• Jaringan komputer dan komunikasi data

    Jaringan komputer dan komunikasi data

    • Sastya Hendri Wibowo
    • Deepublish
    • 2022
    • 978-623-02-4194-9
    Sinopsis

    Jaringan komputer merupakan hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan pertukaran data. Jaringan komputer dapat terbentuk jika terdapat minimal dua sistem atau terminal. Sistem atau terminal dapat berupa seperangkat komputer, laptop, gadget atau perangkat lainnya. Tujuan dibentuknya jaringan komputer adalah untuk melakukan transfer atau komunikasi data, baik data dalam bentuk karakter (huruf, angka, simbol), suara, video maupun kombinasi dari ketiganya. Beberapa hal yang menyebabkan jaringan komputer sangat diperlukan: Pemakaian bersama sumber daya (resources sharing) Memungkinkan hubungan antar sistem yang berbeda merek (different brand) Memungkinkan pengiriman file (transfer) Memungkinkan perbaikan unjuk kerja (performance) Menggunakan database yang sama (connection database) Meskipun jaringan komputer mempunyai banyak keuntungan atau kegunaan, tetapi tetap ada hal-hal yang penting diperhatikan, yang pada dasarnya membatasi jaringan komputer tersebut: Unjuk kerja juga tergantung kepada aplikasi yang digunakan, artinya aplikasi yang di buat atau dijalankan pada jaringan sudah mendukung jaringan tersebut Instalasi tidak sederhana, artinya proses instalasi jaringan membutuhkan keahlian khusus dalam pengetahuan jaringan Keamanan data belum begitu sempurna, artinya masih banyak terdapat celah seseorang dapat menyusup masuk ke dalam suatu jaringan Perlu secara khusus mengendalikan pemakaian aplikasi, artinya aplikasi yang dijalankan pada jaringan tersebut di dukung sumber daya manusia yang mengerti akan jaringan tersebut Aplikasi perlu khusus dirancang untuk multiuser, artinya aplikasi yang di buat dapat dipakai untuk banyak pemakai (user) Semua lapisan OSI harus dilaksanakan, artinya semua lapisan OSI dapat diimplementasikan pada jaringan tersebut Virus dapat beredar ke seluruh jaringan, artinya pada jaringan masih rentan terhadap virus yang ada Buku ini terdiri dari sebelas bab yang membahas konsep-konsep yang berkaitan dengan jaringan komputer dan komunikasi data, seperti topologi, media transmisi, metode kendali akses, internetwork, jenis koneksi, protokol, TCP/IP dan IP Address, internet, intranet, serta multiplexing pada jaringan komputer. Buku ini dapat dijadikan panduan bagi pemula yang baru mengenal dan belajar tentang jaringan komputer dasar.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Tasikmalaya, Tegal
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 230199
Kode Klasifikasi : 004.65
Judul Buku : Jaringan komputer dan komunikasi data
Edisi : -
Penulis : Sastya Hendri Wibowo
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2022
ISBN : 978-623-02-4194-9
Tajuk Subjek : Jaringan Komputer,Komunikasi Data
Deskripsi : xiv, 107 hlm ; 23 cm
Eksemplar : 4
Stok : 4
Petugas : Linatul Hikmah, S.IP
Jaringan komputer merupakan hubungan antara dua atau lebih sistem komputer melalui media komunikasi untuk melakukan pertukaran data. Jaringan komputer dapat terbentuk jika terdapat minimal dua sistem atau terminal. Sistem atau terminal dapat berupa seperangkat komputer, laptop, gadget atau perangkat lainnya. Tujuan dibentuknya jaringan komputer adalah untuk melakukan transfer atau komunikasi data, baik data dalam bentuk karakter (huruf, angka, simbol), suara, video maupun kombinasi dari ketiganya.

Beberapa hal yang menyebabkan jaringan komputer sangat diperlukan:

Pemakaian bersama sumber daya (resources sharing)
Memungkinkan hubungan antar sistem yang berbeda merek (different brand)
Memungkinkan pengiriman file (transfer)
Memungkinkan perbaikan unjuk kerja (performance)
Menggunakan database yang sama (connection database)
Meskipun jaringan komputer mempunyai banyak keuntungan atau kegunaan, tetapi tetap ada hal-hal yang penting diperhatikan, yang pada dasarnya membatasi jaringan komputer tersebut:

Unjuk kerja juga tergantung kepada aplikasi yang digunakan, artinya aplikasi yang di buat atau dijalankan pada jaringan sudah mendukung jaringan tersebut
Instalasi tidak sederhana, artinya proses instalasi jaringan membutuhkan keahlian khusus dalam pengetahuan jaringan
Keamanan data belum begitu sempurna, artinya masih banyak terdapat celah seseorang dapat menyusup masuk ke dalam suatu jaringan
Perlu secara khusus mengendalikan pemakaian aplikasi, artinya aplikasi yang dijalankan pada jaringan tersebut di dukung sumber daya manusia yang mengerti akan jaringan tersebut
Aplikasi perlu khusus dirancang untuk multiuser, artinya aplikasi yang di buat dapat dipakai untuk banyak pemakai (user)
Semua lapisan OSI harus dilaksanakan, artinya semua lapisan OSI dapat diimplementasikan pada jaringan tersebut
Virus dapat beredar ke seluruh jaringan, artinya pada jaringan masih rentan terhadap virus yang ada
Buku ini terdiri dari sebelas bab yang membahas konsep-konsep yang berkaitan dengan jaringan komputer dan komunikasi data, seperti topologi, media transmisi, metode kendali akses, internetwork, jenis koneksi, protokol, TCP/IP dan IP Address, internet, intranet, serta multiplexing pada jaringan komputer. Buku ini dapat dijadikan panduan bagi pemula yang baru mengenal dan belajar tentang jaringan komputer dasar.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika