• Dasar teknik digital

    Dasar teknik digital

    • Ahmad Yanie dan Junaidi
    • Deepublish
    • 2018
    • 978-602-475-784-7
    Sinopsis

    Buku ini terdiri dari beberapa bab, bab pertama membahas tentang pengantar teknik digital, bab kedua tentang bilangan, bab ketiga tentang aljabar boole, bab keempat tentang teori de morgan dan multilevel, bab kelima tentang kode bcd, bab keenam tentang kode gray dan bab terakhir tentang diagram aljabar karnaugh. Dalam 15 tahun belakangan ini masalah komputer sudah merupakan industri dimana penemuannya sangat cepat dan perkembangan teknologi komputer ini sangat mengagumkan baik secara kuantitas, teknis maupun pasaran dari komputer itu sendiri (Suryatmo, 1985). Pada masa sekarang ini semua teknologi maju sudah menggunakan komputer, jadi ini sudah merupakan suatu kebutuhan. Di negara-negara maju hampir disemua segi kehidupan ini menggunakan komputer; seperti: bank, militer, keperluan riset, penerbangan dan keperluan jasa lainnya maupun untuk keperluan teknologi itu sendiri.Para ahli memperkirakan pertumbuhan industri komputer ini sekitar 15?lam setahun dan untuk mini komputer sekitar 30?lam setahun, sedangkan pasaran untuk printers, mencapai suatu kenaikan 25?lam setahun. Salah satu alat yang tradisional yang dapat membantu kita dalam perhitungan, yaitu Sempoa (Abacus) telah ditemukan sekitar tahun 3000s/d 4000 sm; dan sistem ini merupakan predecessor dari komputer yang kita kenal pada saat ini. Namun demikian mesin kalkulasi yang terdiri dari mesin penambah (adding machine), desk calculator dan cash register sudah ditemukan sebelum mesin komputer. Pembuatan komputer dengan menggunakan tabung disebut; generasi pertama. Pada kesempatan berikutnya, ukuran dari komputer ini semakin mengecil. Meskipun kemampuannya semakin berkembang saat ini, perangkat komputer yang volume keseluruhannya sekitar satu meter persegi telah mampu menyaingi kemampuan ENIAC (komputer pertama yang menggunakan 18.000 tabung hampa (vacum tubes). Dengan penemuan transistor memungkinkan pembuatan komputer yang relatif lebih ringan dan lebih kecil, bila dibandingkan dengan komputer dan generasi pertama yang berukuran besar.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 221608
Kode Klasifikasi : 621.39
Judul Buku : Dasar teknik digital
Edisi : 1
Penulis : Ahmad Yanie dan Junaidi
Penerbit : Deepublish
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2018
ISBN : 978-602-475-784-7
Tajuk Subjek : Digital
Deskripsi : viii, 145 hlm. ; 23 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Nur Santy, S.Hum
Buku ini terdiri dari beberapa bab, bab pertama membahas tentang pengantar teknik digital, bab kedua tentang bilangan, bab ketiga tentang aljabar boole, bab keempat tentang teori de morgan dan multilevel, bab kelima tentang kode bcd, bab keenam tentang kode gray dan bab terakhir tentang diagram aljabar karnaugh.

Dalam 15 tahun belakangan ini masalah komputer sudah merupakan industri dimana penemuannya sangat cepat dan perkembangan teknologi komputer ini sangat mengagumkan baik secara kuantitas, teknis maupun pasaran dari komputer itu sendiri (Suryatmo, 1985). Pada masa sekarang ini semua teknologi maju sudah menggunakan komputer, jadi ini sudah merupakan suatu kebutuhan.

Di negara-negara maju hampir disemua segi kehidupan ini menggunakan komputer; seperti: bank, militer, keperluan riset, penerbangan dan keperluan jasa lainnya maupun untuk keperluan teknologi itu sendiri.Para ahli memperkirakan pertumbuhan industri komputer ini sekitar 15?lam setahun dan untuk mini komputer sekitar 30?lam setahun, sedangkan pasaran untuk printers, mencapai suatu kenaikan 25?lam setahun.

Salah satu alat yang tradisional yang dapat membantu kita dalam perhitungan, yaitu Sempoa (Abacus) telah ditemukan sekitar tahun 3000s/d 4000 sm; dan sistem ini merupakan predecessor dari komputer yang kita kenal pada saat ini.

Namun demikian mesin kalkulasi yang terdiri dari mesin penambah (adding machine), desk calculator dan cash register sudah ditemukan sebelum mesin komputer. Pembuatan komputer dengan menggunakan tabung disebut; generasi pertama.

Pada kesempatan berikutnya, ukuran dari komputer ini semakin mengecil. Meskipun kemampuannya semakin berkembang saat ini, perangkat komputer yang volume keseluruhannya sekitar satu meter persegi telah mampu menyaingi kemampuan ENIAC (komputer pertama yang menggunakan 18.000 tabung hampa (vacum tubes).

Dengan penemuan transistor memungkinkan pembuatan komputer yang relatif lebih ringan dan lebih kecil, bila dibandingkan dengan komputer dan generasi pertama yang berukuran besar.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika