• Pengantar metode penelitian kualitatif ilmu komunikasi

    Pengantar metode penelitian kualitatif ilmu komunikasi

    • Yudo Tri Artanto, A., Syatir dan Adhi Dharma Suriyanto
    • Deepublish
    • 2023
    • 978-623-02-6755-0
    Sinopsis

    Di dalam kehidupan sehari-harinya manusia kerap berkomunikasi. Baik kepada dirinya sendiri, sesamanya, Sang Maha Pencipta, maupun kepada hewan peliharaannya. Meski demikian, lingkup kajian ilmu komunikasi hanya terbatas pada komunikasi manusia dengan segala aktivitas atau peristiwanya yang terkait dengan persoalan ekonomi, politik, hukum, sosial, budaya, dan lainnya. Pada hakikatnya, semenjak bayi, balita, kanak-kanak, remaja, hingga dewasa, kegiatan komunikasi memang sangat lekat dengan kehidupan manusia. Entah menggunakan bahasa nonverbal atau verbal, prinsipnya manusia ingin berkomunikasi yang didorong oleh penggunaan peralatan jasmaniah dan peralatan rohaniahnya yang bekerja secara simultan. Komunikasi merupakan penyampaian dan pertukaran pesan antarmanusia berupa lambang, simbol, tanda, yang mengandung makna. Pada konteks ilmu komunikasi, lambang komunikasi dimaknai sebagai tanda yang mengandung arti yang digunakan dalam proses komunikasi. Dalam hal ini, fungsi lambang komunikasi untuk mewujudkan isi pernyataan atau pesan dari bentuknya yang abstrak menjadi konkret. Buku dengan judul Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Komunikasi ini membahas mulai dari: hakikat komunikasi sebagai ilmu; teori ilmu komunikasi; ruang lingkup penelitian komunikasi; metodologi, karakteristik, paradigma dan tradisi penelaahan secara kualitatif dalam bidang ilmu komunikasi; hingga tahapan pengkajian dan analisis. Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca sekalian sebagai referensi yang dapat memperkaya khazanah kepustakaan dan ilmu pengetahuan. Selamat membaca!

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98, Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240250
Kode Klasifikasi : 302.2
Judul Buku : Pengantar metode penelitian kualitatif ilmu komunikasi
Edisi : -
Penulis : Yudo Tri Artanto, A., Syatir dan Adhi Dharma Suriyanto
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2023
ISBN : 978-623-02-6755-0
Tajuk Subjek : Ilmu Komunikasi,Metode Penelitian Kualitatif
Deskripsi : x, 93 hlm. : 23 cm
Eksemplar : 3
Stok : 3
Petugas : Putri Ayu Citra Ardhian
Di dalam kehidupan sehari-harinya manusia kerap berkomunikasi. Baik kepada dirinya sendiri, sesamanya, Sang Maha Pencipta, maupun kepada hewan peliharaannya. Meski demikian, lingkup kajian ilmu komunikasi hanya terbatas pada komunikasi manusia dengan segala aktivitas atau peristiwanya yang terkait dengan persoalan ekonomi, politik, hukum, sosial, budaya, dan lainnya. Pada hakikatnya, semenjak bayi, balita, kanak-kanak, remaja, hingga dewasa, kegiatan komunikasi memang sangat lekat dengan kehidupan manusia. Entah menggunakan bahasa nonverbal atau verbal, prinsipnya manusia ingin berkomunikasi yang didorong oleh penggunaan peralatan jasmaniah dan peralatan rohaniahnya yang bekerja secara simultan.
Komunikasi merupakan penyampaian dan pertukaran pesan antarmanusia berupa lambang, simbol, tanda, yang mengandung makna. Pada konteks ilmu komunikasi, lambang komunikasi dimaknai sebagai tanda yang mengandung arti yang digunakan dalam proses komunikasi. Dalam hal ini, fungsi lambang komunikasi untuk mewujudkan isi pernyataan atau pesan dari bentuknya yang abstrak menjadi konkret.
Buku dengan judul Pengantar Metode Penelitian Kualitatif Ilmu Komunikasi ini membahas mulai dari: hakikat komunikasi sebagai ilmu; teori ilmu komunikasi; ruang lingkup penelitian komunikasi; metodologi, karakteristik, paradigma dan tradisi penelaahan secara kualitatif dalam bidang ilmu komunikasi; hingga tahapan pengkajian dan analisis.
Semoga buku ini bermanfaat bagi pembaca sekalian sebagai referensi yang dapat memperkaya khazanah kepustakaan dan ilmu pengetahuan. Selamat membaca!
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika