• Teori akuntansi dan riset multiparadigma

    Teori akuntansi dan riset multiparadigma

    • Arfan Ikhsan dan Herkulanus Bambang Suprasto
    • Graha Ilmu
    • 2008
    • 978-979-756-384-4
    Sinopsis

    Teori Akuntansi Riset Multiparadigma Buku teori akuntansi ini merupakan buku pelengkap khasanah literatur akuntansi di Indonesia. Banyak para ahli mengatakan bahwa istilah teori digunakan secara berbeda-beda oleh ilmuan. Perbedaan penggunaan istilah juga tergantung pada sudut pandang ilmu masing-masing ilmuan. Secara urnum penggunaan istilah tersebut pada dasarnya sama. Maksudnya bahwa istilah yang drungkapkan tersebut bermuara pada satu makna umum atau universal. Misalkan, sebuah teori yang mengatakan bahwa air selalu memiliki sifat untuk mencari tempat4ang rendah. Untuk teori yang sederhana, istilah teori lainnya sering digunakan seperti hipotesis atau proposisi. Bentuk elegan dari sebuah teori adalah sistem deduktifatas penwataan penurunan tingkat generalitas. Perumusan teori akuntansi timbul karena adanya kebutuhan untuk memberikan logika penalamn tentang apa yang dilakukan oleh akuntan. Dengan kata lain perubahan prinsip akuntansi terjadi terutama karena adanya berbagai upaya yang dilakukan untuk memecahkan berbagai masalah akuntansi dan merumuskan kerangka teoritis untuk praktik akuntansi. Oleh karena itu, pemaharnan terhadap teori memainkan peranan pcnting dalam perumusan teori akuntansi. Adapun pokok bahasan yang didiskusikan dalam buku ini antara lain: Bab 1 : Sejarah akuntansi — tinjauan umum Bab 2 : Dasar dan lingkup akuntansi Bab 3 Pengenalan terhadap teori Bab 4 : Memahami teori akuntansi Bab 5 : Kerangka konseptual Bab 6 : Konsep keuangan dan kegiatan investasi Bab 7 : Konsep aktiva, hutang dan ekuitas pemilik Bab 8 : Pengukuran aktiva dan hutang Bab 9 : Akuntansi nilai sekarang Bab 10 : Akuntansi inflasi dan perubahan harga Bab 11 : Isu-isu dalam akuntansi intemasional Bab 12 : Akuntansi: ilmu dengan berbagai paradigma Bab 13 : Riset akuntansi multiparadigma

    Kata Kunci
    Tersedia di Perpustakaan Kampus:
    • Kramat 98, Kaliabang, Karawang, BSD
    Silahkan Login untuk dapat Melakukan Peminjaman Online
Kode Buku : 202328
Kode Klasifikasi : 657
Judul Buku : Teori akuntansi dan riset multiparadigma
Edisi : I
Penulis : Arfan Ikhsan dan Herkulanus Bambang Suprasto
Penerbit : Graha Ilmu
Bahasa : Indonesia
Tahun : 2008
ISBN : 978-979-756-384-4
Tajuk Subjek : Akuntansi
Deskripsi : xviii, 366 hlm. : ill. ; 26 cm
Eksemplar : 5
Stok : 5
Petugas : Rahidzat
Teori Akuntansi Riset Multiparadigma
Buku teori akuntansi ini merupakan buku pelengkap khasanah literatur akuntansi di Indonesia. Banyak para ahli mengatakan bahwa istilah teori digunakan secara berbeda-beda oleh ilmuan. Perbedaan penggunaan istilah juga tergantung pada sudut pandang ilmu masing-masing ilmuan. Secara urnum penggunaan istilah tersebut pada dasarnya sama. Maksudnya bahwa istilah yang drungkapkan tersebut bermuara pada satu makna umum atau universal. Misalkan, sebuah teori yang mengatakan bahwa air selalu memiliki sifat untuk mencari tempat4ang rendah. Untuk teori yang sederhana, istilah teori lainnya sering digunakan seperti hipotesis atau proposisi. Bentuk elegan dari sebuah teori adalah sistem deduktifatas penwataan penurunan tingkat generalitas. Perumusan teori akuntansi timbul karena adanya kebutuhan untuk memberikan logika penalamn tentang apa yang dilakukan oleh akuntan. Dengan kata lain perubahan prinsip akuntansi terjadi terutama karena adanya berbagai upaya yang dilakukan untuk memecahkan berbagai masalah akuntansi dan merumuskan kerangka teoritis untuk praktik akuntansi. Oleh karena itu, pemaharnan terhadap teori memainkan peranan pcnting dalam perumusan teori akuntansi. Adapun pokok bahasan yang didiskusikan dalam buku ini antara lain:
Bab 1 : Sejarah akuntansi — tinjauan umum
Bab 2 : Dasar dan lingkup akuntansi
Bab 3 Pengenalan terhadap teori
Bab 4 : Memahami teori akuntansi
Bab 5 : Kerangka konseptual
Bab 6 : Konsep keuangan dan kegiatan investasi
Bab 7 : Konsep aktiva, hutang dan ekuitas pemilik
Bab 8 : Pengukuran aktiva dan hutang
Bab 9 : Akuntansi nilai sekarang
Bab 10 : Akuntansi inflasi dan perubahan harga
Bab 11 : Isu-isu dalam akuntansi intemasional
Bab 12 : Akuntansi: ilmu dengan berbagai paradigma Bab 13 : Riset akuntansi multiparadigma
Terkait Subjek Buku yang sama

TENTANG PERPUSTAKAAN


PERPUSTAKAAN UBSI


Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika merupakan layanan yang diberikan kepada civitas akademik khususnya mahasiswa untuk memperoleh informasi seperti buku, majalah, jurnal, prosiding, dll.

INFORMASI


Alamat : Jl. Kramat Raya No.98, Senen, Jakarta Pusat

Telp : +6285777854809

Email : perpustakaan@bsi.ac.id

IG : @perpustakaan_ubsi

Jam Operasional
Senin - Jumat : 08.00 s/d 20.00 WIB
Isitirahat Siang : 12.00 s/d 13.00 WIB
Istirahat Sore : 18.00 s/d 19.00 WIB

LINK TERKAIT


LPPM UBSI

Repository UBSI

E-Journal UBSI

E-Learning UBSI

Kemahasiswaan UBSI

Perpustakaan Nasional

e-Resources

Copyright © 2024 Perpustakaan Universitas Bina Sarana Informatika