• Penerapan Sistem Elektronika Daya: AC Regulator, DC Chopper, dan Inverter

    Penerapan Sistem Elektronika Daya: AC Regulator, DC Chopper, dan Inverter

    • Anggara Trisna Nugraha dan Rachma Prilian Eviningsih
    • Deepublish
    • 2022
    • 978-623-02-4096-6
    Sinopsis

    Ada dua jenis rangkaian pengaturan tegangan bolak-balik jika ditinjau dari frekuensi luaran yang dihasilkan, yaitu: (a) rangkaian pengaturan tegangan bolak-balik dengan hasil luaran frekuensi yang tetap seperti sumbernya, dan (b) rangkaian pengaturan tegangan bolak-balik dengan hasil luaran frekuensi yang dapat diatur. Rangkaian pertama disebut pengatur tegangan bolak-balik (AC Regulator), yakni suatu rangkaian elektronika daya yang dapat mengubah sumber tegangan bolak-balik (AC) menjadi sumber tegangan AC yang dapat diatur luarnya dengan frekuensi tetap . Rangkaian kedua disebut cycloconverter, yakni suatu rangkaian elektronika daya yang dapat mengubah sumber tegangan bolak-balik (AC) menjadi sumber tegangan AC dengan frekuensi yang dapat diatur luarnya. Komponen semikonduktor daya yang digunakan umumnya berupa SCR yang beroperasi sebagai sakelar dan pengatur. Jenis sumber tegangan masukan untuk mencatu rangkaian, baik AC Regulator maupun cycloconverter, dapat digunakan tegangan bolak-balik satu fasa maupun tiga fasa. Rangkaian AC Regulator dapat dilakukan dalam bentuk AC Regulator setengah gelombang (unidirectional) dan AC Regulator gelombang penuh (bidirectional). Pembebanan pada rangkaian penyearah terkendali juga dipasang beban resistif atau beban resistif-induktif.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Tegal
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240289
Kode Klasifikasi : 621.381
Judul Buku : Penerapan Sistem Elektronika Daya: AC Regulator, DC Chopper, dan Inverter
Edisi : 1
Penulis : Anggara Trisna Nugraha dan Rachma Prilian Eviningsih
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Bahasa Indonesia
Tahun : 2022
ISBN : 978-623-02-4096-6
Tajuk Subjek : Sistem Elektronik
Deskripsi : xiv, 159 hlm.: 23 cm
Eksemplar : 2
Stok : 2
Petugas : Rizki Arsika Yunita, S.Hum
Ada dua jenis rangkaian pengaturan tegangan bolak-balik jika ditinjau dari frekuensi luaran yang dihasilkan, yaitu: (a) rangkaian pengaturan tegangan bolak-balik dengan hasil luaran frekuensi yang tetap seperti sumbernya, dan (b) rangkaian pengaturan tegangan bolak-balik dengan hasil luaran frekuensi yang dapat diatur. Rangkaian pertama disebut pengatur tegangan bolak-balik (AC Regulator), yakni suatu rangkaian elektronika daya yang dapat mengubah sumber tegangan bolak-balik (AC) menjadi sumber tegangan AC yang dapat diatur luarnya dengan frekuensi tetap .

Rangkaian kedua disebut cycloconverter, yakni suatu rangkaian elektronika daya yang dapat mengubah sumber tegangan bolak-balik (AC) menjadi sumber tegangan AC dengan frekuensi yang dapat diatur luarnya. Komponen semikonduktor daya yang digunakan umumnya berupa SCR yang beroperasi sebagai sakelar dan pengatur. Jenis sumber tegangan masukan untuk mencatu rangkaian, baik AC Regulator maupun cycloconverter, dapat digunakan tegangan bolak-balik satu fasa maupun tiga fasa. Rangkaian AC Regulator dapat dilakukan dalam bentuk AC Regulator setengah gelombang (unidirectional) dan AC Regulator gelombang penuh (bidirectional). Pembebanan pada rangkaian penyearah terkendali juga dipasang beban resistif atau beban resistif-induktif.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika