Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika mengikuti Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi Se- Provinsi Jawa Barat

Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika mengikuti Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi Se- Provinsi Jawa Barat

Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika ikut serta menjadi peserta dalam kegiatan bimbingan teknis pengembangan perpustakaan perguruan tinggi provinsi jawa barat  yang diselenggarakan oleh perpustakaan nasional republic indoensia yang bekerja sama dengan dinas perpustakaan dan kearsipan daerah pemerintah daerah provinsi jawa barat dan FPPTI Jawa Barat. Yang adakan pada hari Rabu-Jumat  (22-24/2) bertempat di Novotel cihampelas bandung.

Dalam kegiatan Bimtek ini diwakili oleh Irfan Nurchoir S.IP selaku pustakawan Universitas BSI PSDKU Kota Bogor. Acara bimtek dimulai dengan  sambutan sekaligus pembukaan acara bimtek oleh kepala dinas perpustakaan dan kearsipan daerah provinsi jawa barat Dr. Hening Widiatmoko, M.A dalam sambutanya beliau mengatakan bahwasanya akreditasi perguruan tinggi dijawa barat sangatlah sedikit yaitu 60 perguruan tinggi dibandingkan dengan jumlah perguruan tinggi dijawa barat, beliau menyarankan agar perpustakaan perguruan tinggi segera  melakukan akreditasi

 kemudian dilanjut dengan pemaran materi oleh Drs. Nurcahyono, S.S.M.Si  selaku Kepala pusat pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah dan perguruan tinggi dengan tema strategi pembinaan perpustakaan perguruan tinggi. Dalam pemaparanya beliau memberikan skema pembinaan perpustakaan perguruan tinggi dengan cara regulasi, NSPK, implementasi, profiling perpustakaan perguruan tinggi dan terakhir rekomendasi pembinaan akreditasi (Apabila nilai lebih dari 60 akan direkomendasi direktori standarisasi dan akreditasi namun apabila nilai SNP dibawah 60 mendapatkan pembinaan dinas perpustakaan provinsi).

Pada malam pertama materi dilanjut materi mengenai aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah yang disampaikan oleh kelompok subtansi pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah dan perguruan tinggi yang disampaikan kak Monalisa dan panitia. Dalam materinya disampaikan kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan oleh kelompok subtansi pengembangan perpustakaan perguruan tinggi kemudian dilanjut dengan praktek pengisian NPP perpustakaan yang dibantu oleh panitia acara.

Hari kedua peserta diberikan materi mengenai kemas ulang informasi dengan 6 modul dan test secara langsung baik individu maupun kelompok. 6 modul yang diuraikan selama hari kedua tersebut (1) manajemen perpustakaan (2) pengembangan ekosistem digital diperpustakaan perguruan tinggi (3) inovasi dan kreasi (4) pemberdayaan/pengabdian kepada masyarakat (5) effective communication (6) library, archive & museum collaboration.

Hari ketiga dilanjutkan dengan pemaparan materi dari panitia mengenai pengenalan Bintang Pusnas dan Pengenalan Keanggotaan Online dan E-Resources kemudian dilanjutkan dengan pemberian simbolis sertifikat bimbingan teknis dan pemberian kesan pesan selama bimtek 3 hari yang diwakilkan oleh beberapa peserta.

Penulis
Irfan Nurchoir S.IP

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika