• Pengelolaan ekosistem mangrove berbasis kolaboratif : pengembangan ekowisata di lembar kabupaten Lombok Barat

    Pengelolaan ekosistem mangrove berbasis kolaboratif : pengembangan ekowisata di lembar kabupaten Lombok Barat

    • Sukuryadi, Ibrahim dan Harry Irawan Johari
    • Deepublish
    • 2022
    • 978-623-02-4392-9
    Sinopsis

    Pembangunan wilayah pesisir tidak terlepas dari pemanfaatan sumber daya alam pesisir. Semakin tinggi aktivitas pembangunan di wilayah pesisir, maka semakin tinggi pula pemanfaatan sumber daya alam pesisir, sehingga akan berpengaruh pada kelestarian lingkungan hidup di wilayah pesisir. Oleh karena itu, pembangunan di kawasan pesisir harus memperhatikan aspek-aspek ekologis, sosial ekonomi dan kelembagaan sehingga potensi sumber daya alam pesisir dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dan dapat menjamin perekonomian masyarakat pesisir. Ekosistem mangrove merupakan salah satu ekosistem produktif di wilayah pesisir dengan komposisi tumbuhan, struktur hutan, maupun laju pertumbuhan sangat bervariasi. Hutan mangrove mempunyai peran strategis baik secara ekologis maupun ekonomis (Hidayatullah dan Pujiono, 2014; Harahab et al., 2018). Fungsi ekologis dari hutan mangrove antara lain ialah sebagai penyedia nutrien, sebagai tempat pemijahan, sebagai tempat pembesaran bagi biota-biota laut tertentu (seperti ikan, udang, dan kepiting), sebagai penahan abrasi pantai dan pelindung garis pantai, penyerap limbah dan perlindungan erhadap badai, tsunami dan kenaikan muka air laut (Jesus, 2012; Santos et al.,2014; Purwanti et al.,2018). Konsep ekowisata mangrove berbasis kolaboratif menjadi salah satu bentuk pengelolaan yang tepat untuk menjamin keberlanjutan ekologi dan ekonomi. Melalui buku yang ditulis secara lengkap dan lugas ini, diharapkan dapat membantu pemerhati lingkungan dalam meningkatkan komitmen dan partisipasi pemerintah dan masyarakat pada nilai kearifan lokal ekosistem mangrove.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kaliabang, Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 230142
Kode Klasifikasi : 915.986
Judul Buku : Pengelolaan ekosistem mangrove berbasis kolaboratif : pengembangan ekowisata di lembar kabupaten Lombok Barat
Edisi : -
Penulis : Sukuryadi, Ibrahim dan Harry Irawan Johari
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2022
ISBN : 978-623-02-4392-9
Tajuk Subjek : Ekosistem,Ekowisata
Deskripsi : xx, 189 hlm. : ill. ; 20 cm
Eksemplar : 5
Stok : 5
Petugas : Putri Ayu Citra Ardhian
Pembangunan wilayah pesisir tidak terlepas dari pemanfaatan sumber daya alam pesisir. Semakin tinggi aktivitas pembangunan di wilayah pesisir, maka semakin tinggi pula pemanfaatan sumber daya alam pesisir, sehingga akan berpengaruh pada kelestarian lingkungan hidup di wilayah pesisir. Oleh karena itu, pembangunan di kawasan pesisir harus memperhatikan aspek-aspek ekologis, sosial ekonomi dan kelembagaan sehingga potensi sumber daya alam pesisir dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dan dapat menjamin perekonomian masyarakat pesisir.
Ekosistem mangrove merupakan salah satu ekosistem produktif di wilayah pesisir dengan komposisi tumbuhan, struktur hutan, maupun laju pertumbuhan sangat bervariasi. Hutan mangrove mempunyai peran strategis baik secara ekologis maupun ekonomis (Hidayatullah dan Pujiono, 2014; Harahab et al., 2018). Fungsi ekologis dari hutan mangrove antara lain ialah sebagai penyedia nutrien, sebagai tempat pemijahan, sebagai tempat pembesaran bagi biota-biota laut tertentu (seperti ikan, udang, dan kepiting), sebagai penahan abrasi pantai dan pelindung garis pantai, penyerap limbah dan perlindungan erhadap badai, tsunami dan kenaikan muka air laut (Jesus, 2012; Santos et al.,2014; Purwanti et al.,2018).
Konsep ekowisata mangrove berbasis kolaboratif menjadi salah satu bentuk pengelolaan yang tepat untuk menjamin keberlanjutan ekologi dan ekonomi. Melalui buku yang ditulis secara lengkap dan lugas ini, diharapkan dapat membantu pemerhati lingkungan dalam meningkatkan komitmen dan partisipasi pemerintah dan masyarakat pada nilai kearifan lokal ekosistem mangrove.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika