• Tata kearsipan dengan memanfaatkan teknologi modern

    Tata kearsipan dengan memanfaatkan teknologi modern

    • Sedarmayanti
    • CV Mandar Maju
    • 2003
    • 979-538-233-0
    Sinopsis

    Sebagai sumber informasi, arsip dapat membantu mengingatkan bahwa dalam rangka pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Tujuan kearsipan secara umum adalah untuk menjamin keselamatan bahan pertanggung jawaban penyelenggaraan kehidupan kegiatan. Oleh sebab itu perlu dibuat perancangan sistem informasi yang disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan dari organisasi/perusahaan di masa mendatang. Sehingga perlu ditunjang oleh penerapan e-document yang akan menghasilkan sejumlah dokumen dalam bentuk elektronik. Dengan diakuinya dokumen legal, maka dokumen elektronik dapat dijadikan sebagai bukti/petunjuk. Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi ditandai antara lain dengan maraknya penggunaan sarana teknologi “interconnected network” atau internet. Teknologi informasi diartikan sebagai suatu teknik untuk mengumpulkan, menyiapkan, menyimpan, memproses, mengumumkan, menganalisis dan/atau menyebarkan informasi. Kemajuan teknologi informasi yang pesat serta potensi pemanfaatan secara luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat. Kenyataan telah menunjukkan bahwa penggunaan media elektronik merupakan faktor yang sangat penting dalam berbagai transaksi kegiatan. Perubahan yang terjadi tersebut menuntut perubahan cara kerja yang mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien, dimana seluruh pihak menuntut pelayanan yang memenuhi kepentingan luas di seluruh wilayah negara, dapat diandalkan dan terpercaya, serta mudah dijangkau secara interaktif. Oleh sebab itu sangat perlu diupayakan penanganan/ pengelolaan arsip dengan lebih cepat, tepat, sistematis, memanfaatkan sarana dan prasarana modern dan praktis, agar dapat mencapai keberhasilan yang maksimal.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98, Cengkareng
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 212241
Kode Klasifikasi : 651.5
Judul Buku : Tata kearsipan dengan memanfaatkan teknologi modern
Edisi : -
Penulis : Sedarmayanti
Penerbit : CV Mandar Maju
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2003
ISBN : 979-538-233-0
Tajuk Subjek : Arsip dan kearsipan
Deskripsi : 156 hal, 20 cm
Eksemplar : 3
Stok : 3
Petugas : Arum Johan Purnamasari
Sebagai sumber informasi, arsip dapat membantu mengingatkan bahwa dalam rangka pengambilan keputusan secara cepat dan tepat. Tujuan kearsipan secara umum adalah untuk menjamin keselamatan bahan pertanggung jawaban penyelenggaraan kehidupan kegiatan. Oleh sebab itu perlu dibuat perancangan sistem informasi yang disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan dari organisasi/perusahaan di masa mendatang. Sehingga perlu ditunjang oleh penerapan e-document yang akan menghasilkan sejumlah dokumen dalam bentuk elektronik. Dengan diakuinya dokumen legal, maka dokumen elektronik dapat dijadikan sebagai bukti/petunjuk.

Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi ditandai antara lain dengan maraknya penggunaan sarana teknologi “interconnected network” atau internet. Teknologi informasi diartikan sebagai suatu teknik untuk mengumpulkan, menyiapkan, menyimpan, memproses, mengumumkan, menganalisis dan/atau menyebarkan informasi. Kemajuan teknologi informasi yang pesat serta potensi pemanfaatan secara luas, membuka peluang bagi pengaksesan, pengelolaan dan pendayagunaan informasi dalam volume yang besar secara cepat dan akurat. Kenyataan telah menunjukkan bahwa penggunaan media elektronik merupakan faktor yang sangat penting dalam berbagai transaksi kegiatan. Perubahan yang terjadi tersebut menuntut perubahan cara kerja yang mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dan efisien, dimana seluruh pihak menuntut pelayanan yang memenuhi kepentingan luas di seluruh wilayah negara, dapat diandalkan dan terpercaya, serta mudah dijangkau secara interaktif. Oleh sebab itu sangat perlu diupayakan penanganan/ pengelolaan arsip dengan lebih cepat, tepat, sistematis, memanfaatkan sarana dan prasarana modern dan praktis, agar dapat mencapai keberhasilan yang maksimal.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika