• Media Relations : konsep, pendekatan, dan praktik

    Media Relations : konsep, pendekatan, dan praktik

    • Yosal Iriantara
    • Simbiosa Rekatama Media
    • 2005
    • 979-378-212-9
    Sinopsis

    Public Relations (PR) pada dasarnya bertumpu pada komunikasi dan relasi. Melalui PR, organisasi berkomunikasi dan menjalin relasi dengan publik-publiknya. Dalam menjalin komunikasi dan relasi dengan publik-publiknya, organisasi memerlukan media massa. Karena itu, Media Relations menjadi bidang penting dalam dunia PR. Ada dua sisi yang hendak dijangkau melalui media relations. Pertama, menjalin hubungan baik dan berkomunikasi dengan media massa. Kedua, menjadikan media massa sebagai mitra agar organisasi bisa berkomunikasi dengan publik-publiknya. Itu sebabnya, media relations menjadi sangat strategis bagi organisasi. Apalagi, dalam berkomunikasi dan menjalin relasi itu, organisasi pun menggunakan media massa untuk menjaga reputasinya. OLeh sebab itu, penting sekali bagi (calon) praktisi PR untuk memahami seluk-beluk dunia media massa. Untuk bisa memahami media massa itu, mereka perlu memahami mediascape Indonesia mutakhir. Karena dunia media massa Indonesia mengalami perubahan mendasar sejak reformasi bergulir di bumi pertiwi. Ditambah lagi dengan munculnya media baru, khususnya yang memanfaatkan internet, yang memungkinkan juga munculnya praktik e-public, relations atau cyber-public relations. Buku ini membahas konsep-konsep dasar PR yang perlu dipahami dalam upaya menjalin hubungan yang baik dengan media massa. Selain itu dibahas pula beberapa pendekatan yang lazim dilakukan dalam media relations, serta sisi-sisi praktis media relations.Dalam buku ini ditunjukkan beberapa contoh praktis kegiatan media relations, termasuk contoh media relations dalam situasi krisis. Karena itu, buku ini penting dibaca oleh para mahasiswa PR, lulusan studi PR yang hendak berkecimpung dalam dunia PR, Konsultan PR, dan para peminat PR.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kalimalang, Cengkareng
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 211335
Kode Klasifikasi : 659.2
Judul Buku : Media Relations : konsep, pendekatan, dan praktik
Edisi : -
Penulis : Yosal Iriantara
Penerbit : Simbiosa Rekatama Media
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2005
ISBN : 979-378-212-9
Tajuk Subjek : Humas
Deskripsi : 248 hal, 23 cm
Eksemplar : 4
Stok : 4
Petugas : Arum Johan Purnamasari
Public Relations (PR) pada dasarnya bertumpu pada komunikasi dan relasi. Melalui PR, organisasi berkomunikasi dan menjalin relasi dengan publik-publiknya. Dalam menjalin komunikasi dan relasi dengan publik-publiknya, organisasi memerlukan media massa. Karena itu, Media Relations menjadi bidang penting dalam dunia PR.

Ada dua sisi yang hendak dijangkau melalui media relations. Pertama, menjalin hubungan baik dan berkomunikasi dengan media massa. Kedua, menjadikan media massa sebagai mitra agar organisasi bisa berkomunikasi dengan publik-publiknya. Itu sebabnya, media relations menjadi sangat strategis bagi organisasi. Apalagi, dalam berkomunikasi dan menjalin relasi itu, organisasi pun menggunakan media massa untuk menjaga reputasinya.

OLeh sebab itu, penting sekali bagi (calon) praktisi PR untuk memahami seluk-beluk dunia media massa. Untuk bisa memahami media massa itu, mereka perlu memahami mediascape Indonesia mutakhir. Karena dunia media massa Indonesia mengalami perubahan mendasar sejak reformasi bergulir di bumi pertiwi. Ditambah lagi dengan munculnya media baru, khususnya yang memanfaatkan internet, yang memungkinkan juga munculnya praktik e-public, relations atau cyber-public relations.

Buku ini membahas konsep-konsep dasar PR yang perlu dipahami dalam upaya menjalin hubungan yang baik dengan media massa. Selain itu dibahas pula beberapa pendekatan yang lazim dilakukan dalam media relations, serta sisi-sisi praktis media relations.Dalam buku ini ditunjukkan beberapa contoh praktis kegiatan media relations, termasuk contoh media relations dalam situasi krisis.

Karena itu, buku ini penting dibaca oleh para mahasiswa PR, lulusan studi PR yang hendak berkecimpung dalam dunia PR, Konsultan PR, dan para peminat PR.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika