• Psikologi komunikasi : teori dan praktek

    Psikologi komunikasi : teori dan praktek

    • Markus Utomo Sukendar
    • Deepublish
    • 2017
    • 978-602-453-397-7
    Sinopsis

    Buku ini memaparkan penjelasan yang mendalam dan unik mengenai definisi komunikasi, ruang lingkup psikologi komunikasi, berbagai pendekatan psikologi tentang manusia, faktor perilaku manusia, dan sistem komunikasi. Buku ini terdiri dari tujuh bab, bab pertama membahas psikologi komunikasi, bab dua tentang pendekatan psikologi manusia, bab tiga tentang faktor personal dan situasional perilaku manusia, bab empat tentang sistem komunikasi intrapersonal, bab lima tentang sistem komunikasi interpersonal, bab enam tentang sistem komunikasi kelompok, dan bab terakhir tentang sistem komunikasi massa. Berbicara tentang Psikologi Komunikasi, tidak dapat dilepaskan dengan komunikasi itu sendiri. Dalam sejarah perkembangan komunikasi juga banyak melibatkan banyak tokoh Psikologi di dalamnya. Setidaknya ada 3 (tiga) orang pakar Psikologi yang juga diakui sebagai Bapak Komunikasi, yaitu Carl I. Hovland, Paul Lazarfeld dan Kurt Lewin. Meskipun demikian, komunikasi tidak menjadi bagian dalam subdisiplin keilmuan psikologi. Komunikasi menembus batas atau sekat banyak disiplin ilmu, dikarenakan komunikasi digunakan sebagai jembatan atau penghubung untuk mentransfer ide atau gagasan kepada pihak-pihak lain, sehingga dapat mengubah cara pandang seseorang terhadap sesuatu hal. Menurut Ashley M sistemontagu, Komunikasi merupakan bagian yang mendasar dalam relasi dan mengubah kepribadian seseorang. Dalam hal ini, komunikasi erat kaitannya dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia, sehingga komunikasi menjadi bidang keilmuan menarik apabila dikaji dari sisi psikologi. Psikologi komunikasi memiliki makna yang luas. Pemahaman makna di dalam psikologi komunikasi, meliputi: segala bentuk penyampaian energi, gelombang suara, tanda, sistem ataupun organisme. Sebagai contoh dalam sebuah pentas musik dengan band ternama, bagaimana alam sadar audiens dibawa masuk ke dalam dimensi yang dibangun oleh band tersebut, sehingga seluruh audiens mengikuti apa yang menjadi “perintah” dari vokalis band tersebut. Kesamaan persepsi yang dibangun setelah melewati alat-alat indera otak pada peristiwa penerimaan dan mengalami pengolahan informasi disebut sebagai proses komunikasi.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240331
Kode Klasifikasi : 153.6
Judul Buku : Psikologi komunikasi : teori dan praktek
Edisi : 1
Penulis : Markus Utomo Sukendar
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2017
ISBN : 978-602-453-397-7
Tajuk Subjek : Komunikasi,Psikologi
Deskripsi : viii, 76 hlm.; 20 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Okta Ayu Melya Widanti
Buku ini memaparkan penjelasan yang mendalam dan unik mengenai definisi komunikasi, ruang lingkup psikologi komunikasi, berbagai pendekatan psikologi tentang manusia, faktor perilaku manusia, dan sistem komunikasi. Buku ini terdiri dari tujuh bab, bab pertama membahas psikologi komunikasi, bab dua tentang pendekatan psikologi manusia, bab tiga tentang faktor personal dan situasional perilaku manusia, bab empat tentang sistem komunikasi intrapersonal, bab lima tentang sistem komunikasi interpersonal, bab enam tentang sistem komunikasi kelompok, dan bab terakhir tentang sistem komunikasi massa.

Berbicara tentang Psikologi Komunikasi, tidak dapat dilepaskan dengan komunikasi itu sendiri. Dalam sejarah perkembangan komunikasi juga banyak melibatkan banyak tokoh Psikologi di dalamnya. Setidaknya ada 3 (tiga) orang pakar Psikologi yang juga diakui sebagai Bapak Komunikasi, yaitu Carl I. Hovland, Paul Lazarfeld dan Kurt Lewin. Meskipun demikian, komunikasi tidak menjadi bagian dalam subdisiplin keilmuan psikologi.

Komunikasi menembus batas atau sekat banyak disiplin ilmu, dikarenakan komunikasi digunakan sebagai jembatan atau penghubung untuk mentransfer ide atau gagasan kepada pihak-pihak lain, sehingga dapat mengubah cara pandang seseorang terhadap sesuatu hal. Menurut Ashley M sistemontagu, Komunikasi merupakan bagian yang mendasar dalam relasi dan mengubah kepribadian seseorang. Dalam hal ini, komunikasi erat kaitannya dengan perilaku dan pengalaman kesadaran manusia, sehingga komunikasi menjadi bidang keilmuan menarik apabila dikaji dari sisi psikologi.

Psikologi komunikasi memiliki makna yang luas. Pemahaman makna di dalam psikologi komunikasi, meliputi: segala bentuk penyampaian energi, gelombang suara, tanda, sistem ataupun organisme. Sebagai contoh dalam sebuah pentas musik dengan band ternama, bagaimana alam sadar audiens dibawa masuk ke dalam dimensi yang dibangun oleh band tersebut, sehingga seluruh audiens mengikuti apa yang menjadi “perintah” dari vokalis band tersebut. Kesamaan persepsi yang dibangun setelah melewati alat-alat indera otak pada peristiwa penerimaan dan mengalami pengolahan informasi disebut sebagai proses komunikasi.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika