• Sistem jaringan fiber optic

    Sistem jaringan fiber optic

    • Gunawan Wibisono, Gunadi Dwi Hantoro, dan Febrizal
    • Penerbit Informatika Bandung
    • 2020
    • 978-623-7131-30-4
    Sinopsis

    SISTEM JARINGAN FIBER OPTIC Saat ini teknologi fiber optic telah menjadi primadona. Semua layanan yang mengarah ke layanan terkini (broadband) mensyaratkan infrastruktur fiber optik. Hal tersebut diperlukan tidak hanya untuk infrastruktur wireline maupun wireless. Teknologi wireless yang membutuhkan infrastruktur Fiber Optik seperti WiFi, seluler mulai dari generasi ke 3 bahkan menjadi yang utama untuk generasi ke 5. dibutuhkan untuk mendukung implmentasi FTTX (x= home, building, tower). Pada teknologi wireline juga Buku ini membahas tentang teori dasar fiber optik, konfigurasi Fiber optik untuk berbagai aplikasi seperti Fiber to the X (Fiber to the Home, Fiber to the Building, Fiber to the Tower, Fiber to The Access Point). Selain itu teknologi perangkat aktif seperti Gigabit Passive Optical Network (GPON), sistem seluler 5G, radio over Fiber dan teknologi fiber optik untuk mendukung jaringan 5G (sistem seluler generasi ke-5). Hal yang menjadi urgensi dari ditulisnya buku ini dikarenakan teknologi broadband ke depan baik jaringan wireless maupun wireline sangat tergantung dengan ketersediaan jaringan Fiber. Dengan demikian apapun teknologi terbaru broadband tidak akan terlepas dari fiber optik. Fiber optik menjadi kata kunci suksesnya teknologi dan industri broadband saat ini dan masa depan. Dengan adanya buku ini, penulis berharap dapat bermanfaat baik untuk kalangan akademisi, mahasiswa, dosen, praktisi telekomunikasi maupun masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih banyak tentang jaringan fiber optik. Selain itu dapat menjadi salah satu referensi yang penting mengingat masih sulitnya mencari referensi terkait fiber optik.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 211925
Kode Klasifikasi : 004.65
Judul Buku : Sistem jaringan fiber optic
Edisi : -
Penulis : Gunawan Wibisono, Gunadi Dwi Hantoro, dan Febrizal
Penerbit : Penerbit Informatika Bandung
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2020
ISBN : 978-623-7131-30-4
Tajuk Subjek : Jaringan Komputer
Deskripsi : xiv, 242 hlm. : ill. ; 24 cm
Eksemplar : 4
Stok : 4
Petugas : Ria Indriani, S.Hum
SISTEM JARINGAN FIBER OPTIC
Saat ini teknologi fiber optic telah menjadi primadona. Semua layanan yang mengarah ke layanan terkini (broadband) mensyaratkan infrastruktur fiber optik. Hal tersebut diperlukan tidak hanya untuk infrastruktur wireline maupun wireless. Teknologi wireless yang membutuhkan infrastruktur Fiber Optik seperti WiFi, seluler mulai dari generasi ke 3 bahkan menjadi yang utama untuk generasi ke 5. dibutuhkan untuk mendukung implmentasi FTTX (x= home, building, tower). Pada teknologi wireline juga Buku ini membahas tentang teori dasar fiber optik, konfigurasi Fiber optik untuk berbagai aplikasi seperti Fiber to the X (Fiber to the Home, Fiber to the Building, Fiber to the Tower, Fiber to The Access Point). Selain itu teknologi perangkat aktif seperti Gigabit Passive Optical Network (GPON), sistem seluler 5G, radio over Fiber dan teknologi fiber optik untuk mendukung jaringan 5G (sistem seluler generasi ke-5). Hal yang menjadi urgensi dari ditulisnya buku ini dikarenakan teknologi broadband ke depan baik jaringan wireless maupun wireline sangat tergantung dengan ketersediaan jaringan Fiber. Dengan demikian apapun teknologi terbaru broadband tidak akan terlepas dari fiber optik. Fiber optik menjadi kata kunci suksesnya teknologi dan industri broadband saat ini dan masa depan. Dengan adanya buku ini, penulis berharap dapat bermanfaat baik untuk kalangan akademisi, mahasiswa, dosen, praktisi telekomunikasi maupun masyarakat umum yang ingin mengetahui lebih banyak tentang jaringan fiber optik. Selain itu dapat menjadi salah satu referensi yang penting mengingat masih sulitnya mencari referensi terkait fiber optik.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika