• Design research : (teori dan implementasinya : suatu pengantar)

    Design research : (teori dan implementasinya : suatu pengantar)

    • Rully Charitas Indra Prahmana
    • RajaGrafindo Persada
    • 2017
    • 978-602-425-150-5
    Sinopsis

    Teori kebenaran pragmatis mengatakan suatu teori adalah benar apabila mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia. Metode penelitian desain (design research) akan membawa peneliti pada teori kebenaran pragmatis. Para dosen, peneliti dan mahasiswa yang ingin penelitiannya bermanfaat selayaknya memahami dan mampu menerapkan metode penelitian desain ini dalam penelitian mereka." Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. (Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin) "Desain Riset dapat membuat peneliti kreatif menghasilkan produk pendidikan yang inovatif." Prof. Dr. Zulkardi, M.Ikomp., M.Sc. Ondonesion Representative in Intemational Commission on MathematicaI Instruction) "Seperti namanya, design research merupakan suatu metodologi penelitian yang menitikberatkan pada pengembangan desain bahan ajar. Hal ini bertujuan untuk menyediakan bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru datam mencapai tujuan instruksional secara efektif. Sayangnya, peneliti sering kali tidak bisa membedakan design research dari action research (misalnya, Penelitian Tindakan Kelas). Buku ini hadir untuk para peneliti yang ingin belajar apa itu design research, mengapa menggunakannya, dan bagaimana mengimplementasikannya." Cynthia Revina, M.Sc., Ph.D. (Student at the University of Hong Kong, Hong Kong) "Untuk mengatasi permasalahan utama dalam pembelajaran matematika, diperlukan pemikiran yang mendalam dan komprehensif tentang bagaimana semestinya topik-topik matematika diajarkan di kelas dan bagaimana semestinya siswa belajar matematika di kelas. Metode penelitian kuantitatif atau kualitatif yang cenderung digunakan dalam penelitian pendidikan matematika selama ini belum menyentuh permasalahan ini. Melalui metode penelitian desain (design research), para peneliti secara evolutionary dan iterative akan dipandu untuk menghasilkan suatu desain pembelajaran matematika yang berkualitas tinggi, sehingga siswa akan belajar matematika secara bermakna." Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Sc., M.Pd. (Guru Besar Pendiclikan Matematiko, Universitas Negeri Padang) "Ada pepatah yang mengatakan 'Jika kamu ingin memahami sesuatu, maka kamu harus mengubahnya, dan jika kamu ingin mengubah sesuatu maka kamu harus memahaminya'. Oleh karena itu, untuk memahami dan mengubah sesuatu gunakanlah Design Research." Prof. Dr. Ratu lima Indra Putri, M.Si. (Guru Besar Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya) "Design research adalah suatu jenis penelitian di mana peneliti merancang materi pembelajaran pembelajaran (seperti aktivitas pembelajaran maupun lintasan belajar) untuk suatu topik tertentu dan juga sekaligus membangun teori tentang proses pembelajaran topik tersebut. Design research menjadi sangat penting khususnya bagi para guru dan peneliti di bidang pendidikan karena jenis penelitian ini memiliki potensi untuk mengatasi gap antara teori-teori pembelajaran dengan praktik belajar mengajar yang terjadi di kelas." Bustang, M.Sc., Ph.D. (Student at the University of Nottinghom, Nottingham, United Kingdom)

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Yogyakarta
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 204327
Kode Klasifikasi : 001.42
Judul Buku : Design research : (teori dan implementasinya : suatu pengantar)
Edisi : 1
Penulis : Rully Charitas Indra Prahmana
Penerbit : RajaGrafindo Persada
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2017
ISBN : 978-602-425-150-5
Tajuk Subjek : Design Research,Metode Penelitian
Deskripsi : xxiv, 154 hlm. : ill. ; 23 cm
Eksemplar : 1
Stok : 1
Petugas : Rizka Saputri
Teori kebenaran pragmatis mengatakan suatu teori adalah benar apabila mempunyai manfaat bagi kehidupan manusia. Metode penelitian desain (design research) akan membawa peneliti pada teori kebenaran pragmatis. Para dosen, peneliti dan mahasiswa yang ingin penelitiannya bermanfaat selayaknya memahami dan mampu menerapkan metode penelitian desain ini dalam penelitian mereka."
Prof. Dr. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc. (Rektor Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin)
"Desain Riset dapat membuat peneliti kreatif menghasilkan produk pendidikan yang inovatif."
Prof. Dr. Zulkardi, M.Ikomp., M.Sc. Ondonesion Representative in Intemational Commission on MathematicaI Instruction)
"Seperti namanya, design research merupakan suatu metodologi penelitian yang menitikberatkan pada pengembangan desain bahan ajar. Hal ini bertujuan untuk menyediakan bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru datam mencapai tujuan instruksional secara efektif. Sayangnya, peneliti sering kali tidak bisa membedakan design research dari action research (misalnya, Penelitian Tindakan Kelas). Buku ini hadir untuk para peneliti yang ingin belajar apa itu design research, mengapa menggunakannya, dan bagaimana mengimplementasikannya."
Cynthia Revina, M.Sc., Ph.D. (Student at the University of Hong Kong, Hong Kong)
"Untuk mengatasi permasalahan utama dalam pembelajaran matematika, diperlukan pemikiran yang mendalam dan komprehensif tentang bagaimana semestinya topik-topik matematika diajarkan di kelas dan bagaimana semestinya siswa belajar matematika di kelas. Metode penelitian kuantitatif atau kualitatif yang cenderung digunakan dalam penelitian pendidikan matematika selama ini belum menyentuh permasalahan ini. Melalui metode penelitian desain (design research), para peneliti secara evolutionary dan iterative akan dipandu untuk menghasilkan suatu desain pembelajaran matematika yang berkualitas tinggi, sehingga siswa akan belajar matematika secara bermakna."
Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Sc., M.Pd. (Guru Besar Pendiclikan Matematiko, Universitas Negeri Padang)
"Ada pepatah yang mengatakan 'Jika kamu ingin memahami sesuatu, maka kamu harus mengubahnya, dan jika kamu ingin mengubah sesuatu maka kamu harus memahaminya'. Oleh karena itu, untuk memahami dan mengubah sesuatu gunakanlah Design Research."
Prof. Dr. Ratu lima Indra Putri, M.Si. (Guru Besar Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya)
"Design research adalah suatu jenis penelitian di mana peneliti merancang materi pembelajaran pembelajaran (seperti aktivitas pembelajaran maupun lintasan belajar) untuk suatu topik tertentu dan juga sekaligus membangun teori tentang proses pembelajaran topik tersebut. Design research menjadi sangat penting khususnya bagi para guru dan peneliti di bidang pendidikan karena jenis penelitian ini memiliki potensi untuk mengatasi gap antara teori-teori pembelajaran dengan praktik belajar mengajar yang terjadi di kelas."
Bustang, M.Sc., Ph.D. (Student at the University of Nottinghom, Nottingham, United Kingdom)
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika