• Penguat pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa

    Penguat pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa

    • Dasim Budimansyah
    • Widya Aksara Press
    • 2010
    • 978-602-955-90-9-5
    Sinopsis

    Karakter adalah nilai-nilai kebajikan (tahu nilai kebajikan, mau berbuat baik, dan nyata berkehidupan baik) yang terpateri dalam diri dan terejawantahkan dalam perilaku. Karakter Privat, contohnya: tanggung jawab moral, disiplin diri dan penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia dari setiap individu adalah wajib. Karakter Publik, contohnya: kepedulian sebagai warga negara, kesopanan, mengindahkan aturan main (rule of law), berpikir kritis, dan kemauan untuk rnendengar, bernegosiasi dan berkompromi merupakan karakter yang sangat diperlukan agar demokrasi berj alan sukses. Karakter Baik (good character) dipopulerkan Thomas Lickona (1992) merujuk pada konsep yang dikemukakan oleh Aristoteles sebagai "...the life of right conduct—right conduct in relation to other persons and in relation to oneser atau kehidupan berprilaku baik/penuh kebajikan, yakni berprilaku baik terhadap pihak lain (Tuhan Yang Maha Esa, manusia, dan alarn semesta) dan terhadap diri sendiri. Kehidupan yang penuh kebajikan (the virtuous life) sendiri oleh Lickona (1991) dibagi kedalam dua kategori, yakni kebajikan terhadap diri sendiri (self-oriented virtuous) seperti pengendalian diri (self control) dan kesabaran (moderation); dan kebajikan terhadap orang lain (other-oriented virtuous), seperti kesediaan berbagi (generousity) dan merasakan kebaikan (compassion).

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Dewi Sartika B, Cengkareng
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 210367
Kode Klasifikasi : 323.6
Judul Buku : Penguat pendidikan kewarganegaraan untuk membangun karakter bangsa
Edisi : 1
Penulis : Dasim Budimansyah
Penerbit : Widya Aksara Press
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2010
ISBN : 978-602-955-90-9-5
Tajuk Subjek : Pendidikan Kewarganegaraan,Kewarganegaraan
Deskripsi : vi, 244 hlm. ; 24 cm
Eksemplar : 2
Stok : 2
Petugas : Novita Indriyani, M.Kom
Karakter adalah nilai-nilai kebajikan (tahu nilai kebajikan, mau berbuat baik, dan nyata berkehidupan baik) yang terpateri dalam diri dan terejawantahkan dalam perilaku. Karakter Privat, contohnya: tanggung jawab moral, disiplin diri dan penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia dari setiap individu adalah wajib. Karakter Publik, contohnya: kepedulian sebagai warga negara, kesopanan, mengindahkan aturan main (rule of law), berpikir kritis, dan kemauan untuk rnendengar, bernegosiasi dan berkompromi merupakan karakter yang sangat diperlukan agar demokrasi berj alan sukses.
Karakter Baik (good character) dipopulerkan Thomas Lickona (1992) merujuk pada konsep yang dikemukakan oleh Aristoteles sebagai "...the life of right conduct—right conduct in relation to other persons and in relation to oneser atau kehidupan berprilaku baik/penuh kebajikan, yakni berprilaku baik terhadap pihak lain (Tuhan Yang Maha Esa, manusia, dan alarn semesta) dan terhadap diri sendiri. Kehidupan yang penuh kebajikan (the virtuous life) sendiri oleh Lickona (1991) dibagi kedalam dua kategori, yakni kebajikan terhadap diri sendiri (self-oriented virtuous) seperti pengendalian diri (self control) dan kesabaran (moderation); dan kebajikan terhadap orang lain (other-oriented virtuous), seperti kesediaan berbagi (generousity) dan merasakan kebaikan (compassion).
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika