• Metode penelitian administrasi : dilengkapi dengan metode R dan D

    Metode penelitian administrasi : dilengkapi dengan metode R dan D

    • Sugiyono
    • ALFABETA
    • 2012
    • 979-8433-02-5
    Sinopsis

    Sejak dinyatakan administrasi atau manajemen sebagai ilmu dan profesi, maka telah berkembang berbagai matode penelitian yang dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu dan pemecahan masalah dalam kegiatan administrasi. Secara umum terdapat dua metode penelitian, yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metod kuantaitatif didasarkan filsafat postpositivism. Perbedaan kedua metode penelitian bukan sekedar yang kuantitatif menggunakan statistik, dan yang kualitatif tidak menggunakan statistik. Perbedaan kedua metode tersebui meliputi perbedaan dalam hal aksioma/pandangan dasar tentang realitas, proses penelitian, dan karakteristik kedua metode tersebut. Kedua metode tersebut tidak dapat dipertentangkan, tetapi saling melengkapi, namun dalam penggunaannya tidak bisa digabungkan karena pola pikir dan prosesnya berbeda. Metode penelitian yang dikemukakan dalam buku ini adalah metode kuantitatif, dengan pola pikir "logiko, hipotetiko, verifikatif". Dengan demikian proses penelitiannya selalu berangkat dari masalah yang jelas, menggunakan teori dan hasil penelitian yang relevan untuk merumuskan hipotesis, mengumpulkan data pada populasi atau sampel tertentu dengan menggunakan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya,nya, dan menggunakan teknik statistik untuk analisis data baik untuk rnenjawab, rumusan masalah maupun menguji hipotesis yang diajukan. Statistik yang digunakan dapat berupa statistik deskriptif, parametris maupun nonparametris. Buku ini dirancang untuk dapat digunakan secara praktis balk oleh kalangan akademisi, peneliti profesional, dan peneliti untuk pengembangan institusi seperti mereka yang bekerja di litbang-litbang departemen serta pemerintah daerah. Dalam edisi revisi ini dikemukakan ruang lingkup penelitan administrasi yang lehih luas, landasan dan perkembangan teori administrasi, yang dapat digunakan untuk merumuskan hipotesis, teknik pengumpulan data serta berbagai contoh teknik statistik yang lebih lengkap balk parametris maupun nonparametris untuk menguji hipotesis.

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98, Margonda, Kaliabang, Dewi Sartika B, Solo, Cengkareng, BSD
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 205921
Kode Klasifikasi : 001.42
Judul Buku : Metode penelitian administrasi : dilengkapi dengan metode R dan D
Edisi : -
Penulis : Sugiyono
Penerbit : ALFABETA
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2012
ISBN : 979-8433-02-5
Tajuk Subjek : Metode Penelitian,Administrasi
Deskripsi : x, 390 hlm. : ill. ; 24 cm
Eksemplar : 31
Stok : 31
Petugas : Novita Indriyani, M.Kom
Sejak dinyatakan administrasi atau manajemen sebagai ilmu dan profesi, maka telah berkembang berbagai matode penelitian yang dapat digunakan untuk mengembangkan ilmu dan pemecahan masalah dalam kegiatan administrasi. Secara umum terdapat dua metode penelitian, yaitu metode kuantitatif dan metode kualitatif. Metod kuantaitatif didasarkan filsafat postpositivism. Perbedaan kedua metode penelitian bukan sekedar yang kuantitatif menggunakan statistik, dan yang kualitatif tidak menggunakan statistik. Perbedaan kedua metode tersebui meliputi perbedaan dalam hal aksioma/pandangan dasar tentang realitas, proses penelitian, dan karakteristik kedua metode tersebut. Kedua metode tersebut tidak dapat dipertentangkan, tetapi saling melengkapi, namun dalam penggunaannya tidak bisa digabungkan karena pola pikir dan prosesnya berbeda.
Metode penelitian yang dikemukakan dalam buku ini adalah metode kuantitatif, dengan pola pikir "logiko, hipotetiko, verifikatif". Dengan demikian proses penelitiannya selalu berangkat dari masalah yang jelas, menggunakan teori dan hasil penelitian yang relevan untuk merumuskan hipotesis, mengumpulkan data pada populasi atau sampel tertentu dengan menggunakan instrumen yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya,nya, dan menggunakan teknik statistik untuk analisis data baik untuk rnenjawab, rumusan masalah maupun menguji hipotesis yang diajukan. Statistik yang digunakan dapat berupa statistik deskriptif, parametris maupun nonparametris.
Buku ini dirancang untuk dapat digunakan secara praktis balk oleh kalangan akademisi, peneliti profesional, dan peneliti untuk pengembangan institusi seperti mereka yang bekerja di litbang-litbang departemen serta pemerintah daerah.
Dalam edisi revisi ini dikemukakan ruang lingkup penelitan administrasi yang lehih luas, landasan dan perkembangan teori administrasi, yang dapat digunakan untuk merumuskan hipotesis, teknik pengumpulan data serta berbagai contoh teknik statistik yang lebih lengkap balk parametris maupun nonparametris untuk menguji hipotesis.
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika