• Politik ekonomi islam

    Politik ekonomi islam

    • Ija Suntana
    • PUSTAKA SETIA
    • 2010
    • 978-979-076-104-9
    Sinopsis

    Sebagai ilmu yang berisi kebijakan, politik ekonomi Islam berisi teori aturan dasar mengenai kebijakan pengelolaan kekayaan negara. Di antara teori-teori yang berkembang adalah teori tanggung jawab negara (mas'aliyah ad-daulah), yang meliputi konsep tanggung jawab sosial (fadMmurn teori keseimbangan sosial (taw'jdzun dan teori investasi negara (tadakhkhul ad-daulah). selain itu, teori yang berkembang dalam slyasah mallyah adalah tcori kebijakan. teori landasan, topangan, dan payung kebijakan. Teori landasan kebijakan menyangkui konsep tauhid, kcadilan dan kelestarian. Teori topangan kebijakan meyangkut konsep hak kepemilikan, penguasaan, dan pemindahan hak milik. Sementara itu, tcori payung kebijakan menyangkut konsep etika, yaitu kesadaran tertinggi nurani seorang pengambil kebijakan dalam mengelola, mcndistribusi, dan menggunakan kekayaaan. Sebagai salah satu cabang ilmu yang lahir dari fiqh, siyasah maliyah memiliki akar yang sama dengan induknya, yaitu Al-Quran dan Al-Quran dan Al-Hadis diposisikan sebagai sumber doktrin yang aksiomatis, artinya kebenaran-kebenaran yang diyakini, bukan pernyataan-pernyataan ilmiah. Aksioma ini melahirkan berbagai, penafsiran yang menjadi pengetahuan normatif yang berbentuk fiqh. Dari, ihnu figh, lahirlah figh slyasah. Secara spesifik, dari fiqh siyasah lahirlah siyasah maliyah. Siyasah mallyah mernilki dua bidang kajjan, yaitu kajian tentang kebijakan pengelolaan keuangan dan pengelolaan sumber daya alam. PCSIATIK CKONOMI ISIAN SIYASAH MALIYAH Buku ini sangat penting dan tepat untuk dihadirkan, mengingat belum banyak teori-t• • tentang kebijakan pengeloban sumber daya alam, baik dalam ranah politik pembanguna ekonomi secara umum. Oleh sebab itu, buku ini sangat diperiukan untuk kebutuhan teoreti ataupun kebutuhan praktis. Untuk kebutuhan teoretis, buku ini menyajikan sejurnlah kaji tentang teorkeori pengelolaan sumber daya alam sehingga dapat dijadikan rujukan ole para peneliti ketika melakukan penelitian akademik tentang sumber daya alam. Sedarigka untuk kebutuhan praktis, buku ini dapat dijadikan landasan konsep daham merumuska naskah akademik rancangan undang-undang di Indonesia terkait dengan pengelolaa sumber daya alam, sehingga dijadikan pegangan oleh para pengambil kebijakan dan pa perumus undang-undang, —Prof Dr. H. Juhaya S. Praja, MA.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Tasikmalaya
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 206871
Kode Klasifikasi : 297.272
Judul Buku : Politik ekonomi islam
Edisi : -
Penulis : Ija Suntana
Penerbit : PUSTAKA SETIA
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2010
ISBN : 978-979-076-104-9
Tajuk Subjek : Politik,Ekonomi
Deskripsi : 308 hlm. ; 24 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Siti Fatimah
Sebagai ilmu yang berisi kebijakan, politik ekonomi Islam berisi teori aturan dasar mengenai kebijakan pengelolaan kekayaan negara. Di antara teori-teori yang berkembang adalah teori tanggung jawab negara (mas'aliyah ad-daulah), yang meliputi konsep tanggung jawab sosial (fadMmurn teori keseimbangan sosial (taw'jdzun dan teori investasi negara (tadakhkhul ad-daulah). selain itu, teori yang berkembang dalam slyasah mallyah adalah tcori kebijakan. teori landasan, topangan, dan payung kebijakan. Teori landasan kebijakan menyangkui konsep tauhid, kcadilan dan kelestarian. Teori topangan kebijakan meyangkut konsep hak kepemilikan, penguasaan, dan pemindahan hak milik. Sementara itu, tcori payung kebijakan menyangkut konsep etika, yaitu kesadaran tertinggi nurani seorang pengambil kebijakan dalam mengelola, mcndistribusi, dan menggunakan kekayaaan. Sebagai salah satu cabang ilmu yang lahir dari fiqh, siyasah maliyah memiliki akar yang sama dengan induknya, yaitu Al-Quran dan Al-Quran dan Al-Hadis diposisikan sebagai sumber doktrin yang aksiomatis, artinya kebenaran-kebenaran yang diyakini, bukan pernyataan-pernyataan ilmiah. Aksioma ini melahirkan berbagai, penafsiran yang menjadi pengetahuan normatif yang berbentuk fiqh. Dari, ihnu figh, lahirlah figh slyasah. Secara spesifik, dari fiqh siyasah lahirlah siyasah maliyah. Siyasah mallyah mernilki dua bidang kajjan, yaitu kajian tentang kebijakan pengelolaan keuangan dan pengelolaan sumber daya alam.
PCSIATIK CKONOMI ISIAN SIYASAH MALIYAH
Buku ini sangat penting dan tepat untuk dihadirkan, mengingat belum banyak teori-t• • tentang kebijakan pengeloban sumber daya alam, baik dalam ranah politik pembanguna ekonomi secara umum. Oleh sebab itu, buku ini sangat diperiukan untuk kebutuhan teoreti ataupun kebutuhan praktis. Untuk kebutuhan teoretis, buku ini menyajikan sejurnlah kaji tentang teorkeori pengelolaan sumber daya alam sehingga dapat dijadikan rujukan ole para peneliti ketika melakukan penelitian akademik tentang sumber daya alam. Sedarigka untuk kebutuhan praktis, buku ini dapat dijadikan landasan konsep daham merumuska naskah akademik rancangan undang-undang di Indonesia terkait dengan pengelolaa sumber daya alam, sehingga dijadikan pegangan oleh para pengambil kebijakan dan pa perumus undang-undang, —Prof Dr. H. Juhaya S. Praja, MA.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika