• Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat : konsep, teori dan aplikasinya di era otonomi daerah

    Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat : konsep, teori dan aplikasinya di era otonomi daerah

    • Sumaryo Gitosaputro dan Kordiyana K. Rangga
    • Graha Ilmu
    • 2015
    • 978-602-262-512-4
    Sinopsis

    Pengembangan Masyarakat (Community Development) dan Pemberdayaan Masyarakat (Community Empowerment) saat ini sudah menjadi program dan atau kegiatan yang populer dalam pembangunan. Namun demikian, pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) dan para pelaku pembangunan terhadap konsep dan teori yang mendasarinya masih jauh dari harapan semua pihak. Hal ini berakibat pelaksanaan program atau kegiatan yang mengambil tema kedua hal tersebut masih jauh panggang dari api. Buku ini bertujuan memberikan dasar pemahaman tentang konsep dan teori pengembangan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Bahasan dalam buku ini mencakup latar belakang munculnya upaya pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan masyarakat, pengertian partisipasi dan berbagai masalah partisipasi masyarakat dalam pembangunan, beberapa metode yang telah berkembang dalam pemberdayaan masyarakat, pentingnya inovasi dan kreativitas berfikir anggota masyarakat, cara pendekatan kepada masyarakat serta kekuatan sosial yang berkembang di masyarakat, konsep dasar pendampingan dalam upaya pemberdayaan masyarakat, nilai-nilai kearifan lokal dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, dan implementasi kearifan lokal dalam beberapa program dan atau kegiatan pembangunan di daerah. Buku ini sangat bermanfaat bagi para calon pekerja pengembangan masyarakat (CD Worker), tenaga pendamping, fasilitator, maupun para penyuluh yang juga berperan sebagai fasilitator dan atau pendamping dalam pemberdayaan masyarakat petani.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 205342
Kode Klasifikasi : 352.14
Judul Buku : Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat : konsep, teori dan aplikasinya di era otonomi daerah
Edisi : -
Penulis : Sumaryo Gitosaputro dan Kordiyana K. Rangga
Penerbit : Graha Ilmu
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2015
ISBN : 978-602-262-512-4
Tajuk Subjek : Pengembangan,Otonomi
Deskripsi : ix, 136 hlm. : ill. ; 25 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Putri Ayu Citra Ardhian
Pengembangan Masyarakat (Community Development) dan Pemberdayaan Masyarakat (Community Empowerment) saat ini sudah menjadi program dan atau kegiatan yang populer dalam pembangunan. Namun demikian, pemahaman para pemangku kepentingan (stakeholders) dan para pelaku pembangunan terhadap konsep dan teori yang mendasarinya masih jauh dari harapan semua pihak. Hal ini berakibat pelaksanaan program atau kegiatan yang mengambil tema kedua hal tersebut masih jauh panggang dari api.
Buku ini bertujuan memberikan dasar pemahaman tentang konsep dan teori pengembangan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat. Bahasan dalam buku ini mencakup latar belakang munculnya upaya pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan masyarakat, pengertian partisipasi dan berbagai masalah partisipasi masyarakat dalam pembangunan, beberapa metode yang telah berkembang dalam pemberdayaan masyarakat, pentingnya inovasi dan kreativitas berfikir anggota masyarakat, cara pendekatan kepada masyarakat serta kekuatan sosial yang berkembang di masyarakat, konsep dasar pendampingan dalam upaya pemberdayaan masyarakat, nilai-nilai kearifan lokal dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, dan implementasi kearifan lokal dalam beberapa program dan atau kegiatan pembangunan di daerah.
Buku ini sangat bermanfaat bagi para calon pekerja pengembangan masyarakat (CD Worker), tenaga pendamping, fasilitator, maupun para penyuluh yang juga berperan sebagai fasilitator dan atau pendamping dalam pemberdayaan masyarakat petani.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika