• Konsep dasar internet

    Konsep dasar internet

    • Bambang Eka Purnama
    • Teknosain
    • 2016
    • 978-602-73914-4-4
    Sinopsis

    Melalui internet, data multimedia dapat dikirim dari satu lokasi ke lokasi lain di belahan dunia manapun dengan kecepatan akses hanya dalam hitungan detik saja. ISP (internet service provider) banyak berdiri dan berkembang di Indonesila sekitar tahun 1996. Peran operator seluler kini membuat akses informasi menjadi dalam genggaman tangan. Teknologi internet merupakan modus baru dalam pendistribusian informasi dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, berbagai aspek mengenai pengenalan sistem, pemanfaatan dan penguasaan teknologi ini sangat patut dipelajari dan dikembangkan. Jaringan internet telah dibangun dengan hanya berawal dari 4 buah komputer mainframe yang saling dihubungkan dengan tujuan untuk berbagi data. Pada awal tahun 80-an terdapat 213 host terdaftar, tahun 1986 naik menjadi 2.308 host dan sekarang telah mencakup lebih dari 20 35 juta user. Di Indonesia, ada sekitar 30 juta user (1997). Jaringan ini tumbuh subur secara acak dengan partisipasi luas dan merata sehingga seakan-akan tidak ada yang mempunyai dan tidak ada yang bertanggung jawab. Internet hanya butuh 5 tahun untuk mencapai 50 juta pengguna, lebih cepat dibandingkan radio yang membutuhkan waktu 38 tahun atau televisi 13 tahun. Percepatan kemajuan sains dan teknologi membentuk suatu tatanan masyarakat baru yang akan terus berkembang, baik dimana rumah, sekolah, kantor, bahkan pasarpun akan terjalin dalam satu layanan komunikasi global. Pada akhirnya, perkembangan ini menyatu dalam percepatan evalusi kebudayaan manusia. Virtual Community atau masyarakat buatan yang terbentuk karena teknologi internet seakan memperluas interaksi komunikasi massa global village dengan electronically imediated relationship yang interaktif, luas, dan intensif sehingga mengubah dunia menjadi suatu masyarakat global baru.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Yogyakarta, Solo, Cengkareng
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 205132
Kode Klasifikasi : 004.678
Judul Buku : Konsep dasar internet
Edisi : -
Penulis : Bambang Eka Purnama
Penerbit : Teknosain
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2016
ISBN : 978-602-73914-4-4
Tajuk Subjek : Internet
Deskripsi : xvii, 205 hlm. : ill. ; 26 cm
Eksemplar : 5
Stok : 5
Petugas : Ria Indriani, S.Hum
Melalui internet, data multimedia dapat dikirim dari satu lokasi ke lokasi lain di belahan dunia manapun dengan kecepatan akses hanya dalam hitungan detik saja. ISP (internet service provider) banyak berdiri dan berkembang di Indonesila sekitar tahun 1996. Peran operator seluler kini membuat akses informasi menjadi dalam genggaman tangan. Teknologi internet merupakan modus baru dalam pendistribusian informasi dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, berbagai aspek mengenai pengenalan sistem, pemanfaatan dan penguasaan teknologi ini sangat patut dipelajari dan dikembangkan. Jaringan internet telah dibangun dengan hanya berawal dari 4 buah komputer mainframe yang saling dihubungkan dengan tujuan untuk berbagi data. Pada awal tahun 80-an terdapat 213 host terdaftar, tahun 1986 naik menjadi 2.308 host dan sekarang telah mencakup lebih dari 20 35 juta user. Di Indonesia, ada sekitar 30 juta user (1997). Jaringan ini tumbuh subur secara acak dengan partisipasi luas dan merata sehingga seakan-akan tidak ada yang mempunyai dan tidak ada yang bertanggung jawab. Internet hanya butuh 5 tahun untuk mencapai 50 juta pengguna, lebih cepat dibandingkan radio yang membutuhkan waktu 38 tahun atau televisi 13 tahun.
Percepatan kemajuan sains dan teknologi membentuk suatu tatanan masyarakat baru yang akan terus berkembang, baik dimana rumah, sekolah, kantor, bahkan pasarpun akan terjalin dalam satu layanan komunikasi global. Pada akhirnya, perkembangan ini menyatu dalam percepatan evalusi kebudayaan manusia. Virtual Community atau masyarakat buatan yang terbentuk karena teknologi internet seakan memperluas interaksi komunikasi massa global village dengan electronically imediated relationship yang interaktif, luas, dan intensif sehingga mengubah dunia menjadi suatu masyarakat global baru.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika