• Fungsionalisasi privatisasi sektor pariwisata : suatu fenomenologi kebijakan

    Fungsionalisasi privatisasi sektor pariwisata : suatu fenomenologi kebijakan

    • Sisca Beatrix Kairupan
    • Deepublish
    • 2023
    • 978-623-02-6701-7
    Sinopsis

    Pariwisata merupakan salah satu aset yang dapat dikembangkan oleh suatu daerah atau wilayah guna meningkatkan kunjungan wisata, baik domestik maupun mancanegara. Meningkatnya kunjungan wisata berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi, baik masyarakat di sekitar lokasi objek wisata maupun daerah tersebut secara menyeluruh. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah tersebut akan berdampak positif juga pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Peningkatan PAD ternyata bisa menunjang pembangunan di berbagai sektor serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satu aset wisata yang bisa dikembangkan adalah objek wisata bahari, yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik dan mancanegara. Hal ini bisa dilihat pada pengembangan kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat dalam proses pengelolaan objek wisata bahari tersebut. Objek wisata bahari tidak kalah menariknya apabila dibandingkan dengan objek wisata lainnya, seperti wisata budaya di pulau Jawa dan Bali, yang bisa menyedot wisatawan mancanegara dalam jumlah yang cukup signifikan, dan menjadi andalan PAD, khususnya di Pulau Bali serta dapat meningkatkan pendapatan nasional. Buku ini diharapkan bisa memberikan kontribusi secara teoretis tentang implementasi kebijakan privatisasi pengelolaan ruang publik melalui pengembangan dan pendalaman teori-teori kebijakan publik dan konsep-konsep pengembangan pariwisata Bahari dan dapat mengembangkan konsep-konsep Kebijakan Pariwisata. Selain itu, buku ini diharapkan bisa memberikan sumbangan pemikiran kepada pemerintah, terutama pemerintah kota Manado dan masyarakat local mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan pariwisata bahari. Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya: Prolog: Menilik Pengelolaan Objek Wisata Konsep Kebijakan Publik Teori Fungsional, Struktural Partisipasi Masyarakat Lokal Teori Aksi – Interaksi Privatisasi Kebijakan Pembangunan Pariwisata dan Pendapatan Asli Daerah Karya-karya Terkait dan Paradigma Konsep Tindak Lanjut Pulau Bunaken Taman Nasional Bunaken Pengelolaan Objek Wisata Bahari Taman Nasional Bunaken Model Privatisasi Pengelolaan Objek Wisata Taman Laut Bunaken Paparan Komprehensif Epilog

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240214
Kode Klasifikasi : 910.2
Judul Buku : Fungsionalisasi privatisasi sektor pariwisata : suatu fenomenologi kebijakan
Edisi : 1
Penulis : Sisca Beatrix Kairupan
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2023
ISBN : 978-623-02-6701-7
Tajuk Subjek : Penerepan Kebijakan,Pariwisata
Deskripsi : x, 218 hlm. : ill. ; 23 cm
Eksemplar : 2
Stok : 2
Petugas : Nunung Dwi Aminawati
Pariwisata merupakan salah satu aset yang dapat dikembangkan oleh suatu daerah atau wilayah guna meningkatkan kunjungan wisata, baik domestik maupun mancanegara. Meningkatnya kunjungan wisata berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi, baik masyarakat di sekitar lokasi objek wisata maupun daerah tersebut secara menyeluruh. Meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah tersebut akan berdampak positif juga pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Peningkatan PAD ternyata bisa menunjang pembangunan di berbagai sektor serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu aset wisata yang bisa dikembangkan adalah objek wisata bahari, yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan domestik dan mancanegara. Hal ini bisa dilihat pada pengembangan kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat dalam proses pengelolaan objek wisata bahari tersebut. Objek wisata bahari tidak kalah menariknya apabila dibandingkan dengan objek wisata lainnya, seperti wisata budaya di pulau Jawa dan Bali, yang bisa menyedot wisatawan mancanegara dalam jumlah yang cukup signifikan, dan menjadi andalan PAD, khususnya di Pulau Bali serta dapat meningkatkan pendapatan nasional.

Buku ini diharapkan bisa memberikan kontribusi secara teoretis tentang implementasi kebijakan privatisasi pengelolaan ruang publik melalui pengembangan dan pendalaman teori-teori kebijakan publik dan konsep-konsep pengembangan pariwisata Bahari dan dapat mengembangkan konsep-konsep Kebijakan Pariwisata. Selain itu, buku ini diharapkan bisa memberikan sumbangan pemikiran kepada pemerintah, terutama pemerintah kota Manado dan masyarakat local mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan pariwisata bahari.

Buku ini terdiri dari beberapa pembahasan, diantaranya:

Prolog: Menilik Pengelolaan Objek Wisata
Konsep Kebijakan Publik
Teori Fungsional, Struktural
Partisipasi Masyarakat Lokal
Teori Aksi – Interaksi
Privatisasi
Kebijakan Pembangunan Pariwisata dan Pendapatan Asli Daerah
Karya-karya Terkait dan Paradigma Konsep
Tindak Lanjut
Pulau Bunaken
Taman Nasional Bunaken
Pengelolaan Objek Wisata Bahari Taman Nasional Bunaken
Model Privatisasi Pengelolaan Objek Wisata Taman Laut Bunaken
Paparan Komprehensif
Epilog
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika