• Dana desa : inovasi desa wisata menuju kemandirian keuangan desa

    Dana desa : inovasi desa wisata menuju kemandirian keuangan desa

    • Warsito Kawedar, Kurnia Dwi Hantari dan Sri Handayani
    • Deepublish
    • 2023
    • 978-623-02-6674-4
    Sinopsis

    Setiap desa berhak untuk mengatur dan mengurus urusannya sendiri termasuk dalam hal penggalian potensi kekayaan desa. Salah satu sumber keuangan yang bisa digunakan untuk mengembangkan potensi wisata desa adalah dana desa. Dana desa (DD) adalah dana APBN yang disalurkan ke desa dengan tujuan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan membiayai penyelenggaraan pemerintahan desa. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa dana ini harus diperuntukkan bagi program-program yang memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas. Pengalokasiannya pun harus memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan yang mendesak dan penting. Sesuai dengan tujuan pembangunan maka penggunaan dana desa ini harus diperuntukkan dengan matang untuk kegiatan-kegiatan yang memiliki manfaat. Beberapa contohnya adalah adanya perbaikan fasilitas kesehatan dan pendidikan, memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat, menambah lapangan pekerjaan, dan memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu di desa. Ide penulisan buku ini adalah bagaimana pemerintah desa mengoptimalisasikan dana desa yang dialokasikan oleh pemerintah pusat demi kemaslahatan penduduk desa. Penulis berharap buku ini dapat menambah wawasan bagi pemerhati untuk membuat kajian dan pengelola desa dalam membuat perencanaan dan mengeksekusi anggaran desa.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240256
Kode Klasifikasi : 336.014
Judul Buku : Dana desa : inovasi desa wisata menuju kemandirian keuangan desa
Edisi : -
Penulis : Warsito Kawedar, Kurnia Dwi Hantari dan Sri Handayani
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2023
ISBN : 978-623-02-6674-4
Tajuk Subjek : Dana Desa,Desa Wisata
Deskripsi : viii, 54 hlm. : ill. ; 23 cm
Eksemplar : 2
Stok : 2
Petugas : Putri Ayu Citra Ardhian
Setiap desa berhak untuk mengatur dan mengurus urusannya sendiri termasuk dalam hal penggalian potensi kekayaan desa. Salah satu sumber keuangan yang bisa digunakan untuk mengembangkan potensi wisata desa adalah dana desa. Dana desa (DD) adalah dana APBN yang disalurkan ke desa dengan tujuan untuk membiayai pembangunan, pemberdayaan masyarakat, dan membiayai penyelenggaraan pemerintahan desa.
Yang perlu diperhatikan adalah bahwa dana ini harus diperuntukkan bagi program-program yang memberikan manfaat bagi masyarakat secara luas. Pengalokasiannya pun harus memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan yang mendesak dan penting. Sesuai dengan tujuan pembangunan maka penggunaan dana desa ini harus diperuntukkan dengan matang untuk kegiatan-kegiatan yang memiliki manfaat. Beberapa contohnya adalah adanya perbaikan fasilitas kesehatan dan pendidikan, memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat, menambah lapangan pekerjaan, dan memenuhi kebutuhan masyarakat kurang mampu di desa.
Ide penulisan buku ini adalah bagaimana pemerintah desa mengoptimalisasikan dana desa yang dialokasikan oleh pemerintah pusat demi kemaslahatan penduduk desa. Penulis berharap buku ini dapat menambah wawasan bagi pemerhati untuk membuat kajian dan pengelola desa dalam membuat perencanaan dan mengeksekusi anggaran desa.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika