• Kamus linguistik

    Kamus linguistik

    • Harimurti Kridalaksana
    • Gramedia Pustaka Utama
    • 2009
    • 978-979-22-3570-8
    Sinopsis

    Perkembangan linguistik pada dua dasawarsa terakhir ini sangat pesat sehingga sulit diikuti oleh para peminat, baik yang baru mulai belajar maupun para sarjana yang sudah lama berkecimpung dalam bidang ini. Para peminat sering dibingungkan oleh istilah-istilah seperti semantik generatif, sintagma, teori kasus, diglosia, dwiwasana, silih, wicara, wacana, dan puluhan lainnya. Sebagai upaya untuk mengatasi hal itu kamus ini disusun guna mengisi kekosongan akan buku referensi linguistik dalam bahasa Indonesia dan sekaligus guna membuat kodifikasi atas konsep-konsep yang sudah lazim dalam linguistik. Kamus ini memuat lebih dari 3.000 istilah linguistik, lengkap dengan deskripsi dan contoh, biodata para tokoh linguistik, indeks istilah asing, nama bahasa-bahasa dunia, daftar lambang dan tanda, serta bagan dan diagram yang penting dalam linguistik. Istilah yang dimuat adalah istilah yang lazim dalam linguistik internasional maupun yang sudah menjadi bagian dari tradisi penyelidikan bahasa di Indonesia. Itu sebabnya kamus ini bersifat internasional dan sekaligus berciri nasional. Edisi keempat ini merupakan pemutakhiran atas edisi ketiga yang terbit 15 tahun yang lalu. Penyusun kamus ini adalah guru besar teori linguistik pada program doktor Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Ia adalah perintis kajian sejarah Bahasa Indonesia, penggagas Kamus Besar Bahasa Indonesia dan pelbagai kegiatan kebahasaan.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98, Kaliabang, Karawang, Kalimalang, Dewi Sartika B, Bogor A, Yogyakarta, Solo, Cengkareng, BSD
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 205990
Kode Klasifikasi : 413
Judul Buku : Kamus linguistik
Edisi : 4
Penulis : Harimurti Kridalaksana
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2009
ISBN : 978-979-22-3570-8
Tajuk Subjek : Linguistik
Deskripsi : 1iii, 316 hlm. : ill. ; 21 cm
Eksemplar : 28
Stok : 28
Petugas : Anis Dewi Kurniawati, S.Hum
Perkembangan linguistik pada dua dasawarsa terakhir ini sangat pesat sehingga sulit diikuti oleh para peminat, baik yang baru mulai belajar maupun para sarjana yang sudah lama berkecimpung dalam bidang ini. Para peminat sering dibingungkan oleh istilah-istilah seperti semantik generatif, sintagma, teori kasus, diglosia, dwiwasana, silih, wicara, wacana, dan puluhan lainnya. Sebagai upaya untuk mengatasi hal itu kamus ini disusun guna mengisi kekosongan akan buku referensi linguistik dalam bahasa Indonesia dan sekaligus guna membuat kodifikasi atas konsep-konsep yang sudah lazim dalam linguistik. Kamus ini memuat lebih dari 3.000 istilah linguistik, lengkap dengan deskripsi dan contoh, biodata para tokoh linguistik, indeks istilah asing, nama bahasa-bahasa dunia, daftar lambang dan tanda, serta bagan dan diagram yang penting dalam linguistik.
Istilah yang dimuat adalah istilah yang lazim dalam linguistik internasional maupun yang sudah menjadi bagian dari tradisi penyelidikan bahasa di Indonesia. Itu sebabnya kamus ini bersifat internasional dan sekaligus berciri nasional.
Edisi keempat ini merupakan pemutakhiran atas edisi ketiga yang terbit 15 tahun yang lalu.
Penyusun kamus ini adalah guru besar teori linguistik pada program doktor Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Ia adalah perintis kajian sejarah Bahasa Indonesia, penggagas Kamus Besar Bahasa Indonesia dan pelbagai kegiatan kebahasaan.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika