UBSI Sukses Adakan Workshop Penggunaan Mendeley Untuk Mahasiswa

UBSI Sukses Adakan Workshop Penggunaan Mendeley Untuk Mahasiswa

Penggunaan aplikasi Mendeley dewasa ini merupakan sebuah keharusan terutama di kalangan mahasiswa yang tengah Menyusun tugas akhir dan skripsi. Perlu adanya sosialisasi dan workshop dalam penggunaanya, seperti yang telah dilakukan oleh Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) yang sukses menggelar workshop tentang aplikasi mendeley dengan tema “Pemanfatan Aplikasi Mendeley dalam penyusunan Skripsi dan Tugas Akhir”, Senin (26/04) secara daring. Workshop ini diikuti oleh 755 mahasiswa baik dari UBSI maupun  luar UBSI.

 

Sri Wasiyanti, M.Kom selaku  Kaprodi Sistem Informasi Akuntansi UBSI PSDKU Kota Bogor membuka secara resmi kegiatan ini mewakili Warek Bidang Non Akademik. Dalam sambutannya, Sri Wasiyanti mengungkapkan tujuan workshop untuk membatu mahasiswa yang tengah tugas akhir atau skripsi dalam mengelola referensi.

 

“Dengan adanya workshop ini diharapkan dapat bermanfaat bagi mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir dan dapat menghasilkan penelitian-penelitian berkualitas”, ungkap Sri Wasiyanti.

 

Tampil sebagai narasumber Rizky Arsika Yunita, S.Hum staf perpustakaan UBSI Tegal dan Anis Dewi Kurniawati, S.Hum staf perpustakaan UBSI Yogyakarta.

 

Rizky Arsika Yunita dalam pemaparannya menyampaikan pentingnya etika dalam melakukan sitasi referensi, juga paham akan kaidah-kaidah dalam membuat manajemen referensi.

 

“Sifat etika penulisan harus terdiri dari, kejujuran, bebas plagiarisme, menjunjung hak cipta, keabsahan, dan ketepatan. Fungsi manajemen referensi adalah memungkinkan penulis untuk mencari literatur yang relevan, serta untuk menyimpan referensi dan informasi bibliografi pada database serta membantu penulisan sitasi dan daftar pustaka dengan menggunakan format tertentu misal APA, dan IEEE”, ujar Rizky.

 

Sedangkan Anis Dewi Kurniawati, membimbing peserta secara langsung mulai dari proses pengenalan aplikasi Mendeley, pelatihan meng-instal Mendeley, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan pengaplikasian Mendeley untuk kutip-mengutip dan pembuatan daftar pustaka.

 

Seluruh peserta workshop nampak antusias mengikuti kegiatan ini dan pada sesi tanya jawab banyak pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Harapan ke depan bagi UBSI melalui workshop ini akan tercipta penelitian-penelitian baik dosen maupun mahasiswa yang lebih berkualitas.

Penulis
Nur Santy, S.Hum

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku,majalah,jurnal,dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Raya Kramat No 98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : -

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

FB : -

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK LAIN


e-Journal

Repository

e-Learning

e-Library

Kemahasiswaan

Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika @ 2020