• The creative secret of writing = Rahasia kreatif menulis di media massa

    The creative secret of writing = Rahasia kreatif menulis di media massa

    • Darju Prasetya
    • Deepublish
    • 2019
    • 978-623-209-962-3
    Sinopsis

    Kita sekarang hidup dalam apa yang disebut Marchall McLuhan sebagai lingkungan global (global village). Media komunikasi modern memungkinkan berjuta-juta orang di seluruh dunia untuk menghubungi hampir setiap pelosok dunia. Di sinilah media massa menjadi sangat penting perannya. Dimana media massa sebagai pembuat dan penyampai pesan-pesan sangat membutuhkan wartawan atau penulis profesional yang bisa dimengerti khalayak pembacanya dari segala lapisan masyarakat. Untuk menjawab tuntutan jaman informasi inilah yang mendorong penulis membuat buku ini yang menyangkut permasalahan penulisan di media massa baik sebagai penulis freelance maupun berguna pula bagi mereka yang ingin menekuni dunia jurnalistik dengan menjadi wartawan di media massa baik surat kabar, majalah, maupun media online. Buku ini akan menguraikan bagaimana Anda bisa menjadi penulis di Media massa? Bagaimana Anda menyampaikan ide-ide Anda dalam bentuk tulisan? Bagaimana Anda mengenali ciri-ciri tulisan yang layak dimuat di media regional, nasional bahkan tingkat internasional, dan sebagainya. Ini adalah merupakan lahan emas tanpa batas bagi Anda! Mungkin Anda kenal Hemingway? Seorang penulis top Amerika yang tahun 1950-an menjadi sorotan banyak media massa berkat karya-karya tulisnya yang monumental seperti novelnya “The Old Man and the Sea”. Ia merupakan pejuang keras dalam dunia kepenulisan. Ada juga NH. Dini, Emha Ainun Najib, Muji Sutrisno, ada Novel Ali yang jarang absen di Harian Suara Merdeka. Kemudian Gatoet Wardianto, salah seorang pejabat dari kalangan Departemen Pekerjaan Umum, beliau mulai merintis menulis dari harian Kompas. Dari kalangan pengusaha seperti Jaya Suprana. Kalau kita amati penulis-penulis itu heterogen, alias dari berbagai kalangan. Anda pun bisa karena penulis-penulis itu tidak hanya dari wartawan dan pengarang profesional. Syaratnya, Anda mau kerja keras untuk mengembangkan bakat dan rajin membaca dan menulis serta mau kreatif. Jika Anda merasa dan yakin bahwa Anda mempunyai bakat seperti itu, dan Anda mau tekun, Anda bisa menjadi penulis seperti mereka. Anda kalau tidak mau terlalu dikejar waktu, Anda bisa bekerja di rumah dengan menjadi penulis freelance. Anda bisa memulainya dengan mencari tempat yang enak untuk menulis biasanya adalah tempat yang tenang, tidak terlalu banyak gangguan dari luar (anak-anak atau tetangga misalnya) dan tidak sumpek atau tidak gerah, artinya cukup sejuk dengan jendela lebar untuk keluar masuknya udara segar.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240335
Kode Klasifikasi : 808
Judul Buku : The creative secret of writing = Rahasia kreatif menulis di media massa
Edisi : -
Penulis : Darju Prasetya
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2019
ISBN : 978-623-209-962-3
Tajuk Subjek : Penulisan,Teknik
Deskripsi : xii, 96 hlm.; 20 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Okta Ayu Melya Widanti
Kita sekarang hidup dalam apa yang disebut Marchall McLuhan sebagai lingkungan global (global village). Media komunikasi modern memungkinkan berjuta-juta orang di seluruh dunia untuk menghubungi hampir setiap pelosok dunia. Di sinilah media massa menjadi sangat penting perannya. Dimana media massa sebagai pembuat dan penyampai pesan-pesan sangat membutuhkan wartawan atau penulis profesional yang bisa dimengerti khalayak pembacanya dari segala lapisan masyarakat. Untuk menjawab tuntutan jaman informasi inilah yang mendorong penulis membuat buku ini yang menyangkut permasalahan penulisan di media massa baik sebagai penulis freelance maupun berguna pula bagi mereka yang ingin menekuni dunia jurnalistik dengan menjadi wartawan di media massa baik surat kabar, majalah, maupun media online.

Buku ini akan menguraikan bagaimana Anda bisa menjadi penulis di Media massa? Bagaimana Anda menyampaikan ide-ide Anda dalam bentuk tulisan? Bagaimana Anda mengenali ciri-ciri tulisan yang layak dimuat di media regional, nasional bahkan tingkat internasional, dan sebagainya. Ini adalah merupakan lahan emas tanpa batas bagi Anda!

Mungkin Anda kenal Hemingway? Seorang penulis top Amerika yang tahun 1950-an menjadi sorotan banyak media massa berkat karya-karya tulisnya yang monumental seperti novelnya “The Old Man and the Sea”. Ia merupakan pejuang keras dalam dunia kepenulisan. Ada juga NH. Dini, Emha Ainun Najib, Muji Sutrisno, ada Novel Ali yang jarang absen di Harian Suara Merdeka. Kemudian Gatoet Wardianto, salah seorang pejabat dari kalangan Departemen Pekerjaan Umum, beliau mulai merintis menulis dari harian Kompas. Dari kalangan pengusaha seperti Jaya Suprana. Kalau kita amati penulis-penulis itu heterogen, alias dari berbagai kalangan. Anda pun bisa karena penulis-penulis itu tidak hanya dari wartawan dan pengarang profesional. Syaratnya, Anda mau kerja keras untuk mengembangkan bakat dan rajin membaca dan menulis serta mau kreatif.

Jika Anda merasa dan yakin bahwa Anda mempunyai bakat seperti itu, dan Anda mau tekun, Anda bisa menjadi penulis seperti mereka. Anda kalau tidak mau terlalu dikejar waktu, Anda bisa bekerja di rumah dengan menjadi penulis freelance.

Anda bisa memulainya dengan mencari tempat yang enak untuk menulis biasanya adalah tempat yang tenang, tidak terlalu banyak gangguan dari luar (anak-anak atau tetangga misalnya) dan tidak sumpek atau tidak gerah, artinya cukup sejuk dengan jendela lebar untuk keluar masuknya udara segar.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika