• Seri pohon komunikasi :sosiologi sebagai Akar ilmu komunikasi

    Seri pohon komunikasi :sosiologi sebagai Akar ilmu komunikasi

    • Syam, Nina W.
    • Simbiosa
    • 2012
    • 978-979-3782-90-4
    Sinopsis

    Sosiologi sebagai Akar Ilmu Komunikasi merupakan buku keempat dari 8 (delapan) judul Seri Pohon Komunikasi, sekaligus sebagai salah satu landasan ilmiah komunikasi dari 8 (depakan) landasan yang akan disajikan (filsafat, psikologi, psikologi sosial, sosiologi, antropologi, biologi, fisika, dan matematika). Ilmu komunikasi merupakan cabang yang berakar dari berbagai ilmu sosial, salah satunya adalah sosiologi. Sosiologi adalah ilmu tentang manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi antara satu sama lain dengan cara berkomunikasi Sosiologi sebagai akar ilmu komunikasi merupakan inti penjabaran dari hubungan sosiologi dan komunikasi karena dalam sosiologi, kajian komunikasi menjadi unsur terpenting dalam seluruh kehidupan manusia. Dalam sosiologi sebagai akar ilmu komunikasi, interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat merupakan perwujudan dari komunikasi yang bersifat konkret. Interaksi yang terjadi di antara manusia menimbulkan kontak sosial. Di sini, makna sangat penting ditafsirkan oleh individu yang mendapat informasi karena makna yang dikirim oleh komunikasi kepad akomunikan menjadi sangat subjektif. Ini ditentukan kontak sosial ketika informasi itu dikirim dan diterima. Buku ini merupakan buah pemikiran penulis selama bertahun-tahun memberi kuliah dalam bidang ilmu komunikasi di Universitas Padjajadran, khususnya mata kuliah Landasan Ilmiah Komunikasi untuk program S2 dan S3, yang barud dilaksanakan sejak beberapa tahun yang lalu. Ini menjadi suatu kesempatan yang sangat berharga bagi penulis untuk terus mengeksplorasi ilmu agar tidak tertinggal oleh kemajuan zaman. Semangat itu pula yang ingin penulis tularkan kepada pembaca, terutama mahasiswa ilmu komunikasi, dengan terus mengkaji ilmu secara holistik (tidak parsial) untuk menumbuhkan pola pikir yang filsafat dan agamais.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kaliabang, Kalimalang
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 213942
Kode Klasifikasi : 302.20
Judul Buku : Seri pohon komunikasi :sosiologi sebagai Akar ilmu komunikasi
Edisi : -
Penulis : Syam, Nina W.
Penerbit : Simbiosa
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2012
ISBN : 978-979-3782-90-4
Tajuk Subjek : Komunikasi
Deskripsi : ix, 186 hlm.; 23 cm
Eksemplar : 3
Stok : 3
Petugas : Warnida, A.Md
Sosiologi sebagai Akar Ilmu Komunikasi merupakan buku keempat dari 8 (delapan) judul Seri Pohon Komunikasi, sekaligus sebagai salah satu landasan ilmiah komunikasi dari 8 (depakan) landasan yang akan disajikan (filsafat, psikologi, psikologi sosial, sosiologi, antropologi, biologi, fisika, dan matematika).

Ilmu komunikasi merupakan cabang yang berakar dari berbagai ilmu sosial, salah satunya adalah sosiologi. Sosiologi adalah ilmu tentang manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi antara satu sama lain dengan cara berkomunikasi Sosiologi sebagai akar ilmu komunikasi merupakan inti penjabaran dari hubungan sosiologi dan komunikasi karena dalam sosiologi, kajian komunikasi menjadi unsur terpenting dalam seluruh kehidupan manusia.

Dalam sosiologi sebagai akar ilmu komunikasi, interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat merupakan perwujudan dari komunikasi yang bersifat konkret. Interaksi yang terjadi di antara manusia menimbulkan kontak sosial. Di sini, makna sangat penting ditafsirkan oleh individu yang mendapat informasi karena makna yang dikirim oleh komunikasi kepad akomunikan menjadi sangat subjektif. Ini ditentukan kontak sosial ketika informasi itu dikirim dan diterima.

Buku ini merupakan buah pemikiran penulis selama bertahun-tahun memberi kuliah dalam bidang ilmu komunikasi di Universitas Padjajadran, khususnya mata kuliah Landasan Ilmiah Komunikasi untuk program S2 dan S3, yang barud dilaksanakan sejak beberapa tahun yang lalu. Ini menjadi suatu kesempatan yang sangat berharga bagi penulis untuk terus mengeksplorasi ilmu agar tidak tertinggal oleh kemajuan zaman. Semangat itu pula yang ingin penulis tularkan kepada pembaca, terutama mahasiswa ilmu komunikasi, dengan terus mengkaji ilmu secara holistik (tidak parsial) untuk menumbuhkan pola pikir yang filsafat dan agamais.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika