• Kisah-kisah Al-Quran : antara fakta dan metafora

    Kisah-kisah Al-Quran : antara fakta dan metafora

    • Ma'rifat, M.H
    • Citra
    • 2013
    • 978-979-26-0725-3
    Sinopsis

    Terdapat lima tema pokok yang mendapat perhatian lebih di dalam al-Quran, yaitu tema tentang Allah (teologis), alam semesta(kosmologis), kisah Qurani, hari kebangkitan dan balasan (eskatologis), serta edukasi dan tasyri'. Tema tentang kisah ini merupakan pembicaraan yang paling luas di dalam al-Quran dibandingkan dengan tema-tema lainnya. Dalam memandang kisah-kisah al-Quran setidaknya ada dua trend aliran ata mazhab pemikiran. Mazhab pertama berpandangan bahwa materi dalam fragmen sejarah tertentu. maksudnya, kisah-kisah tersebut merupakan fakta yang sebenarnya. Mazhab kedua lebih menilai kisah dalam al-Quran sebagai metafora, sebagaimana berlaku dalam tradisi kesusastraan sehingga materi kisah yang di suguhkan tiadak harus berangkat dari peristiwa-peristiwa faktual-histori. Bisa jadi kisah-kisah tersebut hanya sebuah "khayalan", atau lebih tepatnya "cerita rakyat" (Folklore) yang tiadak memiliki kebenaran kesejarahan di dalam dirinya. Buku kisah-kisah al-Quran : Antara Fakta dan Metafora ditulis untuk menjawab dan menepis sejumlah isu miring (syubuhat) seputar al-Quran, baik yang dilontarkan oleh kalangan orientalis-islamisis maupun sarjana muslim sendiri yang, dalam pandangan M.H. Ma'rifat, terpengaruh oleh mereka. Sebuah analisis mempesona bagi para pemerhati al-Quran dan rahasia-rahasianya

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kaliabang
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 210592
Kode Klasifikasi : 2X1
Judul Buku : Kisah-kisah Al-Quran : antara fakta dan metafora
Edisi : -
Penulis : Ma'rifat, M.H
Penerbit : Citra
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2013
ISBN : 978-979-26-0725-3
Tajuk Subjek : Al-Qur'an dan Ilmu yang berkaitan
Deskripsi : 272 hlm. ; 20 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Ayu Intansari, S.Kom
Terdapat lima tema pokok yang mendapat perhatian lebih di dalam al-Quran, yaitu tema tentang Allah (teologis), alam semesta(kosmologis), kisah Qurani, hari kebangkitan dan balasan (eskatologis), serta edukasi dan tasyri'. Tema tentang kisah ini merupakan pembicaraan yang paling luas di dalam al-Quran dibandingkan dengan tema-tema lainnya.

Dalam memandang kisah-kisah al-Quran setidaknya ada dua trend aliran ata mazhab pemikiran. Mazhab pertama berpandangan bahwa materi dalam fragmen sejarah tertentu. maksudnya, kisah-kisah tersebut merupakan fakta yang sebenarnya. Mazhab kedua lebih menilai kisah dalam al-Quran sebagai metafora, sebagaimana berlaku dalam tradisi kesusastraan sehingga materi kisah yang di suguhkan tiadak harus berangkat dari peristiwa-peristiwa faktual-histori. Bisa jadi kisah-kisah tersebut hanya sebuah "khayalan", atau lebih tepatnya "cerita rakyat" (Folklore) yang tiadak memiliki kebenaran kesejarahan di dalam dirinya.

Buku kisah-kisah al-Quran : Antara Fakta dan Metafora ditulis untuk menjawab dan menepis sejumlah isu miring (syubuhat) seputar al-Quran, baik yang dilontarkan oleh kalangan orientalis-islamisis maupun sarjana muslim sendiri yang, dalam pandangan M.H. Ma'rifat, terpengaruh oleh mereka.

Sebuah analisis mempesona bagi para pemerhati al-Quran dan rahasia-rahasianya
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika