• Terampil bermain drama

    Terampil bermain drama

    • Asul Wiyanto
    • PT Grasindo
    • 2002
    • 979-695-695-0
    Sinopsis

    Dalam buku ini membahas mengenai drama, mulai dari sejarah, lakon, pemain, tata rias, tata panggung sampai penyutradaraan. Lalu dibahas juga teknik drama. Dimana buku ini lebih menjelaskan mengenai aspek-aspek drama dan bagaimana cara kita melakukan drama baik di atas panggung maupun di media yang lain. Dalam buku ini juga dijelaskan bahwa; seni drama boleh dikatakan unik dibandingkan seni yang lain karena melibatkan banyak keterampilan. Seni drama merupakan perpaduan seni sastra, seni musik, seni tari, seni suara, seni gerak, dan seni-seni yang lain. Oleh karena itu, seni drama yang dijelaskan dalam buku ini menunjukkan bahwa seni drama merupakan seni gabungan dari seni seni yang lain. Disini juga membahas mengenai Pelatihan Aktor, dimana menjelaskan mengenai aktor dan pelatihan aktor dimulai dari membaca puisi, menirukan binatang, menirukan orang, berdialog, gerak kerja panggung, dll dengan menggunakan asas-asas latihan dasar dari potensi tubuh, potensi driya, potensi akal, potensi hati, potensi imajinasi, potensi vocal dan potensi jiwa. Asas-asas dalam latihan dasar tersebut penting sekali dalam berakting di pementasan drama. Karena tanpa asas-asas tersebut, seseorang tidak bisa menjadi ‘pemain’ bahkan aktor/aktris. Setelah membahas mengenai dasar-dasar acting sebagai teori awal dalam drama, buku ini juga melampirkan naskah drama agar kita sebagai orang-orang pemula bisa latihan dengan mengajak teman-teman nya untuk memerankan tokoh dalm naskah tersebut. Kelebihan buku ini: 1. Pembahasan sedikit namun langsung ke inti nya. Tidak bertele-tele. 2. Bahasa yang digunakan baku dan enak untuk dibaca. Lalu kekurangan dalam buku ini: 1. Terlalu tipis. 2. Tidak terlalu lengkap walaupun isi kontennya sudah cukup untuk dilatih/diterapkan.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kalimalang
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 220438
Kode Klasifikasi : 320
Judul Buku : Terampil bermain drama
Edisi : -
Penulis : Asul Wiyanto
Penerbit : PT Grasindo
Bahasa : Bahasa Indonesia
Tahun : 2002
ISBN : 979-695-695-0
Tajuk Subjek : Drama
Deskripsi : vii, 87 hlm. ; 23 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Warnida, A.Md
Dalam buku ini membahas mengenai drama, mulai dari sejarah, lakon, pemain, tata rias, tata panggung sampai penyutradaraan. Lalu dibahas juga teknik drama. Dimana buku ini lebih menjelaskan mengenai aspek-aspek drama dan bagaimana cara kita melakukan drama baik di atas panggung maupun di media yang lain.
Dalam buku ini juga dijelaskan bahwa; seni drama boleh dikatakan unik dibandingkan seni yang lain karena melibatkan banyak keterampilan. Seni drama merupakan perpaduan seni sastra, seni musik, seni tari, seni suara, seni gerak, dan seni-seni yang lain. Oleh karena itu, seni drama yang dijelaskan dalam buku ini menunjukkan bahwa seni drama merupakan seni gabungan dari seni seni yang lain.
Disini juga membahas mengenai Pelatihan Aktor, dimana menjelaskan mengenai aktor dan pelatihan aktor dimulai dari membaca puisi, menirukan binatang, menirukan orang, berdialog, gerak kerja panggung, dll dengan menggunakan asas-asas latihan dasar dari potensi tubuh, potensi driya, potensi akal, potensi hati, potensi imajinasi, potensi vocal dan potensi jiwa. Asas-asas dalam latihan dasar tersebut penting sekali dalam berakting di pementasan drama. Karena tanpa asas-asas tersebut, seseorang tidak bisa menjadi ‘pemain’ bahkan aktor/aktris.
Setelah membahas mengenai dasar-dasar acting sebagai teori awal dalam drama, buku ini juga melampirkan naskah drama agar kita sebagai orang-orang pemula bisa latihan dengan mengajak teman-teman nya untuk memerankan tokoh dalm naskah tersebut.
Kelebihan buku ini: 1. Pembahasan sedikit namun langsung ke inti nya. Tidak bertele-tele. 2. Bahasa yang digunakan baku dan enak untuk dibaca. Lalu kekurangan dalam buku ini: 1. Terlalu tipis. 2. Tidak terlalu lengkap walaupun isi kontennya sudah cukup untuk dilatih/diterapkan.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika