• Pembelajaran sosial berbasis budaya dan kearifan lokal

    Pembelajaran sosial berbasis budaya dan kearifan lokal

    • Tengku Muhammad Sahudra.dkk
    • Deepublish
    • 2022
    • 978-623-02-5496-3
    Sinopsis

    Pembelajaran merupakan usaha sistematis yang sengaja dilaksanakan untuk menciptakan aktivitas berinteraksi yang edukatif antara peserta didik dengan pendidik yang menjadi pelajar dan sumber belajar dalam melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Pembelajaran memiliki arti yang hampir sama dengan pengajaran meskipun keduanya memiliki konotasi berbeda. Pada bidang pendidikan pendidik mengajar agar peserta didik bisa belajar serta dapat menguasai pelajaran sampai mencapai suatu objek yang ditetapkan dalam ranah kognitif, serta mampu berpengaruh pada perubahan sikapnya yakni salam aspek afektif, dan juga keterampilan yakni aspek psikomotor peserta didik. Pembelajaran juga didefinisikan sebagai upaya yang dilakukan untuk menjadikan peserta didik belajar atau sebuah aktivitas yang dapat membelajarkan peserta didik. Buku ini dikembangkan sebagai wujud kegigihan penulis untuk mengangkat kembali budaya dan kearifan lokal sebagai bentuk proses pembelajaran. Perkembangan zaman tidak menutup kemungkinan membuat siswa lupa akan budaya dan kearifan lokal sehingga diperlukan upaya untuk dapat melestarikan budaya dan kearifan lokal dalam bentuk pembelajaran. Pembelajaran sosial merupakan salah satu pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai sarana dalam mengembangkan budaya dan kearifan lokal. Di dalam pembelajaran sosial terdapat interaksi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Interaksi ini dapat dijadikan wadah bagi siswa untuk mengembangkan nilai-nilai budaya dan nilai-nilai kearifan lokal. Di dalam buku ini disajikan tentang proses pembelajaran, pembelajaran IPS, pembelajaran berbasis budaya dan pembelajaran berbasis kearifan lokal yang dapat dijadikan oleh praktisi pendidikan dalam mengembangkan proses pembelajaran. Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya: Bab I Hakikat Pembelajaran Bab II Pembelajaran IPS di SD Bab III Pembelajaran Berbasis Budaya Bab IV Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240218
Kode Klasifikasi : 910.2
Judul Buku : Pembelajaran sosial berbasis budaya dan kearifan lokal
Edisi : 1
Penulis : Tengku Muhammad Sahudra.dkk
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2022
ISBN : 978-623-02-5496-3
Tajuk Subjek : kearifan lokal,Budaya,Metode Pembelajaran
Deskripsi : x, 92 hlm. : ill. ; 23 cm
Eksemplar : 2
Stok : 2
Petugas : Nunung Dwi Aminawati
Pembelajaran merupakan usaha sistematis yang sengaja dilaksanakan untuk menciptakan aktivitas berinteraksi yang edukatif antara peserta didik dengan pendidik yang menjadi pelajar dan sumber belajar dalam melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Pembelajaran memiliki arti yang hampir sama dengan pengajaran meskipun keduanya memiliki konotasi berbeda. Pada bidang pendidikan pendidik mengajar agar peserta didik bisa belajar serta dapat menguasai pelajaran sampai mencapai suatu objek yang ditetapkan dalam ranah kognitif, serta mampu berpengaruh pada perubahan sikapnya yakni salam aspek afektif, dan juga keterampilan yakni aspek psikomotor peserta didik. Pembelajaran juga didefinisikan sebagai upaya yang dilakukan untuk menjadikan peserta didik belajar atau sebuah aktivitas yang dapat membelajarkan peserta didik.

Buku ini dikembangkan sebagai wujud kegigihan penulis untuk mengangkat kembali budaya dan kearifan lokal sebagai bentuk proses pembelajaran. Perkembangan zaman tidak menutup kemungkinan membuat siswa lupa akan budaya dan kearifan lokal sehingga diperlukan upaya untuk dapat melestarikan budaya dan kearifan lokal dalam bentuk pembelajaran. Pembelajaran sosial merupakan salah satu pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai sarana dalam mengembangkan budaya dan kearifan lokal. Di dalam pembelajaran sosial terdapat interaksi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Interaksi ini dapat dijadikan wadah bagi siswa untuk mengembangkan nilai-nilai budaya dan nilai-nilai kearifan lokal. Di dalam buku ini disajikan tentang proses pembelajaran, pembelajaran IPS, pembelajaran berbasis budaya dan pembelajaran berbasis kearifan lokal yang dapat dijadikan oleh praktisi pendidikan dalam mengembangkan proses pembelajaran.

Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:

Bab I Hakikat Pembelajaran
Bab II Pembelajaran IPS di SD
Bab III Pembelajaran Berbasis Budaya
Bab IV Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika