• Pengelolaan database mysql dengan phpMyAdmin

    Pengelolaan database mysql dengan phpMyAdmin

    • Sugiri dan Haris Saputro
    • Graha Ilmu
    • 2008
    • 978-979-756-331-8
    Sinopsis

    MySQL merupakan database SQL yang open source dan sangat terkenal di dunia sebagai database server yang banyak digunakan oleh dunia bisnis dan industri. Bahkan di dunia pendidikan sudah dijadikan sebagai materi kuliah. Berkembangnya database MySQL perlu diikuti dengan perkembangan aplikasi lainnya sehingga database tersebut dapat digunakan secara optimal. Setiap RDBMS (Relation Database Management System) seperti Oracle, SQL Server, MySQL dan lain-lain pasti memiliki tool yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam pengoperasian database. Sebagai contoh Oracle memiliki TOAD, sedangkan SQL Server memiliki Enterprise Manager dan SQL Query Analyzer, di mana software-software tersebut memudahkan pengguna dalam mengoperasikan database-database tersebut. Bagaimana dengan MySQL? Apakah MySQL memiliki tool berbasis GUI untuk memudahkan pengembangannya? sama seperti database-database yang telah disebutkan dimuka, MySQL juga memiliki tool atau aplikasi yang dapat digunakan untuk mempercepat dan mempermudah dalam melakukan tugas yang berkaitan dengan database MySQL. Aplikasi tersebut salah satunya adalah PhpMyAdmin. PhpMyAdmin merupakan aplikasi berbasiskan web yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Melalui PhpMyAdmin, user dapat melakukan perintah query seperti administrasi user dan privileges, export dan import database, manajemen database, manajemen tabel dan struktur tabelnya. Dan masih banyak yang lainnya tanpa harus mengetikan query seperti jika melakukannya melalui MS DOS. PhpMyAdmin sangat user friendly sehingga mudah untuk digunakan walaupun yang menggunakannya adalah newbie (pengguna baru).

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Margonda, Kaliabang, Kalimalang, Yogyakarta, BSD
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 204625
Kode Klasifikasi : 005.262
Judul Buku : Pengelolaan database mysql dengan phpMyAdmin
Edisi : 1
Penulis : Sugiri dan Haris Saputro
Penerbit : Graha Ilmu
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2008
ISBN : 978-979-756-331-8
Tajuk Subjek : PHP
Deskripsi : xiv, 138 hlm. ; 23 cm
Eksemplar : 7
Stok : 7
Petugas : Anis Dewi Kurniawati, S.Hum
MySQL merupakan database SQL yang open source dan sangat terkenal di dunia sebagai database server yang banyak digunakan oleh dunia bisnis dan industri. Bahkan di dunia pendidikan sudah dijadikan sebagai materi kuliah. Berkembangnya database MySQL perlu diikuti dengan perkembangan aplikasi lainnya sehingga database tersebut dapat digunakan secara optimal.
Setiap RDBMS (Relation Database Management System) seperti Oracle, SQL Server, MySQL dan lain-lain pasti memiliki tool yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam pengoperasian database. Sebagai contoh Oracle memiliki TOAD, sedangkan SQL Server memiliki Enterprise Manager dan SQL Query Analyzer, di mana software-software tersebut memudahkan pengguna dalam mengoperasikan database-database tersebut.
Bagaimana dengan MySQL? Apakah MySQL memiliki tool berbasis GUI untuk memudahkan pengembangannya? sama seperti database-database yang telah disebutkan dimuka, MySQL juga memiliki tool atau aplikasi yang dapat digunakan untuk mempercepat dan mempermudah dalam melakukan tugas yang berkaitan dengan database MySQL. Aplikasi tersebut salah satunya adalah PhpMyAdmin.
PhpMyAdmin merupakan aplikasi berbasiskan web yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Melalui PhpMyAdmin, user dapat melakukan perintah query seperti administrasi user dan privileges, export dan import database, manajemen database, manajemen tabel dan struktur tabelnya. Dan masih banyak yang lainnya tanpa harus mengetikan query seperti jika melakukannya melalui MS DOS. PhpMyAdmin sangat user friendly sehingga mudah untuk digunakan walaupun yang menggunakannya adalah newbie (pengguna baru).
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika