• Pengantar ilmu fikih : sejarah dan fase pertumbuhan ilmu pikih

    Pengantar ilmu fikih : sejarah dan fase pertumbuhan ilmu pikih

    • Abu Malik Kamal Bin As - Sayyid Salim
    • Darus Sunnah Press
    • 2009
    • 978-602-8406-36-9
    Sinopsis

    Buku Pengantar Ilmu Fikih ini mengupas fase dan sejarah pertumbuhan ilmu fikih sejak masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, para shahabat, tabi'in, tabi’ut tabi'in hingga munculnya mazhab-mazhab dalam fikih Islam, serta berbagai permasalahannya yang terkait dengannya seperti ittiba' taklid dan sebagainya. Ilmu fikih adalah ilmu yang mengatur tentang hukum-hukum syariah yang berbentuk amalan yang diambil dari dalil-dalil yang terperinci. Ilmu ini belum dibukukan dalam disiplin ilmu tersendiri pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebab umat Islam tidak memerlukan kaidah atau metode tertentu dalam memahami hukum-hukum Islam, mereka bisa merujuk langsung kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mendapatkan permasalahan. Dalam perkembangannya, para ulama merasa perlu untuk membuat kaidah-kaidah tertulis yang dibukukan sebagai undang-undang bersama dalam memahami hukum-hukum Islam. Maka, lahirlah kitab Ar-Risalah karya Imam Syafi’i sebagai kitab pertama dalam ushul fikih.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 220820
Kode Klasifikasi : 297.14
Judul Buku : Pengantar ilmu fikih : sejarah dan fase pertumbuhan ilmu pikih
Edisi : -
Penulis : Abu Malik Kamal Bin As - Sayyid Salim
Penerbit : Darus Sunnah Press
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2009
ISBN : 978-602-8406-36-9
Tajuk Subjek : Sejarah
Deskripsi : x, 129 hlm. ; 21 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Nur Santy, S.Hum
Buku Pengantar Ilmu Fikih ini mengupas fase dan sejarah pertumbuhan ilmu fikih sejak masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, para shahabat, tabi'in, tabi’ut tabi'in hingga munculnya mazhab-mazhab dalam fikih Islam, serta berbagai permasalahannya yang terkait dengannya seperti ittiba' taklid dan sebagainya.
Ilmu fikih adalah ilmu yang mengatur tentang hukum-hukum syariah yang berbentuk amalan yang diambil dari dalil-dalil yang terperinci. Ilmu ini belum dibukukan dalam disiplin ilmu tersendiri pada masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sebab umat Islam tidak memerlukan kaidah atau metode tertentu dalam memahami hukum-hukum Islam, mereka bisa merujuk langsung kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mendapatkan permasalahan. Dalam perkembangannya, para ulama merasa perlu untuk membuat kaidah-kaidah tertulis yang dibukukan sebagai undang-undang bersama dalam memahami hukum-hukum Islam. Maka, lahirlah kitab Ar-Risalah karya Imam Syafi’i sebagai kitab pertama dalam ushul fikih.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika