10 Langkah Agar Anak Suka Membaca

10 Langkah Agar Anak Suka Membaca

Membaca adalah kebiasaan baik yang harus di mulai sejak dini. Bukan hanya memperkaya ilmu, tetapi juga dapat menghindari risiko kemalasan otak untuk berpikir.

Untuk itu, sangat penting bagi anak untuk gemar membaca, demi perkembangan otak mereka. Susah membiasakan anak-anak Anda membaca? Berikut 10 cara membuat anak suka membaca, yang dilansir dari Shine.

1. Biarkan anak memilih.
Ketika membawa anak ke perpustakaan atau toko buku biarkan mereka memilih buku yang disukai. Hal terpenting adalah bagaimana memunculkan minat baca mereka.

Dengan memilih buku yang mereka ingin baca, secara tidak sadar telah menciptakan minat baca dalam diri mereka. Tapi, tetap arahkan buku atau bahan bacaan mereka sesuai dengan umurnya.

2. Ketahui kemampuan membaca anak
Dengan mengetahui kemampuan membacanya, Anda dapat membantu membuat pilihan bahan bacaan yang menarik minat mereka. Hal ini dapat Anda lihat dari buku-buku jenis apa  yang mereka baca berulang-ulang dan dibacanya sampai habis.

Buku yang terlalu mudah akan membuat mereka cepat bosan, namun buku yang terlalu berat juga tidak dianjurkan. Untuk itu, selalu baca terlebih dahulu bahan bacaan anak, baik itu buku, majalah, koran, komik, atau bahkan buku audio.

3. Bahan bacaan tidak hanya buku
Sediakan bahan bacaan lain selain buku di rumah. Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk membuat perpustakaan elektronik di rumah. Tapi, jangan lupa untuk selalu awasi anak Anda.

4. Berdongeng
Bawa anak ke program dongen di perpustakaan lokal ataupun di toko buku. Atau, Anda juga bisa secara teratur mendongeng untuknya menjelang tidur. Minta juga buah hati untuk menceritakan apa yang telah ia baca untuk Anda.

5. Baca bukunya, tonton filmnya
Banyak film yang ceritanya berasal dari sebuah buku. Cari buku-buku yang memiliki versi film. Anda dapat menontonnya bersama, setelah buku selesai dibaca si kecil.

Lalu, bandingkan versi buku dan versi film. Hal ini akan membuat kegiatan membaca lebih seru dan menyenangkan.

6. Buatlah sudut nyaman.
Sulaplah sebuah sudut di rumah Anda menjadi perpustakaan kecil yang nyaman untuk kegiatan membaca. Membaca akan lebih menyenangkan. Akan lebih mudah berkonsentrasi jika tidak terdapat televisi di ruangan tersebut.

7. Ciptakan kebiasaan
Usia belia anak adalah saat yang tepat untuk proses 'imitasi' kebiasaan baik dari orangtua. Untuk itu, ciptakan kebiasaan membaca dari diri sendiri.

Biarkan anak-anak melihat Anda membaca di perpustakaan kecil di rumah. Sehingga, minat baca mereka pun akan muncul.

8. Luangkan waktu
Ciptakan waktu bersama seluruh anggota keluarga, mungkin di malam hari, untuk membaca. Lalu, cobalah untuk saling berbagi cerita seputar apa yang telah dibaca. Hal ini juga melatih mereka berbicara dengan baik.

9. Ajukan pertanyaan
Mengajukan pertanyaan kepada anak-anak Anda tentang cerita, karakter dan alur cerita tidak hanya menunjukkan Anda tertarik pada apa yang mereka baca tetapi membantu mereka belajar mengingat dan meringkas. Ajukan saja pertanyaan seperti "Menurut kamu apa yang akan terjadi selanjutnya?".

Ttidak hanya membantunya mengingat tetapi juga membantunya mengembangkan imajinasi. Anak Anda pun akan lebih kreatif.

10. Membacakannya
Bacakan juga  buku-buku seru seperti cerita petualangan untuk anak. Lalu, tanyakan pendapat mereka. Hal ini akan membuat mereka menyukai membaca dan melatih mereka berdiskusi.

Sumber:(<a href=http://kosmo.vivanews.com>kosmo.vivanews.com</a>)

Penulis
Ade Suryadi

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika