• Menggagas agro-eduwisata tumba : menuju kemandirian masyarakat

    Menggagas agro-eduwisata tumba : menuju kemandirian masyarakat

    • Marini Susanti Hamidun
    • Deepublish
    • 2021
    • 978-623-02-2712-7
    Sinopsis

    Buku ini berisi kajian pengembangan agro-eduwisata di Dusun Tumba Kabupaten Gorontalo. Dusun Tumba dihuni oleh masyarakat petani yang menggarap lahannya dengan sistem pertanian kebun campur (agroforestri) tanaman budidaya, seperti kakao, cengkeh, kelapa, kopi, durian, pala, lada, kemiri, kayu manis, cabai, dan jagung. Sehubungan dengan Dusun Tumba yang berada di kawasan hutan produksi, maka buku ini juga berisi sekilas potret buram pengelolaan hutan saat ini serta dampak kerusakan yang ditimbulkannya. Pertumbuhan industri kehutanan dan pengolahan kayu serta perkebunan telah memicu meningkatnya pemberian izin Hak Pengusahaan Hutan (HPH) kepada industri-industri berskala besar. Dalam praktek pengelolaannya lebih sering terjadi eksploitasi yang berlebihan, yang mengakibatkan kerusakan dan degradasi kawasan. Gagasan pengembangan agro-eduwisata di Dusun Tumba merupakan salah satu alternatif sistem pertanian berkelanjutan. Sistem agroforestri Dusun Tumba menjadi potensi sarana edukasi dan daya tarik wisata. Atraksi agro-eduwisata yang ditawarkan, selain pengalaman hidup bermasyarakat di desa, juga berupa pengenalan dan pengetahuan tentang biodiversitas, pengetahuan dan pengalaman bersama petani pada saat persiapan lahan, pembibitan, penanaman dengan teknik budidaya, pemanenan dan pengolahan pasca panen, baik secara tradisional maupun dengan sentuhan teknologi modern, hingga pada pemasaran produk. Gagasan Agro-Eduwisata Tumba diharapkan akan menjadi salah satu bisnis di bidang pertanian yang diyakini akan mampu meningkatkan produksivitas pertanian masyarakat beserta diversifikasinya, serta mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Dusun Tumba.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kaliabang, Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 220290
Kode Klasifikasi : 910.2
Judul Buku : Menggagas agro-eduwisata tumba : menuju kemandirian masyarakat
Edisi : -
Penulis : Marini Susanti Hamidun
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2021
ISBN : 978-623-02-2712-7
Tajuk Subjek : Eduwisata
Deskripsi : xii, 94 hlm. ; 23 cm
Eksemplar : 4
Stok : 4
Petugas : Oktari Sunaringsih
Buku ini berisi kajian pengembangan agro-eduwisata di Dusun Tumba Kabupaten Gorontalo. Dusun Tumba dihuni oleh masyarakat petani yang menggarap lahannya dengan sistem pertanian kebun campur (agroforestri) tanaman budidaya, seperti kakao, cengkeh, kelapa, kopi, durian, pala, lada, kemiri, kayu manis, cabai, dan jagung.

Sehubungan dengan Dusun Tumba yang berada di kawasan hutan produksi, maka buku ini juga berisi sekilas potret buram pengelolaan hutan saat ini serta dampak kerusakan yang ditimbulkannya. Pertumbuhan industri kehutanan dan pengolahan kayu serta perkebunan telah memicu meningkatnya pemberian izin Hak Pengusahaan Hutan (HPH) kepada industri-industri berskala besar. Dalam praktek pengelolaannya lebih sering terjadi eksploitasi yang berlebihan, yang mengakibatkan kerusakan dan degradasi kawasan.

Gagasan pengembangan agro-eduwisata di Dusun Tumba merupakan salah satu alternatif sistem pertanian berkelanjutan. Sistem agroforestri Dusun Tumba menjadi potensi sarana edukasi dan daya tarik wisata. Atraksi agro-eduwisata yang ditawarkan, selain pengalaman hidup bermasyarakat di desa, juga berupa pengenalan dan pengetahuan tentang biodiversitas, pengetahuan dan pengalaman bersama petani pada saat persiapan lahan, pembibitan, penanaman dengan teknik budidaya, pemanenan dan pengolahan pasca panen, baik secara tradisional maupun dengan sentuhan teknologi modern, hingga pada pemasaran produk. Gagasan Agro-Eduwisata Tumba diharapkan akan menjadi salah satu bisnis di bidang pertanian yang diyakini akan mampu meningkatkan produksivitas pertanian masyarakat beserta diversifikasinya, serta mampu meningkatkan ekonomi masyarakat Dusun Tumba.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika