• Perpajakan teori dan kasus

    Perpajakan teori dan kasus

    • Siti Resmi
    • Salemba Empat
    • 2011
    • 978-979-061-215-0
    Sinopsis

    Perpajakan: Teori dan Kasus Edisi 6 ini merupakan salah satu buku terpopuler yang memberikan pendekatan modern mengenai perpajakan. Buku ini dilengkapi dengan kasus dalam berbagai kegiatan perpajakan dan perangkat selalu up-to-date sehingga menggambarkan kenyataan yang sedang terjadi. Buku yang telah mencapai edisi keenam ini dimaksudkan untuk memenuhi kelengkapan kebutuhan literatur perpajakan yang selama ini masih sebagian besar membahas perpajakan secara teoretis. Pembahasan dalam buku ini dilakukan dengan pendekatan teoretis dan praktis. Setiap bab menyajikan kasus dan pembahasannya dengan didahului teori yang mendasari pembahasan kasus tersebut. Setiap kasus dibahas secara menyeluruh meliputi menghitung, memotong, menyetor, dan melaporkan pajak. Pemotongan pajak disertai dengan membuat Bukti Pemotongan, penyetoran pajak dilakukan dengan mengisi Surat Setoran Pajak (SSP), dan pelaporan pajak dilakukan dengan mengisi Surat Pemberitahuan (SPT). Materi pokok dalam buku ini meliputi dasar-dasar perpajakan, ketentuan umum dan tata Cara perpajakan, serta pajak penghasilan. Isi buku ini telah diperbarui menyesuaikan peraturan terbaru, terutama terbitnya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Contoh kasus telah diselesaikan berdasar ketentuan perpajakan terbaru dan menggunakan formulir administrasi pajak terbaru. Beberapa ketentuan yang yang digunakan dalam edisi keenam dan tidak dijumpai di edisi kelima adalah Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER 57/PJ/2009 tentang Pedoman Teknis Tata Cata tentang Pemotongan, Penyetoran, dan Pelaporan PPh Pasal 21 dan/atau Pasal 26 sehubungan dengan pekerjaan, jasa, dan kegiatan orang pribadi; Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.03/2010 tentang Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 sehubungan dengan pembayaran atas penyerahan barang dan kegiatan impor atau kegiatan usaha di bidang lain; Surat Edaran Nomor: SE-66/PJ/2010 tentang Penegasan atas Pelaksanaan Pasal 31E ayat (11 Undang-Undang Nomor 7Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang No Tahun 2008; dan lain-lain. Dengan materi pembahasan yang sistematis, aplikatif, dan berdasarkan pada alat analisis yang tepat (peraturan perpajakan terkini), buku ini sangat membantu para mahasiswa, praktisi, pengajar, dan masyarakat pada umumnya yang berkepentingan terhadap perpajakan.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98, Sukabumi
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 201487
Kode Klasifikasi : 336.2
Judul Buku : Perpajakan teori dan kasus
Edisi : 6
Penulis : Siti Resmi
Penerbit : Salemba Empat
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2011
ISBN : 978-979-061-215-0
Tajuk Subjek : perpajakan,manajemen
Deskripsi : xiv, 534 hlm.; 26 cm
Eksemplar : 6
Stok : 6
Petugas : Ria Indriani, S.Hum
Perpajakan: Teori dan Kasus Edisi 6 ini merupakan salah satu buku terpopuler yang memberikan pendekatan modern mengenai perpajakan. Buku ini dilengkapi dengan kasus dalam berbagai kegiatan perpajakan dan perangkat selalu up-to-date sehingga menggambarkan kenyataan yang sedang terjadi. Buku yang telah mencapai edisi keenam ini dimaksudkan untuk memenuhi kelengkapan kebutuhan literatur perpajakan yang selama ini masih sebagian besar membahas perpajakan secara teoretis. Pembahasan dalam buku ini dilakukan dengan pendekatan teoretis dan praktis. Setiap bab menyajikan kasus dan pembahasannya dengan didahului teori yang mendasari pembahasan kasus tersebut. Setiap kasus dibahas secara menyeluruh meliputi menghitung, memotong, menyetor, dan melaporkan pajak. Pemotongan pajak disertai dengan membuat Bukti Pemotongan, penyetoran pajak dilakukan dengan mengisi Surat Setoran Pajak (SSP), dan pelaporan pajak dilakukan dengan mengisi Surat Pemberitahuan (SPT).
Materi pokok dalam buku ini meliputi dasar-dasar perpajakan, ketentuan umum dan tata Cara perpajakan, serta pajak penghasilan. Isi buku ini telah diperbarui menyesuaikan peraturan terbaru, terutama terbitnya Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Contoh kasus telah diselesaikan berdasar ketentuan perpajakan terbaru dan menggunakan formulir administrasi pajak terbaru. Beberapa ketentuan yang yang digunakan dalam edisi keenam dan tidak dijumpai di edisi kelima adalah Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER 57/PJ/2009 tentang Pedoman Teknis Tata Cata tentang Pemotongan, Penyetoran, dan Pelaporan PPh Pasal 21 dan/atau Pasal 26 sehubungan dengan pekerjaan, jasa, dan kegiatan orang pribadi; Peraturan Menteri Keuangan Nomor 154/PMK.03/2010 tentang Pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22 sehubungan dengan pembayaran atas penyerahan barang dan kegiatan impor atau kegiatan usaha di bidang lain;
Surat Edaran Nomor: SE-66/PJ/2010 tentang Penegasan atas Pelaksanaan Pasal 31E ayat (11 Undang-Undang Nomor 7Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang No Tahun 2008; dan lain-lain.
Dengan materi pembahasan yang sistematis, aplikatif, dan berdasarkan pada alat analisis yang tepat (peraturan perpajakan terkini), buku ini sangat membantu para mahasiswa, praktisi, pengajar, dan masyarakat pada umumnya yang berkepentingan terhadap perpajakan.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika