• Pendidikan pancasila : menempatkan pancasila dalam konteks keislaman dan keindonesiaan

    Pendidikan pancasila : menempatkan pancasila dalam konteks keislaman dan keindonesiaan

    • Syamsudin, M dkk
    • Total Media
    • 2009
    • 979-1519-27-7
    Sinopsis

    Buku ini disusun sebagai bahan atau materi dalam memberikan kuliah Pendidikan Pancasila di lingkungan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Isinya mengacu pada Silabus dan Kurikulum Pendidikan Pancasila yang disusun oleh Dirjen Dikti dengan inovasi-inovasi yang disesuaikan dengan visi pendidikan di Ull. Bahan-bahan penyusunan buku ini merujuk pada buku-buku acuan wajib dan penunjang Pendidikan Pancasila dan disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi dewasa ini. Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berada di tengah-tengah masyarakat Indonesia, sangat berkepentingan untuk melaksanakan Pendidikan Pancasila. Hal ini didasarkan pada fakta sejarah bahwa berdirinya Ull (dulu Sekolah Tinggi Islam) dibidani oleh para pendiri negara RI yang notabene adalah para perumus Pancasila, seperti Moh. Hatta, Kahar Mudzakir, Wahid Hasyim, dan Ki Bagus Hadikusuma. Para pendiri Ull sekaligus pendiri negara tersebut berharap agar negara Indonesia merdeka yang berdasar pada Pancasila itu dapat diwariskan kepada generasi bangsa berikutnya (terutama Islam) agar kelak dapat mengisi kemerdekaan dengan tetap dapat mengembangkan dua wawasan sekaligus yakni wawasan Ke-Islaman sebagai dasar agama yang dipeluknya juga wawasan ke-lndonesiaan sebagai dasar kebangsaannya. Inilah kekhasan Pendidikan Pancasila yang ingin dikembangkan di Ull, wawasan Ke-Islaman dan Ke-Indonesiaan yang terintegrasi.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kaliabang, Kalimalang, Dewi Sartika B, Solo, Purwokerto, Tegal, Cengkareng, Pontianak
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 206531
Kode Klasifikasi : 320.509598
Judul Buku : Pendidikan pancasila : menempatkan pancasila dalam konteks keislaman dan keindonesiaan
Edisi : -
Penulis : Syamsudin, M dkk
Penerbit : Total Media
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2009
ISBN : 979-1519-27-7
Tajuk Subjek : Pancasila
Deskripsi : xix, 214 hlm. : ill. ; 23 cm
Eksemplar : 25
Stok : 25
Petugas : Novita Indriyani, M.Kom
Buku ini disusun sebagai bahan atau materi dalam memberikan kuliah Pendidikan Pancasila di lingkungan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Isinya mengacu pada Silabus dan Kurikulum Pendidikan Pancasila yang disusun oleh Dirjen Dikti dengan inovasi-inovasi yang disesuaikan dengan visi pendidikan di Ull. Bahan-bahan penyusunan buku ini merujuk pada buku-buku acuan wajib dan penunjang Pendidikan Pancasila dan disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi dewasa ini.
Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berada di tengah-tengah masyarakat Indonesia, sangat berkepentingan untuk melaksanakan Pendidikan Pancasila. Hal ini didasarkan pada fakta sejarah bahwa berdirinya Ull (dulu Sekolah Tinggi Islam) dibidani oleh para pendiri negara RI yang notabene adalah para perumus Pancasila, seperti Moh. Hatta, Kahar Mudzakir, Wahid Hasyim, dan Ki Bagus Hadikusuma. Para pendiri Ull sekaligus pendiri negara tersebut berharap agar negara Indonesia merdeka yang berdasar pada Pancasila itu dapat diwariskan kepada generasi bangsa berikutnya (terutama Islam) agar kelak dapat mengisi kemerdekaan dengan tetap dapat mengembangkan dua wawasan sekaligus yakni wawasan Ke-Islaman sebagai dasar agama yang dipeluknya juga wawasan ke-lndonesiaan sebagai dasar kebangsaannya. Inilah kekhasan Pendidikan Pancasila yang ingin dikembangkan di Ull, wawasan Ke-Islaman dan Ke-Indonesiaan yang terintegrasi.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika