• Kearifan Lokal Suku Bajo dalam Pelestarian Laut dan Pesisir

    Kearifan Lokal Suku Bajo dalam Pelestarian Laut dan Pesisir

    • Nur Ihsan, dkk
    • Deepublish
    • 2022
    • 978-623-02-4170-3
    Sinopsis

    Kearifan lokal merupakan warisan leluhur dalam tata nilai kehidupan yang menyatu dalam bentuk religi, budaya, dan adat istiadat. Kearifan lokal yang selaras dengan pelestarian alam patut untuk dipelajari dan dilanjutkan. Hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki kearifan lokal. Akan tetapi, kearifan lokal seringkali dilupakan oleh generasi muda. Suku Bajo merupakan sekumpulan orang yang menggantungkan hidupnya di laut. Seluruh aktivitas mereka dihabiskan di atas perahu, sehingga mereka dikenal dengan julukan suku nomaden laut. Masyarakat suku Bajo mempunyai prinsip bahwa laut adalah segalanya. Laut merupakan cermin dari kehidupan masa lalu, kekinian, dan harapan masa depan. Setelah dikaji secara ilmiah, nilai-nilai kearifan lokal suku Bajo perlu dicontoh oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama para mahasiswa dalam hal komitmen dalam pelestarian ekosistem laut. Nilai-nilai budaya lokal yang mulai terabaikan dalam kehidupan masyarakat saat ini adalah sebuah isu penting untuk diangkat dalam pembelajaran. Pelestarian laut dan pesisir pada masyarakat suku Bajo di Lemo Bajo mempercayai tata aturan adat yang tidak boleh dilanggar saat melakukan aktivitas di laut dan pesisir yang dapat melestarikannya. Buku ini membahas detail kearifan lokal suku Bajo dalam kaitannya dengan pelestarian laut dan pesisir, ecotourism, dan biota laut. Di samping detail kearifan lokal, buku ini juga dilengkapi dengan konsep pengantar tentang lingkungan hidup, kearifan lokal, ecotourism, dan etika lingkungan.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kaliabang, Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 230137
Kode Klasifikasi : 910.2
Judul Buku : Kearifan Lokal Suku Bajo dalam Pelestarian Laut dan Pesisir
Edisi : 1
Penulis : Nur Ihsan, dkk
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2022
ISBN : 978-623-02-4170-3
Tajuk Subjek : Ecotourism
Deskripsi : xviii, 100 hlm,14x20cm
Eksemplar : 3
Stok : 3
Petugas : Nunung Dwi Aminawati
Kearifan lokal merupakan warisan leluhur dalam tata nilai kehidupan yang menyatu dalam bentuk religi, budaya, dan adat istiadat. Kearifan lokal yang selaras dengan pelestarian alam patut untuk dipelajari dan dilanjutkan. Hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki kearifan lokal. Akan tetapi, kearifan lokal seringkali dilupakan oleh generasi muda.

Suku Bajo merupakan sekumpulan orang yang menggantungkan hidupnya di laut. Seluruh aktivitas mereka dihabiskan di atas perahu, sehingga mereka dikenal dengan julukan suku nomaden laut. Masyarakat suku Bajo mempunyai prinsip bahwa laut adalah segalanya. Laut merupakan cermin dari kehidupan masa lalu, kekinian, dan harapan masa depan.

Setelah dikaji secara ilmiah, nilai-nilai kearifan lokal suku Bajo perlu dicontoh oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama para mahasiswa dalam hal komitmen dalam pelestarian ekosistem laut. Nilai-nilai budaya lokal yang mulai terabaikan dalam kehidupan masyarakat saat ini adalah sebuah isu penting untuk diangkat dalam pembelajaran. Pelestarian laut dan pesisir pada masyarakat suku Bajo di Lemo Bajo mempercayai tata aturan adat yang tidak boleh dilanggar saat melakukan aktivitas di laut dan pesisir yang dapat melestarikannya.

Buku ini membahas detail kearifan lokal suku Bajo dalam kaitannya dengan pelestarian laut dan pesisir, ecotourism, dan biota laut. Di samping detail kearifan lokal, buku ini juga dilengkapi dengan konsep pengantar tentang lingkungan hidup, kearifan lokal, ecotourism, dan etika lingkungan.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika