• Etnografi toke : studi sosial ekonomi pedesaan

    Etnografi toke : studi sosial ekonomi pedesaan

    • Rawa El Amady, M.
    • Deepublish
    • 2023
    • 978-623-02-6131-2
    Sinopsis

    Toke dikenal sangat luas dan bisa dijumpai pada masyarakat pedesaan yang berdiam di pesisir dan pinggir sungai di Indonesia. Pada masyarakat pesisir dan pinggir sungai, toke sudah merupakan perlembagaan ekonomi yang sangat penting bagi kelanjutan konsumsi dan kehidupan sosial. Masyarakat desa akan mengalami ancaman kelaparan jika perlembagaan toke ini hilang pada tata tatanan sosial ekonomi masyarakat pedesaan. Toke bertindak sebagai ekosistem ekonomi desa yang menyediakan akses pasar pasca produksi, jaminan konsumsi dan produksi. Tanpa toke produksi perkebunan dan nelayan di pedesaan tidak ada yang membeli, begitu juga tidak tersedia produk kebutuhan konsumsi dasar di pedesaan. Toke juga berperan sebagai aktor kebudayaan, terutama budaya ekonomi, nilai-nilai budaya dan sosial yang hidup di pedesaan. Toke menjadi faktor penting untuk menyukseskan program-program pembangunan di pedesaan. Selain itu toke juga menjadi pintu bagi kapitalis global menjangkau ke rumah tangga di pedesaan. Buku menjelaskan aspek kultural pada toke. Selama ini toke selalu dijelaskan melalui pendekatan hubungan patron – klien. Toke sebagai patron, sedang warga yang berutang adalah klien. Studi ini menjelaskan bahwa tuake merupakan institusi ekonomi di desa yang berbasis pada budaya utang. Hubungan toke dan klien bukan hanya terbatas pada hubungan patron-klien, tetapi merupakan hubungan kultural yang berbasis utang. Toke memproduksi budaya utang untuk menjalankan perniagaannya. Warga pun memandang utang bukanlah sesuatu yang naif tetapi merupakan jalan keluar untuk ekonomi rumah tangga. Begitu juga tanpa utang, perniagaan toke tidak akan bertahan.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240257
Kode Klasifikasi : 305.8
Judul Buku : Etnografi toke : studi sosial ekonomi pedesaan
Edisi : -
Penulis : Rawa El Amady, M.
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2023
ISBN : 978-623-02-6131-2
Tajuk Subjek : Etnografi,Toke,Sosial Ekonomi
Deskripsi : xii, 145 hlm. ind. ; 23 cm
Eksemplar : 2
Stok : 2
Petugas : Putri Ayu Citra Ardhian
Toke dikenal sangat luas dan bisa dijumpai pada masyarakat pedesaan yang berdiam di pesisir dan pinggir sungai di Indonesia. Pada masyarakat pesisir dan pinggir sungai, toke sudah merupakan perlembagaan ekonomi yang sangat penting bagi kelanjutan konsumsi dan kehidupan sosial. Masyarakat desa akan mengalami ancaman kelaparan jika perlembagaan toke ini hilang pada tata tatanan sosial ekonomi masyarakat pedesaan.
Toke bertindak sebagai ekosistem ekonomi desa yang menyediakan akses pasar pasca produksi, jaminan konsumsi dan produksi. Tanpa toke produksi perkebunan dan nelayan di pedesaan tidak ada yang membeli, begitu juga tidak tersedia produk kebutuhan konsumsi dasar di pedesaan. Toke juga berperan sebagai aktor kebudayaan, terutama budaya ekonomi, nilai-nilai budaya dan sosial yang hidup di pedesaan. Toke menjadi faktor penting untuk menyukseskan program-program pembangunan di pedesaan. Selain itu toke juga menjadi pintu bagi kapitalis global menjangkau ke rumah tangga di pedesaan.
Buku menjelaskan aspek kultural pada toke. Selama ini toke selalu dijelaskan melalui pendekatan hubungan patron – klien. Toke sebagai patron, sedang warga yang berutang adalah klien. Studi ini menjelaskan bahwa tuake merupakan institusi ekonomi di desa yang berbasis pada budaya utang. Hubungan toke dan klien bukan hanya terbatas pada hubungan patron-klien, tetapi merupakan hubungan kultural yang berbasis utang. Toke memproduksi budaya utang untuk menjalankan perniagaannya. Warga pun memandang utang bukanlah sesuatu yang naif tetapi merupakan jalan keluar untuk ekonomi rumah tangga. Begitu juga tanpa utang, perniagaan toke tidak akan bertahan.
Terkait Subjek Buku yang sama

  • Etnografi komunikasi perspektif bahasa
    Etnografi komunikasi perspektif bahasa
    • Dadang S. Anshori
    • Rajawali Pers
    • 2017
    • 978-602-425-100-0
    Sinopsis

    Buku etnografi komunikasi lebih menarik, jika dilihat dari perspektif bahasa. Bahasa, mendapatkan perluasan mandat kajian dalam berbagai dimensi yang menyertai atau melekat di dalamnya. Mempelajari ... Lihat Selengkapnya

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika