pakar suatu cabang dari Artificial Intelligent (AI) yang cukup tua karena sistem ini mulai dikembangkan pada tahun 1960. Sistem pakar adalah program AI dengan basis pengetahuan (Knowledge Base) yang diperoleh dari pengalaman atau pengetahuan pakar atau ahli dalam memecahkan persoalan pada bidang tertentu dan didukung mesin Interensi/Inferensi Engine yang yang melakukan penalaran atau pelacakan terhadap sesuatu atau fakta-fakta dan aturan kaidah yang ada di basis pengetahuan setelah dilakukan pencarian, sehingga dicapai kesimpulan. Sistem pakar atau Expert System biasa disebut juga dengan Knowledge Based System yaitu suatu aplikasi computer yang ditujukan untuk membantu pengambilan keputusan atau pemecahan persoalan dalam bidang yang spesifik. Sistem ini bekerja dengan menggunakan pengetahuan dan metode analisis yang telah didefinisikan terlebih dahulu oleh pakar yang sesuai dengan bidang keahliannya. Sistem ini desebut sistem pakar karena fungsi dan perannya sama seperti seorang ahli yang harus memiliki pengetahuan, pengalaman dalam memecahkan suatu persoalan. Sistem biasanya berfungsi sebagai kunci penting yang akan membantu suatu sistem pendukung keputusan atau sistem pendukung eksekutif. Dengan adanya sistem pakar maka semua bidang ilmu bisa diwakili dengan namanya sistem pakar jika pakarnya bersedia menjelaskan dan memberikan pengetahuan tentang kepakarannya masing-masing disiplin ilmu. Maka dengan sistem pakar, penulisan buku ini dapat memberikan pemahaman konsep pemecahan dengan metode yang ada pada sistem pakar yaitu pemecahan masalah dalam sehari-hari.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98, Tegal
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 206243
Kode Klasifikasi : 006.3
Judul Buku : What is expert system : apa itu sistem pakar
Edisi : 1
Penulis : Herawan Hayadi, B dan Kasman Rukun
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2016
ISBN : 978-602-401-614-2
Tajuk Subjek : Sistem Pakar
Deskripsi : viii, 74 hlm.; 23 cm
Eksemplar : 6
Stok : 6
Petugas : Rizki Arsika Yunita, S.Hum
Sistem pakar suatu cabang dari Artificial Intelligent (AI) yang cukup tua karena sistem ini mulai dikembangkan pada tahun 1960. Sistem pakar adalah program AI dengan basis pengetahuan (Knowledge Base) yang diperoleh dari pengalaman atau pengetahuan pakar atau ahli dalam memecahkan persoalan pada bidang tertentu dan didukung mesin Interensi/Inferensi Engine yang yang melakukan penalaran atau pelacakan terhadap sesuatu atau fakta-fakta dan aturan kaidah yang ada di basis pengetahuan setelah dilakukan pencarian, sehingga dicapai kesimpulan. Sistem pakar atau Expert System biasa disebut juga dengan Knowledge Based System yaitu suatu aplikasi computer yang ditujukan untuk membantu pengambilan keputusan atau pemecahan persoalan dalam bidang yang spesifik. Sistem ini bekerja dengan menggunakan pengetahuan dan metode analisis yang telah didefinisikan terlebih dahulu oleh pakar yang sesuai dengan bidang keahliannya.

Sistem ini desebut sistem pakar karena fungsi dan perannya sama seperti seorang ahli yang harus memiliki pengetahuan, pengalaman dalam memecahkan suatu persoalan. Sistem biasanya berfungsi sebagai kunci penting yang akan membantu suatu sistem pendukung keputusan atau sistem pendukung eksekutif. Dengan adanya sistem pakar maka semua bidang ilmu bisa diwakili dengan namanya sistem pakar jika pakarnya bersedia menjelaskan dan memberikan pengetahuan tentang kepakarannya masing-masing disiplin ilmu. Maka dengan sistem pakar, penulisan buku ini dapat memberikan pemahaman konsep pemecahan dengan metode yang ada pada sistem pakar yaitu pemecahan masalah dalam sehari-hari.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika