• Dampak wisata event bagi daerah

    Dampak wisata event bagi daerah

    • Andy Kurniawan.dkk
    • Deepublish
    • 2022
    • 978-623-02-5599-1
    Sinopsis

    Pada era globalisasi, sektor pariwisata merupakan industri terbesar dan terkuat dalam pembiayaan ekonomi global. Industri pariwisata kebal akan krisis global, di saat perekonomian global terpuruk, pertumbuhan pariwisata di Indonesia tetap tumbuh (Supriono, 2017). Menurut Puspita (2018) pengembangan pаrіwіsаta menjadi sаlаh sаtu cаrа untuk dаpаt mempromosikan destinasi wіsаta, sеmаkіn bаnyаk perkembangan yang dilakukan mаkа аkаn sеmаkіn banyak wisatawan yang ingin berkunjung kе destinasi wіsаta tеrsеbut. Salah satu bentuk dari pengembangan wisata ini adalah melalui penyelenggaraan event pariwisata. Event pariwisata dianggap sebagai salah satu ajang untuk memperkenalkan potensi daerah dan menarik minat berkunjung wisatawan. Indonesia sendiri memiliki beberapa event tahunan yang sudah bertaraf internasional seperti Jember Fashion Carnaval dari Kota Jember dan Banyuwangi Ethno Carnival dari Banyuwangi. Sebanyak seratus event unggulan diselenggarakan di Indonesia yang tidak hanya menarik perhatian wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara. Berbagai negara di dunia juga memiliki beragam event menarik yang rutin diadakan setiap tahunnya. Beragam tema ditampilkan dengan mengangkat keunikan dari negara masing-masing. Sejak beberapa dekade terakhir, jumlah festival meningkat dengan pesat dimana hal ini memberikan kesempatan bagi penyelenggaraan event untuk membagi kebudayaan lokal mereka kepada pengunjung luar daerah atau kegiatan wisata normal lainnya (Jafari, 2000). Adanya penyelenggaraan event atau atraksi lainnya di sebuah negara menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang hadir. Beberapa tema yang diusung dalam event wisata ini termasuk budaya, kuliner, fashion, hingga pertanian. Penyelenggaraan event ini pun dikemas dengan konsep modern ataupun tradisional. Salah satu contoh penyelenggaraan event pariwisata dengan tema fashion adalah Rio de Janeiro Carnival yang diadakan di Brazil. Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya: Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Diskusi Wacana Bab 3 Tata Proses Penindaklanjutan Bab 4 Gambaran Umum Kota Batu Bab 5 Paparan Komprehensif Bab 6 Segmen Diskusi Bab 7 Penali Akhir

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240236
Kode Klasifikasi : 910.92
Judul Buku : Dampak wisata event bagi daerah
Edisi : 1
Penulis : Andy Kurniawan.dkk
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2022
ISBN : 978-623-02-5599-1
Tajuk Subjek : Paket Wisata,wisata event
Deskripsi : viii, 118 hlm. : ill. ; 23 cm
Eksemplar : 2
Stok : 2
Petugas : Nunung Dwi Aminawati
Pada era globalisasi, sektor pariwisata merupakan industri terbesar dan terkuat dalam pembiayaan ekonomi global. Industri pariwisata kebal akan krisis global, di saat perekonomian global terpuruk, pertumbuhan pariwisata di Indonesia tetap tumbuh (Supriono, 2017). Menurut Puspita (2018) pengembangan pаrіwіsаta menjadi sаlаh sаtu cаrа untuk dаpаt mempromosikan destinasi wіsаta, sеmаkіn bаnyаk perkembangan yang dilakukan mаkа аkаn sеmаkіn banyak wisatawan yang ingin berkunjung kе destinasi wіsаta tеrsеbut. Salah satu bentuk dari pengembangan wisata ini adalah melalui penyelenggaraan event pariwisata. Event pariwisata dianggap sebagai salah satu ajang untuk memperkenalkan potensi daerah dan menarik minat berkunjung wisatawan. Indonesia sendiri memiliki beberapa event tahunan yang sudah bertaraf internasional seperti Jember Fashion Carnaval dari Kota Jember dan Banyuwangi Ethno Carnival dari Banyuwangi. Sebanyak seratus event unggulan diselenggarakan di Indonesia yang tidak hanya menarik perhatian wisatawan domestik, namun juga wisatawan mancanegara.

Berbagai negara di dunia juga memiliki beragam event menarik yang rutin diadakan setiap tahunnya. Beragam tema ditampilkan dengan mengangkat keunikan dari negara masing-masing. Sejak beberapa dekade terakhir, jumlah festival meningkat dengan pesat dimana hal ini memberikan kesempatan bagi penyelenggaraan event untuk membagi kebudayaan lokal mereka kepada pengunjung luar daerah atau kegiatan wisata normal lainnya (Jafari, 2000). Adanya penyelenggaraan event atau atraksi lainnya di sebuah negara menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang hadir.

Beberapa tema yang diusung dalam event wisata ini termasuk budaya, kuliner, fashion, hingga pertanian. Penyelenggaraan event ini pun dikemas dengan konsep modern ataupun tradisional. Salah satu contoh penyelenggaraan event pariwisata dengan tema fashion adalah Rio de Janeiro Carnival yang diadakan di Brazil.

Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:

Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Diskusi Wacana
Bab 3 Tata Proses Penindaklanjutan
Bab 4 Gambaran Umum Kota Batu
Bab 5 Paparan Komprehensif
Bab 6 Segmen Diskusi
Bab 7 Penali Akhir
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika