• Pengantar ilmu komunikasi

    Pengantar ilmu komunikasi

    • Ahmad Sultra Rustan dan Nurhakki
    • Deepublish
    • 2017
    • 978-602-453-021-1
    Sinopsis

    Buku ini pengantar yang berusaha memperkenalkan dan menguraikan secara sederhana tentang Ilmu Komunikasi dan diperuntukkan khusus untuk mahasiswa Komunikasi semester awal. Bukan hanya itu, tapi juga untuk semua kalangan yang ingin mempelajari dasar ilmu komunikasi. Mengingat komunikasi merupakan bagian dari kehidupan dan manusia tidak akan lepas dari itu. Bisa dikatakan bahwa sejak manusia lahir, ia sudah berkomunikasi melalui isak tangis dan gerakan tubuhnya. Saat terbangun pun, kita sudah berkomunikasi dengan diri sendiri. Karena komunikasi terjadi tidak hanya dengan orang lain tapi juga dengan diri sendiri (intrapersonal communication).Komunikasi itu tak dapat dihindari, bersifat omnipresent (kapan saja dan dimana saja) komunikasi bisa jadi penyebab sekaligus solusi dari sebuah konflik. Kalau memang benar komunikasi itu hal yang sepele, kenapa kita sering bertengkar dengan orang lain hanya karena miskomunikasi? Dengan belajar Ilmu Komunikasi, kita akan belajar memahami apa saja yang terjadi selama komunikasi itu berlangsung. Misalnya, siapa saja yang terlibat, bagaimana prosesnya, melalui apa, mengapa itu bisa terjadi, serta apa saja akibat yang ditimbulkan. Pertimbangan terhadap aspek-aspek tersebut, diharapkan mampu membuat pesan-pesan yang efektif – bisa dimaknai dan dipahami dengan baik oleh orang lain. Ketika kita mampu memberi pesan yang efektif, maka kita bisa mendapat umpan balik (feedback) yang baik. Begitupun sebailknya. Melalui buku Pengantar Ilmu Komunikasi ini terangkum mengenai bentuk-bentuk komunikasi, yaitu Komunikasi Intrapersonal, Interpersonal, Kelompok, Publik dan Massa. Namun yang membedakan buku ini dengan buku Pengantar Ilmu Komunikasi lainnya adalah lebih mendekatkan dan fokus pada komunikasi Islam. Komunikasi Islam adalah proses penyampaian pesan-pesan keislaman dengan menggunakan prinsip-prinsip komunikasi dalam Islam. Pesan-pesan keislaman yang disampaikan dalam komunikasi Islam meliputi seluruh ajaran Islam, meliputi akidah (iman), syariah (Islam) dan akhlak (ihsan). Soal cara (kaifiyah), dalam Al-Quran dan Al-Hadits ditemukan berbagai panduan agar komunikasi berjalan dengan baik dan efektif. Kita dapat mengistilahkannya sebagai kaidah, prinsip, atau etika berkomunikasi dalam perspektif Islam.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240325
Kode Klasifikasi : 302.2
Judul Buku : Pengantar ilmu komunikasi
Edisi : 1
Penulis : Ahmad Sultra Rustan dan Nurhakki
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2017
ISBN : 978-602-453-021-1
Tajuk Subjek : Komunikasi
Deskripsi : x, 136 hlm.: ill.; 23 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Okta Ayu Melya Widanti
Buku ini pengantar yang berusaha memperkenalkan dan menguraikan secara sederhana tentang Ilmu Komunikasi dan diperuntukkan khusus untuk mahasiswa Komunikasi semester awal. Bukan hanya itu, tapi juga untuk semua kalangan yang ingin mempelajari dasar ilmu komunikasi. Mengingat komunikasi merupakan bagian dari kehidupan dan manusia tidak akan lepas dari itu. Bisa dikatakan bahwa sejak manusia lahir, ia sudah berkomunikasi melalui isak tangis dan gerakan tubuhnya. Saat terbangun pun, kita sudah berkomunikasi dengan diri sendiri. Karena komunikasi terjadi tidak hanya dengan orang lain tapi juga dengan diri sendiri (intrapersonal communication).Komunikasi itu tak dapat dihindari, bersifat omnipresent (kapan saja dan dimana saja) komunikasi bisa jadi penyebab sekaligus solusi dari sebuah konflik.

Kalau memang benar komunikasi itu hal yang sepele, kenapa kita sering bertengkar dengan orang lain hanya karena miskomunikasi? Dengan belajar Ilmu Komunikasi, kita akan belajar memahami apa saja yang terjadi selama komunikasi itu berlangsung. Misalnya, siapa saja yang terlibat, bagaimana prosesnya, melalui apa, mengapa itu bisa terjadi, serta apa saja akibat yang ditimbulkan. Pertimbangan terhadap aspek-aspek tersebut, diharapkan mampu membuat pesan-pesan yang efektif – bisa dimaknai dan dipahami dengan baik oleh orang lain. Ketika kita mampu memberi pesan yang efektif, maka kita bisa mendapat umpan balik (feedback) yang baik. Begitupun sebailknya.

Melalui buku Pengantar Ilmu Komunikasi ini terangkum mengenai bentuk-bentuk komunikasi, yaitu Komunikasi Intrapersonal, Interpersonal, Kelompok, Publik dan Massa. Namun yang membedakan buku ini dengan buku Pengantar Ilmu Komunikasi lainnya adalah lebih mendekatkan dan fokus pada komunikasi Islam. Komunikasi Islam adalah proses penyampaian pesan-pesan keislaman dengan menggunakan prinsip-prinsip komunikasi dalam Islam. Pesan-pesan keislaman yang disampaikan dalam komunikasi Islam meliputi seluruh ajaran Islam, meliputi akidah (iman), syariah (Islam) dan akhlak (ihsan). Soal cara (kaifiyah), dalam Al-Quran dan Al-Hadits ditemukan berbagai panduan agar komunikasi berjalan dengan baik dan efektif. Kita dapat mengistilahkannya sebagai kaidah, prinsip, atau etika berkomunikasi dalam perspektif Islam.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika