KOMPETENSI PUSTAKAWAN: ARTIKEL JURNAL PENELITIAN PUSTAKAWAN UBSI BERHASIL TERBIT DI JURNAL IPI

KOMPETENSI PUSTAKAWAN: ARTIKEL JURNAL PENELITIAN PUSTAKAWAN UBSI BERHASIL TERBIT DI JURNAL IPI

Perpustakaan UBSI senantiasa terus berusaha meningkatkan pelayanan perpustakaan yang terbaik dan memuaskan bagi pemustakanya. Terlebih dimasa pandemi COVID-19, perpustakaan UBSI menutup sementara perpustakaan agar tidak terjadi penyebaran virus di lingkungan akademika UBSI. Berbagai upaya dilakukan pustakawan UBSI agar tetap melayani pemustaka dimasa pandemi, salah satunya dengan melakukan layanan referensi online. Layanan referensi yang biasanya dilakukan pustakawan secara tatap muka langsung dengan pemustaka, sekarang beralih menjadi online atau daring yang dilakukan melalui sosial media seperti instagram, e-mail maupun whatsapp. Sebagai inisiasi lebih lanjut, pustakawan UBSI berupaya melakukan penelitian terkait dengan layanan referensi online. Pustakawan UBSI mengikuti call paper yang diadakan oleh organisasi IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) dengan mengambil tema Inovasi Layanan Perpustakaan dalam Masa Pandemi Covid-19.

Sabtu, 29 Mei 2020 telah diterbitkan artikel jurnal ilmiah yang dimuat di JURNAL IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) dengan judul “KOMPETENSI PUSTAKAWAN PADA INOVASI LAYANAN REFERENSI ONLINE” ditulis oleh Anis Dewi Kurniawati (Pustakawan UBSI Yogyakarta), Ria Indriani (Pustakawan UBSI Jatiwaringin), dan Riski Arsika Yunita (Pustakawan UBSI Tegal). Dalam penelitian tersebut dijelaskan terkait keahlian dan kompetensi yang harus dimiliki pustakawan dalam memberikan layanan referensi online.

Keahlian dan kompetensi yang harus dimiliki pustakawan dalam memberikan layanan referensi online antara lain : 1) keahlian dalam mempromosikan layanan perpustakaan; 2) keahlian dalam berkomunikasi di sosial media; dan 3) keahlian pustakawan dalam berliterasi. Diharapkan jurnal yang telah ditulis oleh rekan-rekan pustakawan UBSI dapat digunakan sebagai panduan atau referensi dalam memberikan layanan referensi online kepada pemustaka sebagai inovasi layanan perpustakaan. Adapun artikel jurnal tersebut dapat diakses melalui https://jurnal.ipi.web.id/jurnalipi/issue/view/11

Penulis
Anis Dewi Kurniawati, S.Hum

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku,majalah,jurnal,dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Raya Kramat No 98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : -

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK LAIN


Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika @ 2020