• Pendidikan kewarganegaraan (civic education) : pendidikan polotik, nasionalisme, dan demokrasi

    Pendidikan kewarganegaraan (civic education) : pendidikan polotik, nasionalisme, dan demokrasi

    • Subhan Sofhian dan Asep Sahid Gatara
    • Fokusmedia
    • 2011
    • 978-602-8733-75-5
    Sinopsis

    Salah satu tujuan utama dari diselenggarakannya pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah terciptanya pembangunan politik. Bila meminjam pandangan Lucian Pye (1963), pembangunan politik berarti, salah satunya, pembinaan demokrasi. Jadi tujuan pendidikan kewarganegaraan juga hakikatnya adalah untuk pembinaan atau pembangunan demokrasi. Khususnya pembangunan demokrasi yang berbasis kesadaran, kecerdasan dan keberdayaan. Di samping tentunya bertujuan untuk terciptanya kerangka dasar pemahaman mengenai hubungan warga negara dengan negara. Tujuan ini merupakan buah dari kebijakan revitalisasi terhadap mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. di mana sebelumnya mata kuliah tersebut lebih diarahkan atau difokuskan pada pendidikan pendahuluan bela negara yang bersifat informasi direktif tentang hak dan kewajiban warga negara dengan nama mata kuliah pendidikan kewiraan. Namun sejalan dengan perkembangan tata kehidupan politik indonesia akibat bergulirnya era reformasi, yang ditandai lengsernya presiden soeharto, 21 Meo 1998, semua menjadi berkembang tidak lagi hanya meteri bela negara, namun juga terkait dengan materi civil society, hak asasi manusia dan demokrasi. untuk yang disebut terakhir inilah pendidikan kewarganegaraan bertujuan sebagimana dikatakan di atas. Kehadiran buku pendidikan kewarganegaraan yang disusun oleh saudara asep sahid gatara dan subhan sofhian ini menjadi salah satu upaya berharga dari anak bangsa serta civitas akademika dalam mengisi sekaligus mengawal keberjalanan demokrasi di indonesia. khususnya dari sapek penyiapanan warga negara yang berpengetahuan, bersikap dan berperilaku demokratis sebagai basis utama bagi bangunan sistem demokrasi yang lebih kuat.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Dewi Sartika B, Tegal, Cengkareng, Pontianak
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 210363
Kode Klasifikasi : 323.6
Judul Buku : Pendidikan kewarganegaraan (civic education) : pendidikan polotik, nasionalisme, dan demokrasi
Edisi : 1
Penulis : Subhan Sofhian dan Asep Sahid Gatara
Penerbit : Fokusmedia
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2011
ISBN : 978-602-8733-75-5
Tajuk Subjek : Pendidikan Kewarganegaraan,Kewarganegaraan
Deskripsi : xiii, 154 hlm. ; 24 cm
Eksemplar : 7
Stok : 7
Petugas : Novita Indriyani, M.Kom
Salah satu tujuan utama dari diselenggarakannya pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah terciptanya pembangunan politik. Bila meminjam pandangan Lucian Pye (1963), pembangunan politik berarti, salah satunya, pembinaan demokrasi. Jadi tujuan pendidikan kewarganegaraan juga hakikatnya adalah untuk pembinaan atau pembangunan demokrasi. Khususnya pembangunan demokrasi yang berbasis kesadaran, kecerdasan dan keberdayaan. Di samping tentunya bertujuan untuk terciptanya kerangka dasar pemahaman mengenai hubungan warga negara dengan negara.

Tujuan ini merupakan buah dari kebijakan revitalisasi terhadap mata kuliah pendidikan kewarganegaraan. di mana sebelumnya mata kuliah tersebut lebih diarahkan atau difokuskan pada pendidikan pendahuluan bela negara yang bersifat informasi direktif tentang hak dan kewajiban warga negara dengan nama mata kuliah pendidikan kewiraan. Namun sejalan dengan perkembangan tata kehidupan politik indonesia akibat bergulirnya era reformasi, yang ditandai lengsernya presiden soeharto, 21 Meo 1998, semua menjadi berkembang tidak lagi hanya meteri bela negara, namun juga terkait dengan materi civil society, hak asasi manusia dan demokrasi. untuk yang disebut terakhir inilah pendidikan kewarganegaraan bertujuan sebagimana dikatakan di atas.

Kehadiran buku pendidikan kewarganegaraan yang disusun oleh saudara asep sahid gatara dan subhan sofhian ini menjadi salah satu upaya berharga dari anak bangsa serta civitas akademika dalam mengisi sekaligus mengawal keberjalanan demokrasi di indonesia. khususnya dari sapek penyiapanan warga negara yang berpengetahuan, bersikap dan berperilaku demokratis sebagai basis utama bagi bangunan sistem demokrasi yang lebih kuat.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika