• Machine learning : Tingkat dasar dan lanjut

    Machine learning : Tingkat dasar dan lanjut

    • Suyanto
    • INFORMATIKA
    • 2022
    • 978-623-7131-66-3
    Sinopsis

    Perusahaan-perusahaan raksasa berbasis IT telah menunjukkan berbagai kesuksesan dalam penggunaan artificial intelligence, khususnya machine learning. Kesuksesan mereka tentu saja tidak instan dalam sekejap. Mereka telah bertahun-tahun membangun sistem itu menggunakan berbagai teknik machine learning, mulai dari teknik tingkat dasar yang simpel, lalu secara terus menerus dikembangkan, hingga saat ini telah menggunakan teknik machine learning tingkat lanjut, khususnya deep learning, yang memberikan performansi tinggi. Buku ini memberi Anda gambaran holistik dan simpel mengenai konsep dasar machine learning, teknik-teknik dan metode-metode tingkat dasar dan tingkat lanjut, serta aplikasinya dalam berbagai bidang terkini. Pembahasan dimulai dari konsep dasar paling sederhana hingga yang kompleks dengan gradasi yang lembut. Setiap teknik dan metode dibahas dari ide dasar, motivasi, visualisasi, formulasi matematis, hingga contoh aplikasinya. Pada setiap teknik learning dibahas sejumlah metode beserta variansinya. Selain itu, buku ini akan memandu Anda memahami beragam masalah, dari yang simpel hingga yang rumit, dengan berbagai karakteristik berbeda. Dengan demikian, Anda akan terlatih untuk memahami masalah secara benar dan mampu mendesain sistem berbasis machine learning yang akurat untuk masalah yang Anda hadapi. Tentang Penulis Prof. Dr. Suyanto, S.T., M.Sc. Lahir di Jombang, Jawa Timur, pada tanggal 03 Desember 1974. Meraih gelar Sarjana Teknik dari Departemen Teknik Informatika STT Telkom (sekarang Telkom University), Bandung. pada tahun 1998. Menjadi dosen di departemen tersebut sejak tahun 1999 untuk mata kuliah Artificial Intelligence, Swarm Intelligence, Evolutionary Computation, Soft Computing, Machine Learning, Advanced Machine Learning, dan Advanced Data Science. Pada tahun 2006 mendapatkan gelar Master of Science bidang Complex Adaptive Systems dari Chalmers University of Technology, Göteborg, Swedia. Pada tahun 2016 mendapatkan gelar Doktor di bidang Ilmu Komputer dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Indonesia. Pada tahun 2021 mendapatkan jabatan akademik Guru Besar bidang Kecerdasan Buatan. Sejak tahun 1999 hingga sekarang aktif melakukan penelitian di bidang Artificial Intelligence, Machine learning, Big Data Analytics, Indonesian Computational Linguistics, Speech Processing, Data Mining, Evolutionary Computation, Swarm Intelligence, dan Soft Computing. Telah menghasilkan sebelas buku teks, di antaranya adalah: Artificial Intelligence: Searching, Reasoning, Planning and Learning, 2007; Swarm Intelligence: Komputasi Modern untuk Optimasi dan Big Data Mining, 2017; Machine Learning: Tingkat Dasar dan Lanjut, 2018; dan Explainable Artificial Intelligence Menggunakan metode metode Berbasis Nearest Neighbors, 2022.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Margonda, Dewi Sartika B, BSD
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 240168
Kode Klasifikasi : 006.31
Judul Buku : Machine learning : Tingkat dasar dan lanjut
Edisi : 2
Penulis : Suyanto
Penerbit : INFORMATIKA
Bahasa : Bahasa Indonesia
Tahun : 2022
ISBN : 978-623-7131-66-3
Tajuk Subjek : Machine Learning
Deskripsi : xii, 492 hlm.: ill . ; 24 cm
Eksemplar : 9
Stok : 9
Petugas : Warnida, A.Md
Perusahaan-perusahaan raksasa berbasis IT telah menunjukkan berbagai kesuksesan dalam penggunaan artificial intelligence, khususnya machine learning. Kesuksesan mereka tentu saja tidak instan dalam sekejap. Mereka telah bertahun-tahun membangun sistem itu menggunakan berbagai teknik machine learning, mulai dari teknik tingkat dasar yang simpel, lalu secara terus menerus dikembangkan, hingga saat ini telah menggunakan teknik machine learning tingkat lanjut, khususnya deep learning, yang memberikan performansi tinggi.

Buku ini memberi Anda gambaran holistik dan simpel mengenai konsep dasar machine learning, teknik-teknik dan metode-metode tingkat dasar dan tingkat lanjut, serta aplikasinya dalam berbagai bidang terkini. Pembahasan dimulai dari konsep dasar paling sederhana hingga yang kompleks dengan gradasi yang lembut. Setiap teknik dan metode dibahas dari ide dasar, motivasi, visualisasi, formulasi matematis, hingga contoh aplikasinya.

Pada setiap teknik learning dibahas sejumlah metode beserta variansinya. Selain itu, buku ini akan memandu Anda memahami beragam masalah, dari yang simpel hingga yang rumit, dengan berbagai karakteristik berbeda. Dengan demikian, Anda akan terlatih untuk memahami masalah secara benar dan mampu mendesain sistem berbasis machine learning yang akurat untuk masalah yang Anda hadapi.

Tentang Penulis
Prof. Dr. Suyanto, S.T., M.Sc.
Lahir di Jombang, Jawa Timur, pada tanggal 03 Desember 1974. Meraih gelar Sarjana Teknik dari Departemen Teknik Informatika STT Telkom (sekarang Telkom University), Bandung. pada tahun 1998. Menjadi dosen di departemen tersebut sejak tahun 1999 untuk mata kuliah Artificial Intelligence, Swarm Intelligence, Evolutionary Computation, Soft Computing, Machine Learning, Advanced Machine Learning, dan Advanced Data Science. Pada tahun 2006 mendapatkan gelar Master of Science bidang Complex Adaptive Systems dari Chalmers University of Technology, Göteborg, Swedia. Pada tahun 2016 mendapatkan gelar Doktor di bidang Ilmu Komputer dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Indonesia. Pada tahun 2021 mendapatkan jabatan akademik Guru Besar bidang Kecerdasan Buatan. Sejak tahun 1999 hingga sekarang aktif melakukan penelitian di bidang Artificial Intelligence, Machine learning, Big Data Analytics, Indonesian Computational Linguistics, Speech Processing, Data Mining, Evolutionary Computation, Swarm Intelligence, dan Soft Computing. Telah menghasilkan sebelas buku teks, di antaranya adalah: Artificial Intelligence: Searching, Reasoning, Planning and Learning, 2007; Swarm Intelligence: Komputasi Modern untuk Optimasi dan Big Data Mining, 2017; Machine Learning: Tingkat Dasar dan Lanjut, 2018; dan Explainable Artificial Intelligence Menggunakan metode metode Berbasis Nearest Neighbors, 2022.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika