• Cina pesisir : jaringan bisnis orang-orang cina di pesisir utara jawa timur sekitar abad XVIII

    Cina pesisir : jaringan bisnis orang-orang cina di pesisir utara jawa timur sekitar abad XVIII

    • Retno Winarni
    • Pustaka Larasan
    • 2009
    • 979379032-9
    Sinopsis

    Orang -orang Cina sebagai etnis yang berasal dari luar wilayah Indonesia yang membentuk pemukiman-pemukiman kecil sudah terjadi sebelum orang-orang Eropa, terutama di bandar-bandar perdagangan di pantai-pantai wilayah Nusantara. Sepanjang Pesisir Jawa, masyarakat pedagang bangsa Cina mempunyai kedudukan yang penting sehingga telah terjadi sejumlah perkawinan antara orang-orang Cina dengan penduduk pribumi setempat dan banyak juga yang akhirnya memeluk agama Islam. Pada abad XVIII di bawah kekuasaan Belanda, orang Cina telah datang dalam jumlah yang besar. Mereka berkecimpung dalam kegiatan ekonomi perdagangan, dan sebagai pedagang perantara (middleman), yang menyalurkan barang-barang perdagangan dari pihak penguasa ke pihak penduduk setempat. Di wilayah pedalaman Jawa, orang-orang Cina menjadi pengrajin, petani maupun sebagai pemborong pajak jalan-jalan tol, kegiatan mereka ikut mewarnai kondisi politik, ekonomi maupun sosial pada zamannya.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kaliabang
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 214143
Kode Klasifikasi : 931
Judul Buku : Cina pesisir : jaringan bisnis orang-orang cina di pesisir utara jawa timur sekitar abad XVIII
Edisi : -
Penulis : Retno Winarni
Penerbit : Pustaka Larasan
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2009
ISBN : 979379032-9
Tajuk Subjek : Cina Pesisir
Deskripsi : viii, 170 hlm. ; 21 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Nunung Dwi Aminawati
Orang -orang Cina sebagai etnis yang berasal dari luar wilayah Indonesia yang membentuk pemukiman-pemukiman kecil sudah terjadi sebelum orang-orang Eropa, terutama di bandar-bandar perdagangan di pantai-pantai wilayah Nusantara. Sepanjang Pesisir Jawa, masyarakat pedagang bangsa Cina mempunyai kedudukan yang penting sehingga telah terjadi sejumlah perkawinan antara orang-orang Cina dengan penduduk pribumi setempat dan banyak juga yang akhirnya memeluk agama Islam.
Pada abad XVIII di bawah kekuasaan Belanda, orang Cina telah datang dalam jumlah yang besar. Mereka berkecimpung dalam kegiatan ekonomi perdagangan, dan sebagai pedagang perantara (middleman), yang menyalurkan barang-barang perdagangan dari pihak penguasa ke pihak penduduk setempat. Di wilayah pedalaman Jawa, orang-orang Cina menjadi pengrajin, petani maupun sebagai pemborong pajak jalan-jalan tol, kegiatan mereka ikut mewarnai kondisi politik, ekonomi maupun sosial pada zamannya.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika