• Pengantar studi Islam : disusun berdasarkan kurikulum terbaru perguruan tinggi Islam

    Pengantar studi Islam : disusun berdasarkan kurikulum terbaru perguruan tinggi Islam

    • Rosihon Anwar, Badruzzaman M Yunus, Saehudin
    • Pustaka Setia
    • 2009
    • 978-979-730-995-4
    Sinopsis

    Studi islam secara etimologis merupakan terjemahan dari bahasa Arab, yaitu dirasah islamiyah, sedangkan di Barat dikenal dengan istilah Islamic Studies. Secara harfiah studi islam adalah kajian mengenai hal-hal yang berkaitan dengan islam. Adapun pengertian studi Islam secara sederhana dapat dikatakan sebagai usaha untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan agama islam, yang dilakukan dengan usaha sadar dan sistematis untuk mengetahui, memahami, dan membahas secara mendalam seluk beluk atau hal-hal yang berhubungan dengan agama islam, baik ajaran, sejarah, maupun praktik-praktik pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, sepanjang sejarahnya. Studi islam bertujuan mempelajari islam secara mendalam menyangkut seluk-beluk yang berhubungan dengan agama islam. Studi ini mempunyai tujuan yang jelas, yang sekaligus menunjukan studi tersebut diarahkan. Dengan arah dan tujuan yang jelas, studi ini merupakan usaha sadar dan tersusun secara sistematis. Karakteristik dari studi islam yang selama ini dikembangkan di perguruan tinggi tidak bersifat konvensional, tetapi lebih bersifat memadukan antara studi islam di kalangan umat islam sendiri (yang bersifat subjektif-doktriner) dan kalangan luar islam yang bersifat ilmiah. Oleh karena itu, tampilannya lebih banyak diwarnai oleh analisis kritis terhadap hasil-hasil studi dari kedua usaha studi islam tersebut. Dengan tujuan-tujuan tersebut, studi islam diharapkan bermanfaat bagi peningkatan usaha pembaruan dan pengembangan kurikulum pendidikan islam pada umumnya, dalam usaha transformasi kehidupan sosial budaya serta agama umat islam saat ini, menuju kehidupan sosial budaya modern pada generasi mendatang. Dengan demikian, misi islam sebagai rahmatan lil ‘alamin dapat terwujud dalam kehidupan nyata di dunia global.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kalimalang
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 220377
Kode Klasifikasi : 297.07
Judul Buku : Pengantar studi Islam : disusun berdasarkan kurikulum terbaru perguruan tinggi Islam
Edisi : -
Penulis : Rosihon Anwar, Badruzzaman M Yunus, Saehudin
Penerbit : Pustaka Setia
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2009
ISBN : 978-979-730-995-4
Tajuk Subjek : Pendidikan Agama Islam
Deskripsi : 258 hlm. 23 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Ria Indriani, S.Hum
Studi islam secara etimologis merupakan terjemahan dari bahasa Arab, yaitu dirasah islamiyah, sedangkan di Barat dikenal dengan istilah Islamic Studies. Secara harfiah studi islam adalah kajian mengenai hal-hal yang berkaitan dengan islam. Adapun pengertian studi Islam secara sederhana dapat dikatakan sebagai usaha untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan agama islam, yang dilakukan dengan usaha sadar dan sistematis untuk mengetahui, memahami, dan membahas secara mendalam seluk beluk atau hal-hal yang berhubungan dengan agama islam, baik ajaran, sejarah, maupun praktik-praktik pelaksanaannya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, sepanjang sejarahnya.

Studi islam bertujuan mempelajari islam secara mendalam menyangkut seluk-beluk yang berhubungan dengan agama islam. Studi ini mempunyai tujuan yang jelas, yang sekaligus menunjukan studi tersebut diarahkan. Dengan arah dan tujuan yang jelas, studi ini merupakan usaha sadar dan tersusun secara sistematis.

Karakteristik dari studi islam yang selama ini dikembangkan di perguruan tinggi tidak bersifat konvensional, tetapi lebih bersifat memadukan antara studi islam di kalangan umat islam sendiri (yang bersifat subjektif-doktriner) dan kalangan luar islam yang bersifat ilmiah. Oleh karena itu, tampilannya lebih banyak diwarnai oleh analisis kritis terhadap hasil-hasil studi dari kedua usaha studi islam tersebut.

Dengan tujuan-tujuan tersebut, studi islam diharapkan bermanfaat bagi peningkatan usaha pembaruan dan pengembangan kurikulum pendidikan islam pada umumnya, dalam usaha transformasi kehidupan sosial budaya serta agama umat islam saat ini, menuju kehidupan sosial budaya modern pada generasi mendatang. Dengan demikian, misi islam sebagai rahmatan lil ‘alamin dapat terwujud dalam kehidupan nyata di dunia global.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika